21 Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi Dengan Cepat dan Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Amandel Secara Alami  – Penyakit amandel merupakan salah satu gangguan kesehatan dan penyakit yang mengakibatkan efek negatif dapat menjalar pada gangguan THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan) yang disebabkan adanya infeksi dari virus atau bakteri. Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Amandel memiliki peran untuk melindungi mulut yaitu sebagai alat penyaring dan pelindung dari bakteri serta virus yang menyebabkan infeksi atau peradangan pada amandel yang masuk melalui mulut dan hidung.

Amandel memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman dan mikro organisme yang masuk kedalam organ mulut. Amandel juga berfungsi sebagai penghasil limsofit yang merupakan bagian dari jenis sel darah putih (leukosit). Amandel berfungsi pula sebagai penghasil anti body yang menghasilkan Imunoglolubin A yang berfungsi sebagai benteng pertahanan lokal terhadap kuman penyakit yang masuk kedalam organ mulut dan rongga hidung.

Jika amandel mengalami peradangan maka akan mengakibatkan seseorang terserang radang amandel dan pasti akan mengalami kesulitan untuk bernapas dan sakit ketika menelan makanan.

Gejala Radang Amandel

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang muncul dari penyakit amandel, antara lain :

  1. Amandel mengalami pembengkakan
  2. Amandel berwarna merah
  3. Pada amandel terdapat flek putih agak kekuning-kuningan
  4. Mengalami demam tinggi
  5. Nyeri pada tenggorokan yang menyebar pada tenggorokan dan hidung
  6. Nyeri leher dan leher terasa kaku
  7. Cepat merasa letih dan lesu
  8. Merasa mual dan muntah
  9. Suara terasa berat dan lama kelamaan akan hilang
  10. Terjadi pembengkakan getah bening
  11. Bau mulut tidak sedap
  12. Nafsu makan berkurang
  13. Kepala terasa pusing
  14. Sulit menelan makanan
  15. Badan meriang

Jika sudah dirasa adanya tanda-tanda muncul gejala diatas, coba periksa bagian tenggorokan. Jika amandel tampak membesar atau terdapat bintik-bintik kemerahan segera periksakan ke dokter dan lakukan pengobatan.

Pembengkakan pada amandel akan berubah menjadi kronis hingga terdapat nanah berwarna putih atau merah. Jika amandel pecah maka bakteri , kuman dan virus didalamnya akan menyebar melalui jaringan kelenjar getah bening.

Penyebab Amandel

Amandel dapat menyerang siapa saja mulai dari usia anak-nak hingga dewasa. Namun, umumnya penyakit amandel atau pembengkakan amandel terjadi pada usia anak-anak antara usia 5 hingga 15 tahun. Tidak dipungkiri juga penyakit amandel dapat diderita oleh orang dewasa.

Penyakit amandel disebabkan akibat virus jenis Coxsackie dan Epstein Barr atau bakteri yang masuk melalui makanan atau minuman. Selain itu beberapa faktor penyebab yang dapat memicu munculnya penyakit amandel antara lain:

  1. Tubuh kekurangan vitamin C
  2. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak dan pedas
  3. Kurang konsumsi air putih
  4. Sering konsumsi makanan berpengawet dan mengandung perisa
  5. Konsumsi alkohol dan perokok
  6. Minum es yang mengandung bakteri
  7. Kurang menjaga kebersihan makanan dan minuman
  8. Sering terkena paparan sinar matahari
  9. Memiliki masalah pada bagian mulut seperti gigi berlubang, bau mulut karang gigi dan lainnya.

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Penyakit amandel dapat disembuhkan tanpa dilakukan tindakan operasi. Tindakan operasi dapat dilakukan untuk mengatasi amandel namun tindakan tersebut tentu saja dapat menghilangkan fungsi dari amandel karena organ dalam amandel sangat kecil namun memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan cara alternatif sebagai langkah pengobatannya. Berikut beberapa bahan alami yang efektif untuk mengobati radang amandel dengan cara alternatif.

