30 Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami Mudah dan Efektif Menyembuhkan dengan TUNTAS

Posted on

Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami  – Panas dalam adalah kondisi dimana tubuh mengalami panas yang berlebihan pada sistem pencernaan, Panas yang berlebihan disebabkan oleh ketidak seimbangan makanan yang bersifat panas dan dingin. Panas dalam menjadi salah satu gangguan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang mendapatkan penyinaran matahari secara maksimal. Kondisi tersebut pula yang banyak menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan seperti panas dalam.

Panas dalam bukan termasuk penyakit, melainkan gejala yang timbul akibat respon dari tubuh yang mengalami gangguan. Panas dalam dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, remaja sampai orang dewasa. Namun, kasus ini lebih banyak menyerang orang yang suka beraktivitas di luar ruangan.

Meskipun bisa dikatakan tidak berbahaya, jika panas dalam tidak segera disembuhkan akan menganggu aktivitas kita. Untuk itu, ketahui terlabih dahulu penyebab, gejala dan cara menyembuhkan masalah panas dalam.

Penyebab Panas Dalam

Ada banyak faktor yang menyebabkan panas dalam, baik faktor internal ataupun faktor eksternal. Beberapa faktor penyebab panas dalam antara lain seperti:

  • Kurang asupan vitamin C
  • Sistem kekebalan tubuh lemah
  • Perubahan kondisi cuaca yang berubah-ubah
  • Kurang asupan cairan tubuh
  • Kurang asupan serat
  • Terlalu banyak konsumsi gorengan dan makanan berlemak tinggi
  • Faktor emosional seperti stress
  • Hormon dalam tubuh yang tidak stabil
  • Faktor kelelahan yang membuat tubuh menjadi tidak stabil
  •  Konsumsi jenis obat-obatan tertentu

Gejala Panas Dalam

Meskipun bukan suatu penyakit, panas dalam bisa membuat seseorang merasa terganggu. Gejala yang kerap timbul akibat panas dalam antara lain, seperti :

  • Muncul gangguan pada bagain mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut.
  • Gangguan sistem pencernaan seperti susah BAB dan Wasir
  • Gangguan pada tenggorokan seperti peradangan, tenggorokan gatal dan terasa kering.
  • Sering merasa haus dan selalu ingin minum.
  • Badan terasa tinggi dan meriang.
  • Muncul rasa sakit pada bagian tenggorokan ketika untuk menelan.

Cara Menyembuhkan Panas Dalam Secara Alami

1. Air kelapa hijau muda
Air kelapa muda mengandung elektrolit yang tinggi. Selain untuk mencegah dehidrasi, konsumsi air kelapa muda juga dapat membantu meningkatkan ion tubuh, dan membantu mengobati panas dalam. Konsumsi air kelapa muda untuk obat panas dalam 1 kali dalam seminggu dan campurkan madu.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki kandungan antibakterial dan vitamin C yang tinggi sehingga cuka sari apel cocok adna konsumsi untuk mengatasi masalah panas dalam. Bahkan jika dikonsusmi secara rrtuin, masalha panas dalam dapat segera hilang. Cara mengunakan cuka sari apel untuk mengobati masalah panas dalam adalah dnegan campurkan 5 hingga 7 sendok cuka sari apel kedalam satu gelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 10 menit. Berkumurlan berkali-kali agar bakteri penyebab panas dalam mati dan panas dalam segera disembuhkan.

3. Lemon dan Madu
Madu dan lemon adalah kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah panas dalam. Madu mengandung nutrisi mineral alami dan vitamin yang sangat baik untuk mengatasi panas dalam. Sedangkan lemon kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Cara mengobati panas dalam dengan lemon dan madu adalah campurkan perasan lemon dalam madu dan konsumsi minuman tersebut 2 kali sehari secara rutin.

4. Rambut Jagung Muda
Rebusan rambut jagung muda dinilai cukup efektif untuk menyembuhkan masalah panas dalam. Cara mengobati panas dalam menggunakan rambut jagung muda adalah dengan rebus satu genggam rambut jagung muda dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas rebusan. Agar rasanya tidak eneg, anda dapat menambahkan gula batu dan jahe. Setelah itu saring dan konsumsi ketika sudah dingin.

5. Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi, serat tersebut juga bermanfaat untuk membantu mengobati panas dalam. Selain panas dalam, kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau yaitu dengan rebus 2 genggam kacang hijau dengan 3 gelar air, tambahkan jahe dan gula baru, rebus hingga tersisa sekitar 1 gelas air rebusan saja, dan konsumsi air rebusan kacang hijau 1 kali sehari.

