27 Cara Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Penyebab Jerawat Secara Alami Dengan Cepat

Posted on

Cara Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Penyebab Jerawat¬† –¬†Memiliki jenis kulit berminyak bukanlah hal yang menyenangkan, selain mengganggu penampilan, jenis kulit yang berminyak akan lebih mudah terkena jerawat. Hal ini karena jenis kulit berminyak akan lebih mudah terserang kuman dan debu atau polusi.

Ada beberapa orang yang mengatakan, memiliki jenis kulit berminyak maka orang tersebut akan memiliki wajah yang awet muda, karena kulit selalu lembab sehingga tidak mudah keriput yang menjadi tanda penuaan dini. Namun, kulit wajah yang berminyak memiliki persentase menimbulkan jerawat lebih tinggi.

Ada beberapa jenis kulit berminyak, seperti kulit normal, kulit berminyak dan kulit kering, dan kulit sensitif. Tiap dari jenis kulit tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda. Namun perlu diketahui bahwa kulit melakukan produksi minyak secara alami bertujuan untuk melindungi kulit dari serangan luar, yang paling umum membuat masalah pada kulit wajah adalah debu dan polusi. Kotoran sangat beresiko untuk masuk ke pori-pori kulit.

Manfaat lainnya dari keberadaan minyak pada kulit wajah adalah untuk membantu proses peremajaan kulit, serta untuk mengatur kekenyalan kulit agar tetap bai kondisinya. Itu adalah manfaat minyak pada wajah. Akan tetpai jika jumlah minyak pada kulit wajah terlalu banyak, justru mengakibatkan timbulnya dampak buruk bagi wajah. Produksi minyak yang berlebih pada wajah memudahkan debu dan kotoran menempel pada wajah, sehingga membuat pori-ipori menjadi tertutup dan menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, berikut ini cara untuk mengatasi masalah kulit berminyak yang dapat anda lakukan untuk perawatan kulit berminyak.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

  1. Perubahan hormon dalan tubuh
    Salah satu penyebab produksi minyak berlebih pada wajah adalah perubahan hormon dalam tubuh. Seperti pada seseorang pada masa pubertas atau wanita yang sedang hamil akan mengalami keseimbangan hormon yang meningkat sehingga menyebabkan kelebihan produksi minyak.
  2. Tidak cocok menggunakan produk kecantikan
    Tidak selalu produk komestik kecantikan cocok digunakan pada semua jenis kulit. Namun jika kondisi kulitmu tidak cocok menggunakan produk kosmetik tersebut akan menyebabkan produksi minyak berlebih.
  3. Stress yang Berlebihan
    Stress berlebihan dapat memicu terjadinya depresi sehingga menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Karena ketika stres maka tubuh akan memproduksi minyak berlebihan pada kulit, hal ini disebabkan oleh bentuk respon terhadap stress.
  4. Konsumsi makanan berminyak berlebih
    Mengkonsumi makanan berminyak secara berlebihan bukan hanya buruk untuk kondisi tubuh tapi juga memicu produksi minyak berlebih. Untuk itu anda perlu mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi.
  5. Faktor Cuaca
    Penyebab kulit berminyak lainnya adalah karena faktor cuaca. Seperti pergantian cuaca yang dapat menyebabkan suhu meningkat sehingga membuat kulit memproduksi minyak secara berlebihan.
  6. Faktor genetik
    Salah satu penyebab kulit berminyak paling utama adalah faktor genetik atau karena keturunan. Jika dalam keluarga ada yang memiliki kulit berminyak, maka anda memiliki kesempatan lebih tinggi memiliki jenis kulit yang sama.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

1. Rajin Membersihkan Wajah
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi timbunan minyak berlebih adalah rajin untuk membersihkan wajah minimal 2 atau 3 kali sehari. Rutin membersihkan wajah akan membantu menghilangkan polusi dan debu yang menempel diwajah yang akan menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat. Anda dapat menggunakan sabun herbal agar kulit wajah terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Meskipun demikian, penggunaan sabun muka tidak dianjurkan sering digunakan.

Bahaya berlebihan dalam menggunakan sabun muka adalah wajah tidak memiliki perlindungan yang baik saat terkena sinar matahari. Mencuci muka menggunakan sabun khusus muka maksimal 2 kali dalam sehari. Namun mencuci muka menggunakan air saja boleh dilakukan untuk membantu membersihkan wajah dari minyak berlebih dan kotoran seperti debu, bakteri, dll yang menempel di wajah.

2. Masker Daun Seledri
Cara selanjutnya untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah adalah dengan menggunakan daun seledri, caranya dengan merebus daun seledri hingga mendidih dan tunggu hingga dingin. Setelah tidak panas, maka oleskan pada wajah secara merata. Lalu biarkan hingga meresap sepenuhnya. Setelah itu, baru bilas wajah hingga bersih, disarankan menggunakan pembersih muka.

