16 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dengan Ampuh dan Efektif

Posted on

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami – Bekas luka merupakan tahapan dari proses penyembuhan luka, namun adanya bekas luka dalam tubuh dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang, apalagi untuk wanita. Hampir semua orang pasti memiliki bekas luka, ada juga yang dapat menghilang secara cepat namun ada pula bekas luka yang belum menghilang meskipun sudah lama. Pada umumnya, bekas luka yang tidak dapat menghilang diakibatkan karena ketika luka mengering dan terasa gatal, malah digaruk sehingga menimbulkan bekas luka.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka meskipun dibutuhkan waktu yang cukup lama dan harus rutin dilakukan. Salah satu cara paling aman dan efektif untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

1. Lemon
Lemon tinggi asam alfa hidroksi yang dapat memutihkan dan memudarkan bekas luka. Caranya dengan membuat lemon sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon adalah dengan oleskan perasan lemon pada bekas luka secara rutin 2-3kali sehari. Perlu diinget, hindari keluar rumah beberapa jam setelah melakukan perawatan ini, karena lemon dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

2. Madu dan baking soda
Madu memiliki manfaat untuk merangsang regenerasi jaringan yang efektif untuk mengobati luka, sedangkan baking soda ditujukan untuk mengikis sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Cara menghilangkan bekas luka dengan madu dan baking soda adalah dengan campurkan baking soda dan madu lalu aduk hingga menjadi pasta, oleskan pada noda bekas luka. Diamkan selama 3-5 menit lalu tempelkan handuk yang telah dipanaskan hingga dingin. Lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Bawang Putih
Bawang putih memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat menghambat produksi kolagen dan membantu memudarkan bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka dengan bawang putih adalah dengan haluskan bawang putih dan peras airnya. Oleskan airnya pada bekas luka, diamkan hingga mengering dan bilas. Ulangi secara rutin 3-4 kali.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengurangi iritasi kulit, meregenerasi sel kulit dan menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya yaitu dengan oleskan gel lidah buaya pada bekas luka secara rutin 2-3 kali sehari agar mendapatkan hasil optimal dengan cepat.

5. Gooseberry
Gooseberry tinggi kandungan vitamin C yang dapat membantu menghambat pembentukan bekas luka, dan memudarkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan Gooseberry, memerlukan sedikit minyak zaitun untuk membuatnya menjdi pasta. Caranya siapkan bubuk Gooseberry, campurkan minyak zaitun hingga, aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan apda bekas luka, diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan setiap hari untuk hasil maksimal.

6. Tea tree oil
Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu mengurangi bekas luka dan bekas jerawat secara bertahap. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak pohon teh yaitu dengan campurkan 3 tetes tea tree oil dengan 1 tetes minyak zaitun lalu oleskan pada bekas luka secara rutin dengan beri sedikit pijatan ringan.

7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis tinggi antioksidan dan vitamin C yang membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka menghitam. Cara menghilangkan bekas luka dengan jeruk nipis adalah dengan belah jeruk nipis menjadi 2 lalu olesekan pada bekas luka, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Madu
Madu mampu membantu mencerahkan kulit karena madu kaya akan antioksidan yang juga dapat mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan bekas luka dengan madu adalah dengan rutin mengoleskan madu pada bekas luka, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Putih Telur
Putih telur tinggi kandungan protein dan sumber mikronutrien yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan putih telur adalah dengan oleskan putih telur secara langsung pada bekas luka, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

10. Mentimun
Mentimun kaya kandungan mineral dan vitamin yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan mentimun adalah dengan iris timun lalu oleskan pada bekas luka, diamkan selama 30 menit dan bilas.

11. Mengkudu
Mengkudu tinggi antioksidan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan mengkudu adalah dengan haluskan buah mengkudu lalu oleskan pada bekas luka, diamkan hingga kering lalu bilas.

12. Teh Hijau
Teh hijau juga tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memudarkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan teh hijau adalah dengan gosokkan ampas teh hijau pada bekas luka, lakukan secara rutin agar bekas luka segera hilang.

13. Daun Mint
Selain digunakan sebagai aromaterapi, daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka secara alami. Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint adalah dnegan tumbuk halus daun mint lalu oleskan secara rutin pada bekas luka.

14. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic yang dapat membantu memudarkan bekas luka. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang mendukung melindungi sel-sel dari kerusakan. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun adalah dengan oleskan minyak zaitun secara rutin pada bekas luka agar bekas luka cepat memudar.

15. Daun Jarak
Daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka secara alami dan cepat, cara menghilangkan bekas luka dengan daun jarak adalah dengan rebus daun jarak lalu basuh bekas luka dengan air rebusa daun jarak secara rutin.

16. Kencur
Kencur dikenal juga dapat menghilangkan bekas luka dengan cepat. Cara menghilangkan bekas luka dengan kencur adalah dengan siapkan satu genggam beras rendam selama 7 menit, tumbuk dan tambahkan kencur hingga halus, setelah itu oles pada bekas luka secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah penjelasan tentang Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.