42 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Kilat [AMPUH]

Posted on

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat – Siapa sangka sebuah studi baru berhasil menemukan adanya kutu super yaitu kutu yang tahan terhadap obat kutu rambut yang dijual bebas dipasaran, hasil penemuan kutu rambut super tersebut, saat ini sedang menyerang di Amerika Serikat.

Hasil Penelitian mengenai kutu rambut super tersebut diterbitkan dalam Journal of Medical Entomologi, yang menarik dari jurnal tersebut adalah bahwa kutu super tahan terhadap obat kutu umum dengan kandungan piretroid, sehingga dengan mudah dan cepat menyebar di 48 negara bagian AS dalam waktu singkat.

Hal tersebut dibuktikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang kemudian merekomendasikan orang dewasa untuk mengambil obat penghilang kutu seperti A-200, Pronto, R & C, Rid, Triple X dan Licide, yang semuanya mengandung pyrethrins dikombinasikan dengan piperonil butoksida.

Penelitian kutu rambut super yang sedang mewabah di Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa kutu yang dikumpulkan dari 138 lokasi di AS memiliki resistensi AELLE frekuensi (RAF) sebanyak 98 persen, hal itu berarti kutu tersebut mengandung sifat tahan obat yang disebut knockdown resistensi (KDR), menunjukkan perlawanan mereka terhadap piretroid.

Menurut penulis studi Dr Kyong Yoon, seorang profesor ilmu biologi asisten di Southern Illinois University Edwardsville manyatakan “Bila terjadi pada anak-anak, saya menyarankan orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter anak dan spesialis kulit anak sebelum mengambil obat kutu umum agar mendapat dosis dan penangan tepat,”

Kutu dengan KDR pertama kali dilaporkan pada tahun 2000, dan sekarang kutu dengan ketahanan sifat tersebut ada di mana-mana di AS,” kata Yoon.

“Peneliti perlu menerapkan strategi pengelolaan resistensi untuk menekan atau mencegah perkembangan kutu yang resistensi terhadap bahan kimia baru. Sebab kutu dapat dengan mudah menyebar ke negara lainnya, seperti nyamuk.”

Serangan tersebut terjadi pada tahun 2016, yaitu serangan wabah kutu rambut super. Jadi Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Rambut Super  tersebut? Berikut ini beberapa cara yang digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Daun Sirsak
Cara membersihakan kutu rambut dengan daun sirsak yaitu dengan merebus terlebih dahulu daun sirsak dengan air, setelah itu air rebusan tersebut digunakan untuk berkeramas. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan menggunakan sampo seprti biasa.

2. Cuka
Cuka memiliki kandungan asam asetat dengan bau menyengat yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut, yaitu dengan menghindari kulit kepala menjadi iritasi. Caranya dengan menambahkan air dalam cuka, lalu basuhkan ke kepala sambil sedikit dipijat, setelah itu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

3. Kapur ajaib
Kabur ajaib yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk atau kecoa juga bisa digunakan untuk membunuh kutu rambut yaitu dengan menggariskan kapur ajaib di kulit kepala lalu diamkan selama semalam dan keramas pada pagi harinya. Lakukan tips ini beberapa kali agar kutu rambut dapat hilang maksimal.

4. Minyak Almond
Minyak almond dapat digunakan untuk menghilangkan kutu yaitu dengan membasuhkan minyak almond ke kulit kepala sambil di pijat. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur agar terbebas dari kutu.

5. Alkohol
Cara menghilangkan kutu dengan alkohol yaitu dengam mencampurkan alkohol dengan air lalu basuh pada kepala secara merata sambil melakukan pemijatan. Stelah itu lakukan pembilasan. Lakukan tips ini secara teratur untuk hasil maksimal.

