20 Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Tanpa Bekas dan Efektif

Posted on

Cara Mengobati Cacar Air  –  Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang ditandai dengan munculnya ruam pada kulit. Sehingga dalam istilah medis dikenal dengan Varisela yang pada umumnya penyakit ini diderita oleh anak-anak dibawah usia 10 tahun, dan lebih sedikit menyerang orang dewasa.

Gejala yang muncul karena cacar air biasanya ditandai dengan munculnya ruam dan beberapa hari kedepan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal lalu kemudian mengering, menjadi koreng, dan akan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Cacar air pada umumnya muncul pada bagian wajah, belakang telinga, kulit kepala, perut, dada, lengan dan kaki.

Sama seperti penyakit campak, penyakit cacar air juga dapat menular. Untuk mengobatinya, anda dapat melakukan cara tradisional atau menggunakan obat medis. Pada umumnya, virus Varicella Zoster akan berubah kendali dihari ke tujuh dan akan berangsur turun dengan skala ringan sampai minggu ketiga. Namun, jika pada masa tersebut tidak terjadi penurunan, anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Gejala Cacar Air

Gejala paling mudah untuk mendeteksi timbulnya penyakit cacar air adalah munculnya ruam-ruam merah pada anggota tubuh. Namun ada beberapa gejala lain yang dapat memicu timbulnya cacar air seperti :

  • Demam
  • Mual
  • Tubuh merasa lemas
  • Tidak nafsu makan
  • Kepala pusing
  • Tubuh cepat kelelahan
  • Nyeri dan sakit pada otot

Setelah gejala awal mulai dirasakan, maka akan muncul ruam dan terasa gatal. Umumnya ruam muncul pada bagian kulit kepala, wajah, belakang telinga, dada, perut , kaki hingga seluruh tubuh. Ruam yang terjadi juga akan melalui beberapa tahap seperti:

  • Ruam menjadi bentol-bentol kecil yang terasa gatal
  • Kemudian bentolan akan berubah menjadi bintil berisi cairan yang gatal
  • Setelah 1 atau 2 hari bentolan akan mengering dan menjadi koreng dan akan mengelupas dengan sendirinya.

Penyebab Cacar Air

Cacar disebabkan karena virus varisela zoster yang dapat menular dengan cepat dan mudah. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau lewat percikan virus melalui bersin atau batuk. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena cacar air, antara lain:

  • Belum pernah terkena cacar air
  • Belum mendapatkan vaksin cacar air
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Bekerja di tempat umum atau rumah sakit
  • Jika terjadi pada bayi, maka kemungkinan ibu belum pernah melakukan vaksin cacar.

Cara Pengobatan Cacar Air

Secara medis, penyakit cacar air tidak memiliki langkah pengobatan khusus karena pada dasarnya penyakit ini akna sembuh dengan sendirinya. Sedangkan langkah pengobatan dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa cara pengobatan yang dapat anda lakukan.