3. Masker Jeruk Nipis
Rasa asam pada jeruk nipis juga berperan untuk membantu mengurangi minyak di wajah. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih cerah. Namun penggunakan jeruk nipis pada wajah dapat menyebabkan rasa gatal atau perih pada wajah yang berjerawat. Namun penggunaannya laka kelamaan akan hilang karena terbiasa.

4. Masker Apel dan Madu
Apel memiliki kandungan antilemak yang bermanfaat untuk menghilangkan produksi minyak berlebih di wajah. Sedangkan madu bermanfaat untuk menengakan kulit wajah. Penggunaan masker ini tidak menyebabkan rasa perih atau rasa gatal pada wajah. Cara mengatasi minyak berminyak dengan apel dan madu adalah dengan menghaluskan 1 buah madu lalu campurkan dengan 3 sendok madu, dinginkan terlebih dahulu di kulkas setelah itu oleskan secara merata diwajah, beri pijatan lembut selama 5 menit, diamkan 25 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Mentimun
Mentimun memiliki banyak kandungan air di dalamnya, yang memiliki sifat antibakterial, anti-inflamasi, dan tinggi mineral alami, yang baik bagi kesehatan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Cara mengatasi minyak berlebih dengan mentimun adalah dengan menghaluskan mentimun lalu dinginkan selama 1 jam dikulkas. Setelah itu, oleskan masker tersebut secara merata di wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Masker Tomat
Cara mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah lainnya adalah dengan menggunakan masker tomat. Caranya dengan menghaluskan tomat lalu oleskan pada wajah selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

7. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur
Jeruk nipis dan putih telur merupakan kombinasi paling pas untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah. Jeruk nipis tinggi kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu membantu kulit terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur mamou mengenyalkan wajah dan mencerahkan kulit karena tinggi protein dan sumber mikronutrien. Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Peras air dalam 1 buah jeruk nipis lalu campurkan dengan putih telur.

8. Masker Lemon
Lemon tinggi sekali kandungan antioksidan dan vitamin C, selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, maka minyak di wajah akan berkurang.

9. Masker Apel
Apel memiliki kandungan antiseptik yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga minyak yang menumpuk pada wajah dapat berkurang. Cara mengatasi minyak berlebih dengan apel adalah dengan menghaluskan apel lalu gunakan sebagai masker wajah.

10. Masker Alpukat
Alpukat memiliki kandungan karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E berfungsi untuk membantu mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari, sedangkan kandungan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

11. Masker Pisang
Pisang tinggi kandungan vitamin C yang efektif untuk menghilangkan minyak diwajah. Cara untuk menghilangkan minyak diwajah dengan pisang dengan cara menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

12. Masker Bengkoang
Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit, bengkoang juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan produksi minyak berlebih diwajah. Hal ini karena bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah. Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.

13. Masker Kacang Almond
Masker yang terbuat dari kacang almond memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah serta mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji almond kemudian tambahkan 2 sdt madu. Oleskan merata pada wajah.

14. Masker Susu
Wajah memiliki kolagen yang dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan tida mudah berkerut. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak. Cara menggunakan masker susu adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

15. Masker Yoghurt
Yoghurt adalah produk olahan susu yang mengandung kalsium dan zinc, yang berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan untuk mengatasi masalah kulit wajah. Yoghurt juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat menyehatkan wajah dan membuat bersinar secara alami.

16. Masker Oatmeal
Oatmeal kaya kandungan antioksidan yang penting untuk menjaga wajah dari radikal bebas dan dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan internal maupun eksternal bagi kulit. Cara menggunakan masker oatmeal untuk menghilangkan produksi minyak berlebih adalah dengan melumatkan oatmeal dengan air atau dengan madu lalu oleskan pada wajah secara merata.

17. Minyak Jojoba
Meskipun berbentuk minyak, minyak jojoba bekerja untuk merawat wajah berminyak dan mengurangi minyak pada wajah. Tidak hanya itu, dapat juga berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Aplikasikan minyak jojoba pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

18. Masker Madu
Cara selanjutnya untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah adalah dengan menggunakan madu. Selain itu, madu juga berperan untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati pada wajah karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah adalah dengan mengoleskan madu langsung pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

19. Masker Cuka Apel
Cuka apel memiliki rasa masam yang dapat membantu meregenerasi kulit serta mengikis sel kulit mati diwajah. Cuka apel juga bisa dijadikan sebagai toner alami, dengan cara mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

20. Masker Baking Soda
Baking soda juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit, yaitu untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak berlebih dan mengatur kadar pH kulit. Caranya adalah dengan membuat pasta dari baking soda lalu oleskan secara merata pada wajah.

21. Masker Lidah Buaya
Selain efektif untuk mencerahkan kulit wajah, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah sehingga minyak tidak akan diproduksi secara berlebihan. Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Penyebab Jerawat Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..