6. Mayones
Mayones adalah bahan yang sering disandingkan dengan makanan. Selain untuk pendamping makanan, mayones ternyata bisa digunakn untuk mengobati kutu rambut yaitu dnegan mengoleskan mayones pada rambut dan tutup dengan kain handuk atau plastik selam akurang lebih 6 jam. Meskipun menunggu selama 6 jam, hasil yang didapatkan juga maksimal.

7. Minyak Kelapa
Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa yaitu dengan menghangatkan minyak kelapa lalu oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian kepala hingga merata lalu tutup dengan handuk hingga semalaman dan keramaslah pada pagi harinya lalu sisir rambut dengan serit atau sisir rapat. Lalukan cara ini selama 3 hari berturut-turut.

8. Bawang Merah
Menghilangkan kutu dengan bawang merah yaitu dengan menghaluskan bawang merah lalu oleskan ke seluruh bagian kepala. Tunggu hingga beberapa menit lalu keramas dengan sampo dengan bersih. Lalukan secara rutin hingga kutu benar-benar hilang.

9. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih
Cara menghilangkan kutu dengan jeruk nipis dan kayu putih yaitu dengan mencampur perasan air jeruk nipis dan kayu putih lalu oleskan ke seluruh permukaan kepala lalu tunggu selama 1 jam, setelah itu keramas hingga bersih.

10. Rajin Bersampo
Rambut yang bersih akan rentan terkena kutu, ketombe, atau rambut rusak, karena itulah kita harus sering melakukan perawatan rambut, dengan secara rutin keramas menggunakan sampo.

11.Menggunakan Serit
Serit adalah sisir rapat yang biasa digunakan untuk merapikan tatanan rambut. Karena memiliki jarak yang rapat serit juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu, yaitu dengan menyisir rambut secara berulang-ulang hingga kutu berjatuhan dan jika dilakukan secara teratur maka kutu akan hilang.

12. Kapur Barus
Kapur barus merupakan kapur yang digunakan untuk membasmi serangga, salah satunya juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan mengoleskan kapur barus keseluruh kepala lalu diamkan selama semalaman dan keramas pada pagi hari.

13. Lidah Buaya
Selain bisa digunakan untuk membuat rambut menjadi tebal, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

14. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk menghilangkan kutu rambut.

15. Belimbing Wuluh
Cara menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan kutu rambut yaitu dengan menggosokkan belimbing wuluh yang telah halus di kulit kepala.

16. Minyak Zaitun
Penggunaan minyak zaitung untuk menghilangkan kutu rambut yaitu dengan mengoleskan minyak zaitung ke kulit kepala lalu tunggu hingga semalaman dan keramas pada pagi harinya.

17. Minyak Esensial
Minyak esensial adalah campuran minyak kelapa dan minyak zaitun. keduanya bisa digunakan secara bersamaan untuk menghilangkan kutu rambut.

18. Menggunakan Gel Rambut
Gel rambut sering sekali digunakna oleh para pria untuk membuat rambut menjadi lembab, namun untuk menghilangkan kutu rambut menggunakan gel rambut yaitu dengan membalurkan gel ke seluruh permukaan kepala.

19. Minyak Kayu Putih
Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya yaitu dengan kayu putih, caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih secara merata pada bagian kepala. Lakukan cara ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

20. Dengan obat Kimia
Salah satu obat kimia untuk menghilangkan kutu yaitu dengan peditox. Caranya yaitu dengan membalurkan obat peditox keseluruh bagiankulit kepala dan tunggu beberapa jam, lalu keramas hingga bersih.

21. Potong Rambut
Cara cepat untuk menghilangkan kutu rambut yaitu dengan memotong rambut. Dengan memotong rambut maka rambut yang rusak akan hilang dan kutu tidak betah bersarang lama di rambut.

22. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandung sulfur yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk menhilangkan kutu rambut. Caranya dengan membalurkan bawang ptuih yang telah dihaluskan lalu balurkan kepada kulit kepala.

