20 Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering – Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk dengan Tepat

Posted on

Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk  – Batuk adalah respon alami yang keluar dari dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem pertahan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Batuk adalah reaksi yang terjadi akibat iritasi sel-sel pada udara dibelakang kerongkongan.

Batuk adalah reflek yang terjadi secara natural dan umum terjadi untuk melindungi paru-paru. Batuk mampu membantu membersihkan saluran udara dari iritasi, seperti asap, lendir dan mencegah terjadinya infeksi.

Terjadinya batuk biasanya jarang mengindikasi adanya penyakit serius dan pada umumnya akan sembuh pada waktu 2 atau 3 minggu. Sedangkan jika anda menderita batuk berkepanjangan juga dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik.

Jenis Batuk

Menurut klasifikasinya, batuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak sering disebut dengan batuk produktif, karena batuk berdahak disertai dengan meningkatkan produksi lendir atau dahak dalam tenggorokan. pada kasus berdahak batuk berfungsi membantu mengeluarkan dahak yang berasal dari tenggorokan, sinus dan paru-paru.

Sedangkan batuk kering dikenal dengan batuk non produktif karena tidak siertai dahak. Batuk kering ditandai dengan rasa gatal ditenggorokan yang dapat memicu batuk. Biasanya batuk kering terjadi pada tahap akhir pilek atau ketika terkena paparan iritan seperti debu dan polusi.

Penyebab Batuk

Berdasarkan masa berlakunya, batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk akut dan batuk kronis (jangka panjang). Berikut penyebab batuk yang sering terjadi

Batuk Akut

Umumnya, batuk akut disebabkan karena adanya infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas dan bagian bawah. infeksi saluran pernapasan bagian atas meliputi pilek, flu, laringitis, sinusitis dan batuk rejan. Infeksi ini menyerang tenggorokan, batang tenggorokan, dan sinus. Sedangkan infeksi saluran pernapasan bagian bawah meliputi bronkitis dan pneumonia, yang menyerang pernapasan bagian bawah atau bagian paru-paru.

Selain itu, batuk akut juga dipicu oleh beberapa penyebab lain seperti:

  1. Adanya kondisi medis seperti asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), serta bronkitis kronis.
  2. Adanya rinitis alergi akibat debu dan polusi

Batuk kronis

Batuk kronis atau jangka panjang dapat menandakanan adanya kondisi kesehatan yang terganggu, seperti adanya tuberkulosis, embolisme pulmonari, kanker paru-paru, atau gagal jantung.

Batuk ini lebih sering dialami oleh orang dewasa dibanding dengan anak-anak. Beberapa penyebab batuk kronis seperti:

  1. Akibat konsumsi obat resep dokter, seperti obat yang digunakan untuk mengatasi hiprtensi atau penyakit jantung.
  2. Akibat merokok, Batuk pada perokok bisa menjadi sebab adanya gejala Penyakit paru obstruktif kronik.
  3. Penyakit asam lambung
  4. Adanya infeksi saluran pernapasan, seperti bronkitis kronis
  5. Adanya penyakit kronis seperti asma.

Berikut ini penyebab umum batuk, diantaranya:

  1. Alergi dan Asma
  2. Virus
  3.  Iritasn
  4. Peradangan
  5. Sleep Apnea
  6. Efek penggunaan obat-obatan

Gejala Batuk

Batuk dapat dikatakan sebagai gejala dari adanya kondisi kesehatan yang terganggu. Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita batu, antaranya:

  1. Kondisi badan mengigil
  2. Demam
  3. Radang tenggorokan
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit kepala
  6. Keringat deras pad malam hari
  7. Biasanya disetai flu

Cara Pengobatan Batuk

Pada kondisi batuk ringan, biasanya jarang mendapatkan langkah pengobatan yang serius karena batuk tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Mungkin cara yang dilakukan untuk mengatasinya hanya dengan meredakan rasa gatal atau dengan mengencerkan dahak agar dahak lebih mudah keluar.

Namun pada kondisi batuk yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada saluran pernapasan yang lebih serius. Cara efektif untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan konsultasi kedokter.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan batuk secara alami.

