30 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Aman dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Cacingan Pada Anak  – Cacingan adalah kondisi penyakit yang disebabkan adanya cacing parasit yang berkembang biak dalam sistem pencernaan manusia. Penyebab cacingan yang paling populer di Indonesia adalah cacing pita, caning kremi dan cacing tambang. Penyakit cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang umum terjadi baik menyerang anak-anak, usia remaja atau dewasa. Namun kasus lebih banyak cacingan terjadi pada anak-anak, hal ini terjadi karena anak-anak sering mengabaikan kebersihan.

Cacingan biasanya terjadi karena kurangnya kita untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain karena faktor kebersihan lingkungan, cacingan juga disebabkan dari faktor makanan atau minuman yang tidak higienis dan tidak dimasak dengan cara yang benar seperti matang seutuhnya atau penggunaan alat masak yang tidak bersih. Itu alasannya, penting bagi Ibu untuk menjaga kebersihan lingkungan, makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak.

Cacing masuk dalam organ tubuh manusia melalui saluran pencernaan, kulit, usus, paru-paru hingga otot. Cacing tersebut masuk didalam usus dan tinggal disana tanpa menunjukkan gejala apapun. Namun cacing-cacing tersebut diam-diam merampok vitamin dan mineral serta mengambil zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Jika diabaikan dan tidak segera ditangani cacingan pada anak dapat menyebabkan kekurangan gizi, kekurangan vitamin, kekurangan zat besi, berat badan menurun dan mempengaruhi kesehatan fisiknya. Sebagai orang tua, kita harus cepat tanggap untuk melakukan penanganan terbaik untuk kesehatan anak. Cara terbaik untuk memberikan penanganan pada masalah cacingan anak yaitu dengan mengetahui sejak dini dan melakukan pengobatan sedini mungkin untuk menghindari anak terkena penyakit cacingan yang lebih serius.

Gejala Cacingan

Tanda gejala adanya penyakit cacingan pada anak sebenarnya dapat dengan mudah terdeteksi oleh orang tua dengan lebih teliti memperhatikan perkembangan sang anak. Jika anak mendapati adanya tanda cacingan, maka anda bisa cepat tanggap dengan memberikan pengobatan untuk anak cacingan. Berikut ini beberapa gejala yang sering muncul akibat cacingan pada anak.

  • Gejala paling umum terjadi akibat cacingan pada anak biasanya terdapat gangguan pencernaan ringan seperti sakit perut, mual dan nafsu makan berkurang.
  • Larva cacing yang berkeliaran di perut menimbulkan reaksi alergi seperti batuk, demam dan serangan asma.
  • Cacing yang berwarna putih seperti benang terlihat disekitar anus yang dapat menyebabkan anak merasa gatal, tidak dapat tidur dan sakit perut.
  • Gejala yang terlihat dari fisik anak seperti anak merasa lesu, tidak bergairah, suka mengantuk, berat badan berkurang meskipun porsi makan berlimpah, serta suka menggaruk-garuk disekitar anus.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, akibat cacingan tersebut akan membuat tubuh anak kekurangan zat gizi maupun darah yang akan berdampak pada tingkat kecerdasan hingga berujung pada anemia.

Penyebab Cacingan Pada Anak

Terdapat beberapa jenis cacing yang bisa menyebabkan infeksi seperti cacing kremi, cacing gelang dan cacing pita. Kasus cacing kremi adalah jenis masalah yang paling sering terjadi pada anak. Dibawah ini adalah beberapa penyebab cacingan pada anak terutama jenis cacing kremi yang harus diwaspadai.

Jenis cacing yang sering menjangkit anak-anak di Indonesia adalah jenis cacing kremi. Cacing berukuran sekitar 1/4 hingga 1/2 inci ini menginfeksi anus. Dalam sejumlah kasus, cacingan yang disebabkan oleh jenis cacing kremi tidak menimbulkan gejala. Namun ibu harus lebih memperhatikan ketika anak sering sulit tidur pada malam hari dan sering menggaruk-garuk bagian anus. Hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa anak terjangkit cacing kremi karena pada cacing betina jenis ini saat ingin bertelur akan menuju ke liang anus atau dubur pada malam hari, inilah yang menjadi sebab anak merasa sulit tidur dan merasa gatal pada bagian anus.

Cacing kremi biasanya menyebar dan menular pada anak-anak yang kurang menjaga kebersihan. Seperti ketika anak menggaruk bagian anus lalu ia menyentuh temannya dan mengenai kulit, lalu temannya menggunakan tangan tersebut untuk makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, sehingga cacing tersebut masuk ke dalam tubuh temannya sehingga menyebabkan teman si anak ikut tertular virus cacing kremi.

