36 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Tuntas Alami

Posted on

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Tuntas Alami – Masalah bau mulut adalah salah satu masalah umum yang paling banyak dialami oleh banyak orang. Bau mulut sering dianggap sepele oleh banyak orang, jika tidak ditangani dengan baik bau mulut akan membuat banyak orang merasa tidak percaya diri atau merasa minder ketika berbicara, selain itu anda juga akan dinilai sebagai orang yang jorok oleh lawan bicara anda.

Bau mulut salah satu masalah kesehatan yang sulit untuk diketahui oleh diri sendiri, karena biasanya orang merasa percaya diri berbicara tanpa melihat respon yang dilakukan oleh lawan bicaranya, entah dia merasa nyaman atau tidak. Namun sebagian banyak orang mengecek bau mulut dengan cara meniupkan napas ke telapak tangan lalu mencium bau atau tidak mulut mereka. Cara tersebut sebenarnya tidak cukup efektif untuk mendeteksi masalah bau mulut, bahkan sama sekali tidak bekerja. Salah satu cara untuk mendeteksi masalah bau mulut yaitu dengan menjilat telapak tangan lalu diamkan air liur mengering, setelah itu cium bau atau tidak. Apabila bau menyengat berarti anda bermasalah dengan bau mulut.

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah anda mengetahui jika terdapat masalah bau mulut adalah dengan berhenti melakukan hal-hal yang menyebabkan masalah bau mulut. Simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui tentang apa saja hal yang menjadi penyebab munculnya bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Air liur memiliki fungsi untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang ada didalam mulut. Penurunan kadar air liur menyebabkan penumpukan bakteri disekitar mulut seperti di gigi, gusi dan lidah. terjadinya penumpukan bakteri tersebut yang menyebabkan bau mulut, sehingga mulut mengeluarkan bau tidak sedap atau menyengat.

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut, antara lain:

1. Minimnya menjaga kesehatan mulut
Mulut adalah pintu segala jenis makanan yang masuk kedalam tubuh. Mulut juga sebagai tempat awal masuknya segala jenis bakteri yang ada dalam makanan. Jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik, makan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperi sakit gigi atau sariawan sehingga menyebabkan bau mulut.

2. Adanya penyakit pada organ tubuh bagian dalam
Ketika sedang sakit, kita cenderung merasa bau mulut. Hal ini disebabkan karena metabolisme dalam tubuh tidak seimbang, atau karena menurunnya daya tahan tubuh.

3. Kelebihan gas asam lambung
Produksi asam lambung yang berlebih yang naik hingga tenggorokan biasanya akan menimbulkan bau mulut. Seperti ketika bersendawa, pasti akan mengeluarkan bau tidak
sedap.

4. Alkohol dan rokok
Asap rokok dan bau minuman ber alkohol akan tertinggal di dalam rongga mulut sehingga akan menimbulkan bau mulu dan nafas tidak sedap.

5. Makanan bau menyengat
Jenis makanan dengan bau menyengat seperti jengkol, petai, terasi, ikan asin, dan petis merupakan jenis makanan yang menyebabkan bau tidak sedap. Untuk itu setelah makan segera bersihkan mulut agar bau sedikit hilang.

6. Faktor genetik
Hal ini bisa saja terjadi karena kesamaan jenis kelenjar ludah dan beberapa hormon pendukung lainnya yang terbentuk dari susunan genetik yang sama. Jika karena faktor genetik maka akan sulit diberantas.

Setelah mengetahui tentang penyebab masalah bau mulut, berikut adalah penjelasan tentang tips dan cara menghilangkan bau mulut dengan tuntas.

Tips Menghilangkan Bau Mulut

Simak beberapa cara dibawah ini tentang cara menghilangkan bau mulut berdasarkan
permasalahannya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

1. Sikat gigi secara teratur
Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan secara rutin menggosok gigi 3x dalam sehari. Selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, menggosok gigi secara rutin juga bisa mencegah munculnya bau tidak sedap. Selain itu rutin ganti sikat gigi anda 3 bulan sekali.

2. Periksa kesehatan gigi
Lakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara rutin utnuk melakukan pencegahan dini jika anda mengalami masalah kesehatan.