1. Berhenti merokok
Selain menyehatkan paru-paru, berhenti merokok akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, berhenti merokok akan membuat kualitas pernapasan menjadi lebih baik, meredakan sesak napas serta meradakan batuk.

2. Konsumsi paracetanol dan ibuprofen
Kedua jenis obat-obatan tersebut dapat anda konsumsi untuk membantu meredakan batuk.

3. Gunakan bantal lebih
Pada saat tidur, anda dapat menggunakan lebih dari satu bantal untuk meringankan frekuensi batuk.

4. Cukupi asupan air mineral
Untuk mencegah dehidrasi dan membantu mengencerkan dahak, anda perlu banyak mengkonsumsi air putih.

5. Konsumsi madu dan lemon
Ramuan sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengatasi batuk adalah dengan madu dan lemon. Anda mencampurkan madu dengan perasan air lemon untuk meredakan batuk. Madu berkerja untuk melembapkan tenggorokan dan meringankan iritasi yang menyebabkan batuk.

6. Jeruk Nipis
Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari.

7. Jahe
Bagi yang sedang menderita batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe atau lebih dikenal dengan wedang jahe setidaknya satu kali sehari. Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak.

8. Kencur
Selain jahe, kencur ternyata lebih ampuh untuk mengatasi batuk. Caranya dengan siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat setidaknya dua kali sehari.

9. Daun Sirih
Daun sirih efektif untuk mengobati batuk berdahak. Caranya dengan rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.

10. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh ampuh mengobati batuk. Caranya dengan bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.

11. Kunyit
Kunyit mengandung anti-biotik yang ampuh untuk mengatasi peradangan pada saluran pernapasan yang menyebabkan batuk kering. Caranya dengan menyiapkan perasan air kunyit yang telah dihaluskan lalu campurkan dengan bubuk merica, campur dengan satu gelas air hangat lalu minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari.

12. Cabe jawa
Cabe jawa efektif untuk menyembuhkan batuk dengan ditambahkan dengan madu. Caranya, siapkan 6 gram cabe jawa kering dan madu secukupnya, tumbuk cabe jawa kering hingga halus campur dengan satu sendok madu dan minum secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.

13. Daun Kayu Putih
Jika kita biasanya menggunakan minyak kayu putih sebagai penghangat tubuh, tapi tidak dengan resep ini. Kali ini yang digunakan adalah daun kayu putih untuk mengatasi batuk. Caranya dengan rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

14. Asam jawa dan Gula merah
Kombinasi asam jawa dan gula merah efektif untuk membantu mengatasi batuk, caranya dengan siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.

15. Jahe Merah
Jahe merah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah batuk kering. Cara pengobatannya dengan pilih jahe merah dengan benar lalu kupas dan cuci bersih, kunyah jahe merah telan airnya dan buang ampasnya.

16.Kulit jeruk mandarin
Cara selanjutnya untuk mengobati batuk yaitu dengan menggunakan kulit jeruk mandarin. Cara pengobatannya yaitu dengan merebus sekitar 10gr ulit jeruk mandarin kering dengan 2 gelas air, tambahkan 25gr kencur, rebus hingga hanya tersisa 1 gelas, saring dan minum selagi hangat 2 kali sehari.

17. Bunga mawar
Kelopak bunga mawar dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah batuk kering. Cara pengobatan yang dilakukan yaitu dengan rebus sekitar 10 gram bunga mawar lalu beri sedikit gula, minum ramuan tersebut 2 kali sehari untuk meredakan batuk kering.

18. Madu dan susu
Cara selannjutnya untuk mengatasi batuk kering yaitu dengan mengkonsumsi susu dengan campuran madu. Selain baik untuk orang dewasa, mengkonsumsi susu dengan madu juga boleh dikonsumsi oleh anak anak diatas usia 1 tahun.

19. Daun Kemangi
Daun kemnagi dapat anda gunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Daun kemangi mampu bekerja untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Cara pengobatanya dengan ambil satu genggam daun kemangi yang masih segar lalu rebus dengan satu gelas 1. Rebus hingga mendidih dan dinginkan, minum ramuan ini selagi hangat 2 hingga 3 kali sehari.

20. Air hangat
Cara mudah untuk meredakan batuk yaitu dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat membantu mengencerkan dahak sehingga batuk akan lebih reda.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Batuk . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.