Cara Mengobati Cacingan Pada Anak

Jika segera diberikan penanganan, penyakit cacingan dapat beresiko besar bagi pertumbuhan anak. Karena itulan, anda sebagai orangtua harus segera melakukan tindakan jika anak terlihat mengalami keluhan gatal pada bagian anus dan sulit tidur pada malam hari. Jika anda ragu tentang gejala yang ditimbulkan oleh anak, segera konsultasikan dengan dokter. Terdapat beberapa obat cacing kremu yang dapat anda berikan pada anak maupun untuk orang dewasa di apotek atau menggunakan bahan alami.

Berikut beberapa cara pengobatan yang dilakukan untuk mengobati cacingan pada anak, antara lain :

1. Bawang Putih
Cara mengobati cacingan pada anak dengan bawang putih bisa dilakukan menggunakan dua cara yaitu dengan menempelkan parutan bawang putih pada bagian anus untuk mengatasi cacing kremi dan dengan cara dikonsumsi. Cara mengkonsumsi bawang putih untuk mengobati cacing kremi yaitu dnegan rebus 3 siung bawang putih dan temu hitam hingga mendidih lalu tambahkan madu sebagai pemanis. Minum ramuan tersebut untuk membantu membunuh cacing kremi pada tubuh anak.

2. Biji Lamtoro
Cara mengobati cacingan pada anak dengan biji lamtoro atau petai cina dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu dengan mengkonsumsi petai cina secara langsung atau dengan menyangrai petai cina hingga hitam lalu seduh petai cina seperti menyeduh kopi, dan konsumsi secara teratur untuk menyembuhkan cacing kremi.

3. Wortel
Wortel dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak dengan cara ambil air perasan wortel dan campurkan dengan santan lalu beri sedikit garam. Berikan minuman tersebut pada anak untuk mengobati cacingan.

4. Kulit Mangga
Kulit mangga dapat ibu manfaatkan untuk membantu mengobati penyaki cacing kremi pada anak. Caranya dengan rebus kulit mangga selama 15 menit untuk mengeluarkan zat antemintik. Yaitu zat yang dipercaya ampuh untuk membunuh kuman bakteri jahat seperti larva cacing dalam tubuh anak.

5. Daun Pepaya
Cara ampuh lainnya untuk mengobati cacingan adalah menggunakan daun pepaya. Cara yang digunakan untuk mengobati cacingan dengan daun pepaya adalah dengan rebus daun pepaya dan tambahkan akar bunga melati. Rebus dengan 600 cc air dan tunggu hingga air rebusan menyusut separuhnya. KOnsumsi minuman tersebut dengan menambahkan madu untuk membantu menghilangkan rasa pahit.

6. Biji Pepaya
Cara membasmi cacing kremi dalam tubuh anak selanjutnya adalah dengan menggunakan biji pepaya. Cara mengobati cacing kremi dengan biji pepaya adalah dengan keringkan biji pepaya lalu tumbuk hingga halus. Seduh tumbukan biji pepaya dalam satu gelas air matang, beri tambahan madu dan konsumsi 2 kali sehari untuk mengobati cacingan pada anak.

7. Akar Delima
Cara mengobati cacingan pada anak menggunakan akar delima adalah dengan menyiapkan sekitar 7 gram akar delima lalu rebus dengan satu gelar air hingga mendidih, konsumsi rebusan akar delima untuk mengobati cacingan pada anak.

8. Biji Daruju
Cara mengobati cacingan pada anak menggunakan biji daruju yaitu dengan siapkan sekitar 4-6 butih biji daruju lalu tumbuk dan seduh menggunakan setengah gelas air panas. Dinginkan dan konsumsi ramuan tersebut satu kali sehari.

9. Tanaman Krokot
Cara mengobati cacingan pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman krokot. Cara mengobatinya dengan rebus tanaman krokot dengan 600 cc air hingga air rebusan tersisa 300cc. Konsumsi air rebusan dan rebusan daun krokot 2 kali sehari untuk mengobati cacingan pada anak.

10.Rimpang Bangle
Cara mengobati cacingan selanjutnya adalah dengan ramuan jamu menggunakan 25 gr rimpang bangle, 25 gr temu hitam. 10 gr biji ketumbar, 2 tangkai daun sirih. Rebus semua bahan jamu tersebut dnegan 600 cc air dan tunggu hingga tersisa 300 cc air saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari untuk mengobati masalah cacing kremi.

11. Daun Putri Malu
Cara mengobati cacingan pada anak lainnya adalah dengan menggunakan daun putri malu dengan cara Rebus 15-30 gram tanaman putri malu dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersisa 1 gelas, saring dan minum air rebusan tersebut untuk mengobati masalah cacingan pada anak.

12. Jus Nanas
Cara mengobati cacing kremi pada anak selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jus nanas. Nanas mengandung enzim yang mampu membunuh cacning kremi, cacing pita dan cacing gelang.

13. Jus Pisang dan Lemon
Cara mengobati cacingan pada anak lainnya yaitu dnegan mengkonsumsi jus pisang dan melon. Pisang mengandung bahan alami yang melancarkan sistem pencernaan sedangkan melon mengandung senyawa oligoskarida yang mampu membunuh bakteri dan kuman karena bersifat anti protozoa.