3. Mencabut atau Menambal Gigi berlubang
Jika gigi sudah terlanjur mengalami gangguan seperti gigi berlubang, anda dapat mengunjungi spesialis dokter gigi untuk melakukan penambalan atau mencabut gigi yang berlubang untuk menghindari masalah bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Asam Lambung

4. Biasakan selalu sarapan
Banyak orang yang menganggap sepele saran pagi. Selain bermanfaat untuk menambah energi, rutin sarapan pagi juga mencegah terjadinya masalah bau mulut. Hal ini berkaitan dengan kadar asam lambung yang akan meningkat ketika perut dalam keadaan kosong sehingga menyebabkan asam lambung dan maag. Seperti yang disebutkan dalam penyebab bau mulut adalah masalah asam lambung.

5. HIndari terlalu banyak minum kopi
Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat menyebabkan asam lambung. Sedangkan asam lambung merupakan penyebab timbulnya masalah bau mulut. Untuk mengatasi masalah bau mulut yang disebabkan karena penyakit yang berkaitan dengan perut dan usus (Asam lambung), sebaiknya hindari penyebabnya seperti mengkonsumsi kopi.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Masalah Gusi

6. Gunakan Obat kumur
Selain rutin menggosok gigi, biasakan untuk berkumur menggunakan obat kumur anti bakteri setiap selesai menggosok gigi. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena justru akan memperparah masalah bau mulut.

7. Minum cukup air putih
Selain menyehatkan tubuh, rutin meinum air putih minimal 8 gelas sehari dapat membersihkan bakteri dan kotoran yang ada disekitar mulut. Air putih juga bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang terdapat dapam organ usus. karena usus dan mulut  maka anda akan terhindar dari masalah bau mulut.

8. Kunyah permen karet
Dengan mengunyah permen karet tanpa kandungan gula mampu mencegah masalah bau mulut. Menyunah permen karet dapat merangsang produksi air liur disekitar mulut, air liur tersebut berfungsi untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang ada disekitar mulut. sehingga anda terhindar dari masalah bau mulut.

9. Gunakan Kunyit
Selain efektif untuk memutihkan gigi, menggosok gigi dengan menggunakan kunyit juga dapat mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan yang terjadi disekitar gusi dan juga mengatasi bau mulut. Baca : Cara Cepat Memutihkan Gigi dengan Kunyit 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Jengkol

10. Beras
Beras dapat digunakan untuk mengurangi bau menyengat pada mulut akibat makan jengkol atau petai. Cara menggunakannya yaitu dengan mengunyah beras beberapa saat lalu menelannya.

11. Kopi
Kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan karena makanan dengan bau menyengat seperti jengkol dan petai. Namun untuk anda yang memiliki riwayat penyakit maagh kronis atau asam lambung disarankan untuk tidak menggunakan cara ini.

12. Susu Kental Manis
Selain kopi an beras, susu kental manis juga bisa menjadi alternatif anda untuk menghilangkan bau mulut menyengat karena jengkol dan petai. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi susu kenat manis lalau diamkan selama 5 menit, dan minum air putih.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Puasa

13. Hindari tidur setelah sahur
Tidur setelah makan sahur menyebabkan kadar asam lambung meningkat. Jika ini terjadi maka dapat menyebabkan penyakit maag atau asam lambung sehingga akan menimbulkan masalah bau mulut.

14. Tidak mengkonsumsi makanan atau minuman penyebab bau mulut
Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman penyebab bau mulut selama puasa. Seperti jengkol, petai, ikan asin, atau terasi, karena akan memperparah masalah bau mulut anda.

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

15. Dengan Rempah rempah
Beriku ini merupakan jenis rempah yang dapat digunakan untuk menghilangkan masalah bau mulut secara alami:

  1. Kencur
    Kencur merupakan salah satu rempah yang efektif untuk menghilangkan masalah bau mulut. Caranya yaitu dengan mengunyah kencur yang sudah dibersihkan selama beberapa menit atau hingga halus lalu telan dan buang ampasnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal lalukan cara ini 3 kali dalam sehari.
  2. Jeruk nipis dan madu
    Selain efektif untuk menyembuhkan batuk, campuran jeruk nipis dan madu juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah bau mulut.
  3. Ketumbar
    Ketumbar memiliki kandungan anti-bakterial yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk menghilangkan masalah bau mulut. Cara yang digunakan yaitu dengan merebus ketumbar lalu konsumsi air rebusan secara rutin.
  4. Kayu manis
    Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Kayu manis juga terbukti untuk mengatasi bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis dengan air panas, lalu minum teh kayu manis sebanyak 2x sehari.
  5. Lengkuas
    Lengkuas selain digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga efektif untuk menghilangkan bau mulut. Yaitu dengan merebus lengkuas lalu minum air rebusan secara rutin.
  6. Daun pegagan
    Daun pegagan juga termasuk tanaman yang mampu digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya yaitu dengan minum air rebusan daun pegegan secara rutin agar mulut tetap terasa segar.