  1. Cukupi asupan cairan dalma tubuh
    Mencegah agar tubuh tidak dehidrasi untuk pengidap cacar air sangat penting dilakukan untuk membuat tubuh tetap seimbang. Selain air mineral, es juga dapat diberikan untuk meringankan nyeri dan rasa gatal akibat cacar air di dalam mulut.
  2. Hindari menggaruk bintil cacar air
    Menggaruk cacar air akan menigkatkan risiko terkena infeksi, berisiko menularkan virus ke oranglain hingga menyisakan bekas luka. Gunakan lotion chalamine untuk meredakan rasa gatal akibat cacar air.
  3. Pilih pakaian yang longgar
    Untuk tidak memperparah kondisi cacar air, ada baiknya anda gunakan pakaian yang longgar, berbahan lembut seperti katun untuk menghindari iritasi kulit yan lebih parah .
  4. Konsumsi obat pereda sakit
    Jika diijinkan oleh dokter, anda dapat memberikan analgesik seperti paracetamol untuk meredakan neyri pada anak jika cacar air menimbulkan demam dan nyeri.
  5. Lidah buaya
    Lidah buaya efektif untuk membantu menghilangkan noda hitam atau kemerahan di kulit, juga menghaluskan bekas luka. Tak terkecuali bekas luka akibat penyakit cacar. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan sari lidah buaya ke bekas cacar dan diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air. Lakukan rutin untuk hasil yang lebih maksimal.
  6. Kacang Hijau
    Kacang hijau bisa mempercepat hilangnya bekas penyakit cacar. Caranya dengan rendam kacang hijau semalaman dalam air, lalu saring dan haluskan. Kemudian, campurkan sedikit air hangat di kacang hijau yang telah dihaluskan tersebut dan oleskan seperti lulur di tubuh dan wajah. Setelah mengering, bilas dengan air.
  7. Soda Kue
    Tidak hanya digunakan untuk mengembangkan kue, soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit. Caranya dengan oleskan soda kue yang telah diberi air hingga menjadi pasta lalu oleskan pada bekas cacar, lakukan secara rutin agar bekas luka cepat memudar.
  8. Madu Murni
    Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka cacar air yaitu dengan mengoleskan madu murni pada luka bekas cacar air secara rutin.
  9. Air kelapa
    Air kelapa dikenal sebagai minuman detoks alami yang bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh. Jika diminum dengan rutin, air kelapa juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh dan wajah, juga efektif untuk menghilangkan bekas luka cacar air, dan bekas luka lainnya.
  10. Lemon
    Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam pada kulit.
  11. Oleskan cuka apel
    Cuka apel dapat menjadi alternatif untuk mengobati rasa gatal pada ruam cacar air. Caranya dengan campurkan satu sendok cuka apel kedalam satu gelas air lalu oleskan campuran cuka pada cacar air, namun hindari mengoles pada luka cacar yang terbuka.
  12. Oatmeal
    Tidak hanya sehat untuk dikonsumsi untuk sarapan, oatmeal juga efektif untuk meredakan rasa gatal akibat cacar air. Selain itu, oatmeal mengandung saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami yang ramah terhadap kulit. Caranya dengan ambil satu gelas oatmeal lalu haluskan dan bungkus dengan kain. Letakkan bungkusan oatmeal pada bak berisi air untuk mandi. Biarkan selama 15 menit hingga airnya berubah warna menjadi keruh. Setelah itu berendamlah selama beberapa menit, dan anda dapat merasakan manfaatnya untuk membantu mengatasi cacar air.
  13. Gunakan Lotion Calamine
    Untuk membantu meredakan rasa gatal akibat cacar air, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan lotion calamine. Caranya dengan oleskan pelan-pelan lotion calamine pada area kulit yang gatal, dan hindari mengoles pada bagian luka yang terbuka.
  14. Jeruk Nipis
    Pengobatan selanjutnya untuk mengatasi cacar air yaitu dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang juga membantu mempercepat proses penyembuhan karena memiliki fungi untuk meningkatkan daya tubuh. Vitamin C pada jeruk juga bekerja untuk melawan virus penyebab cacar didalam tubuh, sehingga efektif menyembuhkan. Caranya dengan peras jeruk nipis lalu campurkan dnegan satu gelas air hangat dan konsumsi secara rutin.
  15. Mengkudu
    Cara selanjutnya untuk mengatasi cacar air yaitu dengan menggunakan buah mengkudu. Caranya dengan rebus 3 buah mengkudu yang telah matang lalu minum air hasil rebusan tersebut secara rutin untuk menyembuhkan cacar air.
  16. Temulawak
    Temulawak juga dapat anda manfaatkan untuk membantu mengobati cacar air, caranya dengan membuat ramuan dari temulawak, asam jawa dan air, rebus campuran ramuan tersebut dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.
  17. Daun pegagan
    Daun pegagan baik untuk mengatasi cacar air yang berkerja untuk meremajakan kulit dari dalam. Caranya dengan dibuat jus lalu campur madu.
  18. Lada
    Cara ini mungkin akan sedikit menyakitkan, karena lada akan menimbulkan rasa perih dan panas. Caranya dengan tumbuk halus lada lalu balurkan pada luka cacar, meskipun terasa perih namun cara ini efektif untuk mengatasi cacar air.
  19. Cendana
    Cendana efektif untuk mengatasi masalah bekas cacar air. Caranya dengan haluskan kayu cendana lalu beri air aduk rata hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Oleskan pada luka bekas cacar.
  20. Bengkoang
    Bengkoang memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mecerahkan kulit, begitu juga untuk mengatasi bekas luka cacar air. Caranya dengan haluskan bengkoang dan gunakan sebagai masker untuk bekas luka cacar.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami  Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.