14. Jus Delima
Selain akarnya, mengkonsumsi jus delima juga baik untuk membantu mengobati cacingan pada anak. Jus Delima berkerja untuk membersihkan usus dan membuang parasit dalam tubuh melalui feces.

15. Biji Labu
Biji labu mengandung senyawa yang sangat baik untuk membunuh cacing yaitu cucurbitacins dan histidin. Cucurbirtacins akan bekerja untuk melemahkan cacing dan semua induk cacing dalam usus. Cara mengobati cacingan pada anak menggunakan biji labu yaitu dengan konsumsi langsung biji labu sebanyak 10 hingga 20 biji sehari.

16. Minyak Jarak
Minyak jarak akan memberikan efek untuk membersihkan saluran pencernaan dengan sangat baik, karena itu dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah cacingan. Cara mengobati cacingan menggunakan minyak jarak yaitu dengan mencampurkan satu sendok minyak jarak dalam segelas air hangat. Konsumsi pada pagi hari pada saat perut dalam keadaan kosong, karena setelah beberapa saat biasanya akan memicu keinginan untuk buang air besar dan cacing dalam tubuh akan ikut keluar melalui feces.

17. Minyak Kelapa
Cara selanjutnya untuk mengobati cacingan pada anak yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada bagian anus anak untuk memicu cacing keluar melalui anus. Atau campurkan beberapa tetes minyak kelapa pada minuma atau makanan yang akan dikonsumsi anak untuk memicu cacing kremi dapat keluar melalui feces.

18. Minyak Oregano
Minyak oregano baik untuk membasmi cacingan karena mengandung bahan anti mikroba dan juga anti bakteri. Anda bisa menggunakan minyak oregano dengan makanan atau mencampur minyak dengan minuman. Penggunaan minyak oregano untuk anak-anak sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir.

19. Teh echinacea
Teh chinacea baik untuk membantu membunuh cacing dan mikroorganisme lain dalam perut anak. Teh bisa dikonsumsi dari echinacea yang sudah dikeringkan atau dalam bentuk serbuk. Sebaiknya teh dikonsumsi pada malam hari menjelang tidur karena bisa membuat anak tidur dengan baik.

20. Ekstrak kunyit
Kunyit sangat baik untuk membunuh cacing dan membersihkan usus dari telur cacing. Kunyit juga bisa membantu membersihkan bakteri dan virus terutama yang tinggal dalam saluran pencernaan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan ekstrak kunyit ke dalam susu atau air hangat. Air campuran kunyit bisa diminum malam hari menjelang tidur karena bisa membuang semua cacing dan telur cacing pada pagi hari.

21. Daging Pepaya Muda
Kandungan enzim papain dalam daging pepaya yang muda bisa membantu mengobati cacingan dengan cara yang sangat alami.  Anda bisa mencoba untuk memarut daging buah pepaya yang masih muda. Kemudian campurkan dengan makanan atau minuman anak.

22. Teh dari cengkeh
Cengkeh dapat digunaakn untuk mengatasi cacingan dan mengeluarkan semua telur cacing dari tubuh cacing. Anda bisa mencoba untuk membuat teh cengkeh dengan mencampur beberapa biji cengkeh dengan air panas, kemudian biarkan hangat dan saring airnya.

23. Bawang merah
Bawang merah mengandung sulfur yang sangat baik untuk menyembuhkan cacingan. Sulfur juga sangat penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat jus bawang merah yang kemudian dicampur dengan bawang putih. Campurkan jus dengan air hangat dan madu sehingga tidak terlalu terasa pedas.

24. Susu almond
Almond mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat penting untuk membasmi cacing dan telur cacing dalam usus. Anda dapat mengkonsumsi almond secara langsung atau membuat almond menjadi susu.

25. Jus Lidah Buaya
Teh epazote adalah salah satu jenis obat tradisional dari Amerika Tengah yang digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, cacingan dan semua kondisi tidak nyaman yang berhubungan dengan usus dan sistem pencernaan. Gunakan teh epazote dengan menyeduh daun kering dengan air panas. Kemudian teh bisa diminum saat masih hangat.

Penyakit cacingan sangat mudah menular sehingga anak-anak sering selaki terkena cacingan. Cara efektif untuk mencegah cacingan pada anak yaitu dengan melakukan pencegahan yang dilakukan oleh orang tua seperti :

  • Jaga kondisi kebersihan lingkungan rumah dan lingkungan bermain anak
  • Ajari anak untuk tidak terlalu sering bermain ditempat kotor
  • Ajari anak tentang kebersihan lingkungan dan kebersihan dirinya seperti cuci tangan secara teratur.
  • Ketika memasak pastikan gunakan sayuran yang segar dan pastikan anda mencuci sayuran dengan bersih agar terhindari dari kuman-kuman dalam sayuran.
  • Pastikan anda rutin memeriksakan kesehatan anak kedokter minimal 2 kali dalam setahun .

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Cacingan Pada Anak   Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.