6. Telur Ayam Kampung
Selain sering dikonsumsi untuk meningkatkan stamina, mengkonsumsi kuning telur ayam kampung mentah dapat juga membantu meredakan panas dalam. Cara melakukan resep ini adalah dengan lubangi sedikit telur ayam mentah untuk mengeluarkan putih telur, usahakan agar kuning telur tidak pecah untuk menghindari bau amis saat menelannya. Setelah itu tenggak kuning telur secara langsung.

7. Air Garam
Air garam mengandung senyawa mineral alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala panas dalam, seperti sariawan, sakit tenggorokan, dan lainnya. Cara mengobati masalah panas dalam dengan air garam adalah dengan tuang sekitar 5-6 sendok garam kedalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur, dan lakukan secara rutin terutama sebelum tidur atau bangun tidur.

8. Kencur
Kencur mengandung mineral alami yang baik untuk membantu menurunkan panas dalam. Selain itu kencur juga bermanfaat untuk mengatasi batu kering dan batuk berdahak. Cara mengobati panas dalam menggunakan kencur adalah dengan kupas dan bersihkan kencur lalu parut hingga halus lalu peras dan minum sari kencur lalu tambahkan air hangat dan konsumsi 1 kali sehari.

9. Air Beras
Air beras atau sering disebut dengan air tajin adalah air rebusan beras yang berwarna putih kental yang jaman dulu sering digunakan sebagai pengganti air susu ibu pada masyarakat tradisional. Namun tidak banyak yang tahu jika air tajin juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah panas dalam. Caranya yaitu konsumsi air tajin secara rutin untuk meredakan panas dalam.

10. Alang-alang
Alang-alang adalah obat tradisional yang sangat ampuh untuk dikonsumsi oleh penderita panas dalam. Akar alang-alang mampu memberikan efek antipiretik, bahkan lebih tinggi dari efek parasetamon. Akar ilalang juga mengandung flavonoid yang dapat menghambat pembentukan prostaglandin yang dapat mencegah peningkatan suhu tubuh. Cara mengobati panas dalam mengunakan alang-alang adalah sebagai berikut :

  1. Akar alang-alang: bersihkan akar alang-alang dan rebus dengan air secukupnya, konsumsi ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin.
  2. Daun alang-alang : Siapkan satu genggam daun alang-alang , rebus dengan 4 gelas air, tunggu hingga tersisa 2 gelas rebusan, minum rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

11. Biji Selasih
Obata almai lainnya yang efektif untuk mengatasi panas dalam adalah biji selasih dan daun selasih. Biji selasih mengandung zat bascilin yang berperan untuk mempertahankan vitamin C dalam tubuh. Karena itu biji selasih dapat dimanfaatkan untuk mengobtai panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan biji selasih adalah sebagai berikut.

  1. Biji Selasih : Rendam 2 sendok teh biji selasih dengan satu gelas air dingin. TUnggu hingga selasih mengembang lalu minum selasih pada kondisi dingin lebih nikmat.
  2. Daun Selasih : Siapkan daun selasih, tumbuk dan saring airnya, kemudian seduh sari daun selasih dengan satu gelas air dan minum untuk membantu mengobati panas dalam.

12. Lobak Putih
Secara alami lobak putih bersifat dingin dan efektif digunakan untuk mengobati masalah panas dalam, sakit tenggorokan dan mengusir dahak. Selain itu lobak putih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh melalui cadangan nutrisi yang luas. Cara mengobati panas dalam dengan lobak putih yaitu dengan konsumsi mentah lobak putih secara langsung atau dengan dimasak sebagai sup atau direbus.

13. Madu
Madu mengandung unsur kimia yang mempunyai efek koligemik yaitu asetikolin yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Madu menjadi salah satu obat paling efektif untuk mengatasi panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan madu adalah dengan, campurkan madu dengan satu gelas air dingin, dan minum campuran tersebut secara rutin hingg panas dalam sembuh.

14. Buah Saga
Daun saga memiliki ukuran dan mirip dengan daun asam, daun saga efektif untuk meredakan panas dalam, sariawan dan radang tenggorokan. Daun saga juga bersifat antiparasit yang berguna untuk membantu melancarkan pendarahan. Untuk mengobati masalah panas dalam. Cara mengobati masalah panas dalam dengan daun saga adalah dengan cara ambil satu genggam daun saga dan cuci bersih lalu tumbuk daun saga lalu campur dengan satu gelas air panas.

15. Daun Katuk
Daun katuk mengandung antioksidan dan antiseptik yang berfungsi untuk meredakan panas dalam dan menyembuhkan sariawan. Cara mengobati sariawan dengan daun katuk adalah dengan memasaknya menjadi sayur sup atau dengan tumbuh dauh katuk dan beri sedikit air panas, kemudian saring airnya. Setelah itu campurkan perasan daun katuk kedalam satu gelas air dan minum untuk meredakan panas dalam.