23. Lemon
Lemon juga bisa digunakan untuk meghilangkan kutu rambut karena lemon memiliki kandungan asam yang tinggi.

24. Menggunakan Sampo kutu pediculicides
Sampo ini memang khusus dibuat untuk membunuh kutu di rambut.

25. Gunakan hair dryer
Menurut sebuah studi pengering rambut (hair dryer) dapat membunuh kutu rambut hingga 55% dan telur kutu hingga 98%.

26. Minyak biji sesame
Biji sesame memiliki tinggi antibakteri, anti jamur dan alami sifat insektisida, minyak biji wijen juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah kutu kepala.

27. Mouth wash
Mouth wash atau obat kumur memiliki kandungan antiseptik yang dapat membuat lemas dan membunuh kutu rambut.

28. Dengan Baby Oil
Baby oil membuat rambut menjadi lemas sehingga lebih mudah untuk menyisir. Ini mati lemas dan membunuh kutu, namun tidak dianjurkan untuk nits.

29. Garam
Garam juga dapa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut yaitu dengan mencampurkan dengan sedikit air dan balurkan keseluruh permukaan rambut, lalu tunggu beberapa saat untuk kemudian di keramas dengan sampo hingga bersih.

30. Petroleum Jelly
Petroleum jelly memiliki efek menyesakkan pada kutu, sehingga dapat digunakan untuk menyingkirkan kutu dengan cepat.

31. Jus Jeruk
Jus jeruk bekerja sebagai insektisida poten yang membunuh kutu dan mengendur telur kutu dari rambut.

32. Tea Tree Oil
Minyak pohon teh memiliki kandungan insektisida alami yang efektif untuk menaklukan kutu.

33. Daun Nimba
Daun Nimba memiliki bau yang sangat tajam sehingga berpotensi bisa membunuh, atau menghambat kutu menggigit kulit kepala.

34. Cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki sifat kuat antimikroba dibandingkan dengan cuka putih biasa, sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

35. Deterjen
Deterjen bekerja untuk menyingkirkan kutu dari rambut nambun tidak untuk membunuhnya.

36. pyrethrum
pyrethrum adalah insektisida atau bahan aktif yang berasal dari bunga krisan, sehingga dapat bisa dugunakan juga untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya yaitu dengan mengoleskan pyrethrum lalu diamkan sekitar 10 menit dan bilas.

37. Lotion 1% Permetrin
Permetrin bertindak dengan membunuh kutu caranya dengan mengoleskan Permetrin kesuluruh kepala dan tunggu selama 10 menit dan bilas dengan sampo.

38. Spinosad
Spinosad adalah insektisida alami yang berasal dari bakteri yang ditemukan di dalam tanah. Spinosad bekerja melalui rambut kering dari akar ke ujung. Biarkan selama 10 menit, bilas dan serit dengan sisir. Efek samping yang umum termasuk iritasi mata dan kulit.

39. Ivermectin
Ivermectin adalah bakteri yang ditemukan dari dalam tanah. Bakteri Ivermectin mampu melumpuhkan dan membunuh kutu dan telur mereka, bakteri ini dapat digunakan oleh anak-anak diatas usia 6 bulan.

40. Vaseline
Vaseline atau petroleum jelly mampu membunuh kutu rambut, cara kerja petroleum jelly mirip dengan minyak zaitun.

41. Sabun Cuci Piring
Sabun Cuci piring dapat menjadi penghilang kutu yaitu dengan membantu mencegah substansi telur kutu lengket ke rambut seperti lem ke rambut.

42. Malathion lotion 0,5%
Malathion lotion 0,5% memiliki sifat mudah terbakar, jadi sebaiknya tidak untuk digunakan pada anak dibwah usia 6 tahun. Cara penggunaan Malathion lotion 0,5% yaitu dengan hati-hati, cara membersihkan langsung dengan dibawah wastafel sehingga cairan Malathion lotion 0,5% tidak menempel di bagian kulit lain.

Itulah 43 cara untuk menghilangkan kutu rambut, Semoga informasi yang diberika bermanfaat.