16. Daun sirih
Daun sirih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti obat herbal untuk sakit mata minus dan keputihan. Sirih mengandung sifat anti-bakteria yang juga berkhasiat untuk mengatasi masalah bau mulut dan membasmi kuman dalam mulut. Caranya yaitu dengan merendam beberapa helai daun sirih lalu digunakan untuk berkumur.

17. Teh Hijau
Teh hijau selain memiliki kandungan zat katekin yang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, dan menghilangkan jerawat. Teh hijau juga memiliki kandungan anti bakterial yang bermanfaat untuk membunuh bakteri bakteri jahat dalam mulut.

18. Konsumsi buah vitamin C
Vitamin C berfungsi untuk membasmi bakteri jahat. Secara tidak langsung dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat terhidar dari masalah bau mulut. contoh buah-buah yang baik untuk masalah kesehatan mulut adalah sebagai berikut:

  1. Strobery : Buah strobery memiliki rasa masam manis dan memiliki kandungan vitamin
    C yang tinggi sehingga dipercaya mampu mengatasi masalah bau mulut.
  2. Lemon : Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon juga mengandung
    anti bakterial yang bagus untuk menjaga kesehatan mulut.
  3. Buah Pir : Tekstur buh pir yang renyah dan agak kasar baik untuk membersihkan
    karang gigi dan menghilangkan bau mulut.
  4. Jambu biji : Jambu biji efektif untuk mengatasi bau mulut, cobalah untuk
    mengkonsumsi jambu biji sebanyak 2x sehari.

19. Berhenti merokok dan stop konsumsi alkohol
Merokok dan alhokol merupakan salah satu penyebab masalah bau mulut. Untuk menghilangkan masalah bau mulut yang disebabkan karena hal tersbeut yaitu dengan berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi alkohol.

20. Daun kemangi
Daun kemangi juga efektif untuk menghilangkan bau mulut, caranya dengan mengunyah beberapa helai daun kemangi kemudian telan. Agar hasil yang dilakukan maksimak, maka lalukan cara ini sehari 3 kali.

21. Gunakan benang gigi
Jika di perlukan gunakan benang gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi yang menyebabkan munculnya bau mulut

22. Konsultasikan ke Dokter
Jika cara diatas tidak dapat mengatasi masalah bau mulut anda. Segera periksakan kedokter untuk mencari tahu solusi terbaik dalma mengatasi masalah bau mulut.

23. Konsumsi Yogurt
Yogurt adalah makanan yang mampu menciptakan bakteri baik dan membunuh bakteri jahat. Konsumsi yogurt secara teratur juga mampu mencegah dan menghilangkan bau mulut.

24. Permen Mint
Cara mudah untuk menghilangkan bau mulut untuk sementara yaitu dengan mengjonsumsi permen mint. Jika anda memiliki masalah dengan bau mulut, sediakan selalu permen mint ketika akan berbicara dengan orang lain secara dekat.

25.Spa Gigi
Spa gigi merupakan cara untuk membersihkan gigi dari berbagai macam bakteri dan kuman. Spa gigi dapat dilakukan 2 bukan sekali untuk hasil yang maksimal.

26. Bersihkan kawat gigi secara berkala
Jika anda menggunakan kawat gigi, selalu perhatikan kebersihannya untuk menghindari tumbuhnya kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Menumpuknya kuman dan bakteri didalam mulut akan memicu bau mulut tak sedap. Karena itu bersihkan kawat gigi secara rutin dengan cara menggosok bagian kawat gigi secara menyeluruh dan lakukan kontrol sebulan sekali ke dokter gigi.

Nah itulah 36 cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan atau mengatasi masalah bau mulut dengan tuntas dan tepat. Lakukan pengobatan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.