16. Daun rambutan
Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah panas dalam adalah dengan menggunakan daun rambutan. Caranya dengan siapkan sekita 7 helai daun rambutan yang tidak terlalu muda dan terlalu tua. Tumbuk halus atau blender dengan ditambah sedikit air. Saring dan tambahakan satu gelas air matang. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan malam hari secara rutin hingga panas dalam sembuh.

17. Daun Sambiloto
Daun sambiloto mengandung antiperitika yang ampuh untuk menurunkan panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan daun sambiloto adalah dengan Siapkan satu genggam daun sambiloto tumbuk dan tambahkan satu gelas air. Minum ramuan sambiloto untuk mengatasi masalah panas dalam.

18. Rimpang Teratai
Tanaman lain yang memiliki sifat antipiretik yang lain adalah rimpang bunga teratai. Cara mengobati masalah panas dalam menggunakan rimpang teratai adalah dengan siapkan 100 gram rimpang teratai lalu rebus dnegan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa satu gelas rebusan. Saring dan minum air ramuan 2 kali dalam sehari.

19. Jus Mentimun
Mentimun memiliki banyak kandungan air yang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah panas dalam, selain panas dalam mentimun juga efektif untuk penderita asam lambung. Cara mengobati panas dalam dengan mentimun yaitu dengan siapkan 2 mentimun ukuran sedang, kupas dan buang kulinya, blender dan campurkan 3 gelas air. Minum jus mentimun 3 kali sehari untuk mengatasi masalah panas dalam.

20. Teh bunga krisan
Bunga krisan memiliki kandungan penting seperti prostaglandin, choline, vitamin A yang baik untuk kesehatan. Cara mengobati panas dalam dengan teh bunga krisan adalah dengan seduh bunga krisan kering dengan satu cangkir air panas, tambahkan madu dan konsumsi bunga krisan 2 kali sehari untuk mengatasi masalah panas dalam.

21. Daun Cincau
Daun cincau mengandung senyawa saponin, tokoferol, alkaloid, mineral, fosfor serta antioksidan yang bermanfaat untuk mengobati panas dalam serta membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Cara mengobati panas dalam dengan daun cincau yaitu dengan rebus daun cincau dengan secukupnya air hingga mendidih, saring dan dinginkan, minum rebusan daun cincau 2 kali sehari untuk mengobati masalah panas dalam.

22. Sari tebu hijau
Cara selanjutnya untuk mengobati masalah panas dalam adalah dengan menggunakan sari tebu hijau. Sari tebu hijau mengandung mineral seperti fosform zat besi, kalium, kalsium dan magnesium. Dalam penelitian air terbu juga dimanfaatkan untuk membantu memulihkan kekurangan vitamin didalam tubuh akibat demam dan panas dalam. Cara mengobati masalah panas dalam dengan air tebu hijau yaitu dengan perasa sari tebu hijau lalu konsumsi air perasan tebu hiaju 2 kali sehari.

23. Baking Soda
Sifat alkaloid yang basa dalam baking soda berperan sebagai obat penetral asam. Cara mengatasi dan mengobati panas dalam dengan baking soda yaitu dengan melarutkan satu gelas baking soda dengan satu gelas air minum, dan konsumsi larutan baking soda secara rutin untuk mengobati panas dalam.

24. Lidah Buaya
Lidah buaya salah satu jenis tanaman yang memiliki sifat alkali yang bermanfaat untuk menjaga keasaman tubuh. Kadar asam yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu penyebab timbulnya panas dalam. Konsumsi jus lidah buaya untuk membantu alkalisasi tubuh untuk menyeimbangkan keasaman tubuh. Cara membuat jus lidah buaya yaitu dengan blender daging lidah buaya dan tambahkan 2 sendok madu, minum jus lidah buaya satu gelas sebelum makan.

25. Labu kuning dan pepaya
Labu dan pepaya memiliki banyak manfaat yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, dan kandungan asam amino dan tryptophan berkhasiat memperbaiki mood dan menghilangkan stress. Cara mengobati sariawan dengan labu dan pepaya yaitu dengan blender 100 gram labu kuning dan 100 gram pepaya matang, lalu tambahkan sayu sendok madu. Konsumsi ramuan ini secara rutin untuk membantu menurunkan panas dalam secara optimal.

26. Banyak konsumsi air putih
Panas dalam mengakibatkan tenggorokan menjadi kering dan bibir pecah-pecah karena dehidrasi. Cara efektif untuk menghidnari dehidrasi adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Jika dalam keadaan normal tubuh membutuhkan 8 gelas air putih, pada saat panas dalam tubuh membutuhkan lebih dari 10 gelas air putih untuk mengganti cairna yang hilang dalam tubuh.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami . Anda perlu waspada jika panas dalam yang anda derita belum sembuh dengan menggunakan cara pengobatan diatas. Karena kita ketahui jika panas dalam merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.