Untuk tahap awal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan amandel adalah dengan rutin berkumur dengan air garam hangat pada pagi hari. Anda juga dapat menggunakan beberapa cara herbal seperti dibawah ini, antara lain menggunakan :

Ramuan 1
Sediakan 3 buah jeruk nipis lalu ambil kulitnya dan cuci bersih. Potong-potong dan rebus dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersisa 2 gelas saja. Saring dan konsumsi air rebusan tersebut satu gelas untuk diminum pada pagi hari dan 1 gelas untuk berkumur.

Ramuan 2
Sediakan jeruk nipis, kunyit dan madu. Peras jeruk nipis, lalu ambil sari parutan kunyit. Campurkan perasan jeruk nipis, dengan sari kunyit dan tambahakan 2 sendok makan madu murni, campurkan dengan setengah gelas air, minum secara rutin hingga penyakit amandel sembuh.

Ramuan 3
Sediakan buah menkudu matang berwarna putih kekuningan dan air hangat. Haluskan buah mengkudu dengan ditambah satu gelas air hangat, saring lalu campurkan 2 sdm madu murni. Minum ramuan tersebut satu kali sehari secara rutin sampai amandel sembuh.

Ramuan 4
Siapkan 8 lembar dau sirsak dan cuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa sekitar 2 gelas air saja. Minum rebusan daun sirsak pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin jika amandel membengkak, namun minum 2 kali dalam seminggu jika amandel tidak mengalami pembengkakan.

Ramuan 5
Sediakan jahe merah sekitar 2 ruas. Tumbuk halus lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa 2 gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin dengan menambahkan madu.

Ramuan 6
Untuk membantu mengatasi pembengkakan pada amandel, anda dapat mengkonsumsi madu secara rutin 2sendok makan setiap hari. Jika amandel tidak mengalami pembengkakan, konsumi 2 sendok madu murni dalam seminggu selama 3 bulan.

Ramuan 7
Sediakan 100 gr kulit manggis kering, lalu rebus dengan 5 gelas air, hingga airnya tersisa sekitar 3 gelas. Gunakan air rebusan kulit manggis untuk berkumur secara rutin. Air rebusan kulit manggis bermanfaat untuk membunun virus penyebab amandel.

Ramuan 8
Sediakan beberapa lembar daun benalu yang tumbuh di pohon jeruk nipis. Tumbuk halus daun benalu dan tambahkan adas pulowaras hingga halus, setelah itu seduh dengan air panas. Minum secara rutin ramuan tersebut hingga amandel membaik.

Ramuan 9
Sediakan bawang merah dan kupas hingga bersih. Kunyah bawang merah lalu telan. Lakukan pengobatan ini secara teratur untuk membantu mengobati amandel.

Ramuan 10
Sediakan daun tanaman cocok bebek, bersihkan dan tumbuh halus, saring airnya dan minum ramuan tersbut 3x dalam seminggu untuk membantu mengobati penyakit amandel.

Ramuan 11
Sediakan beberapa lembar daun sambiloto lalu rebus dengan satu gelas air hingga mendidih. Konsumsi air rebusan daun sambiloto untuk membantu mengobati penyakit amandel.

Ramuan 12
Sediakan akar tanaman daun saga lalu rebus dalam 4 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tersisa 2 gelas air. Konsumsi air rebusan tersebut secara teratur 3 kali sehari hingga dirasa amandel telah membaik.

Ramuan 13
Perbanyak konsumsi air putih 8 gelas dalam sehari membantu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh juga berdampak baik untuk kesehatan amandel anda.

Tips Menyembuhkan Amandel

Selain menggunakan beberapa cara pengobatan alami diatas, penderita amandel juga harus serta emeprhatikan kondisi tubuh dan mengatur jenis makanan serta asupan gizi yang masuk kedalam tubuh agar amandel tidak semakin parah. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit amandel, antara lain :

  1. Tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung pengawet dan perisa makanan
  2. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji karena banyak menganduk lemak
  3. Tidak aktivitas berlebihan dan cukup dengan istirahat
  4. Gunakan masker saat bepergian untuk menghindari polusi udara
  5. Hindari makanan datau minuman yang terlalu panas
  6. Tidak mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan asam
  7. Menkonsumsi buah-buahan kaya antioksidan seperti apel, jeruk, lemon, manggis dan sebagainya.
  8. Konsumsi makanan yang memiliki tekstur lembek untuk menghindari amandel terluka semakin parah

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.