Cara Mengatasi Kaki Bengkak, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Posted on

Cara Mengatasi Kaki Bengkak, Penyebab dan Cara Menyembuhkan – Pembengkakan pada bagian kaki akan mengganggu akifitas kegiatan sehari-hari. Terjadinya pembengkakan juga disebabkan oleh banyak hal dan bisa diderita oleh siapa saja.

Bengkak pada kaki merupakan masalah umum yang sering terjadi dan diderita seseorang. Bengkak kaki bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari masalah yang mendasarinya. Selain karena cedera, timbulnya pembengkakan juga disebabkan ketika cairan menumpuk di jaringan yang mengarah ke pembengkakan yang dikenal dengan edema.

Penyebab Kaki Bengkak

Kaki bengkak disebabkan oleh beberapa hal, dari penyebab yang paling ringan hingga penyebab yang serius. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab kaki bengkak, antara lain:

Cedera
Salah satu penyebab pembengkakan pada kaki adalah karena cedera pada kaki dan pergelangan kaki. Cedera yang menyebabkan pembengkakan pada kaki terjadi akibat ligamen atau pita fleksibel yang menghubungkan tulang dengan tulang akan merenggang melampui batas normal, sehingga menyebabkan kaki bengkak.

Limfedema
Penyebab kaki bengkak selanjutnya yaitu akibat adanya gangguan medis seperti limfedema atau gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat cairan pada kaki sehingga menyebabkan penumpukan cairan dan membuat kaki menjadi bengkak.

Kehamilan
Penyebab kaki bengkak selanjutnya adalah efek kehamilan, dan merupakan hal normal terjadi. Kaki bengkak pada kaki dikarenakan pembuluh darah besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi yang tubuhnya kian membesar, Karena itulah, pembengkakan biasanya terjadi pada trimester terakhir.

Infeksi
Infeksi yang menyebabkan pembengkakan pada kaki biasanya akibat penyakit diabetes dan memiliki masalah pada saraf kaki. Penderita diabetes harus memperhatikan kondisi kaki agar tidak terkena cedera, lecet atau luka karena dapat memperburuk kondisi penyakit tersebut.

Pembekuan Darah
Terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah pada kaki dapat mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung menjadi terhambat sehingga memicu pembengkakan pada kaki.

Faktor Penyakit
Pembengkakan pada kaki juga menjadi salah satu indikikasi bahwa seseorang menderita penyakit ginjal, jantung dan penyakit hati. Adanya gangguan pada ginjal menyebabkan cairan menumpuk pada kaki sehingga menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Efek samping obat
Pembengkakan pada kaki juga disebabkan karena efek samping obat-obatan sepeti jenis obat diabetes, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat steroid, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral.

Penyebab lainnya seperti:

  • Berdiri terlalu lama
  • Duduk terlalu lama
  • Berkendara terlalu lama
  • Masa menstruasi

Cara Mengatasi Bengkak Kaki

Ada beberapa cara untuk membantu mengatasi kaki bengkak, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Menurunkan berat badan dapat anda lakukan untun mengatasi pembengkakan pada kaki dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.
  • Olahraga teratur dapat membantu melancarakan peredaran darah sehingga dapat mencegah pembengkakan kaki.
  • cara selanjutnya untuk mengatasi kaki bengkak adalah dengan menggunakan kaus kaki kompres yang biasa di lakukan oleh para olahragawan.
  • Cara mengurangi bengkak pada kaki selanjutnya adalah dengan menyandarkan kaki pada tempat yang lebih tinggi.
  • Merendamkan kaki pada garam epsom juga dijadikan menjadi salah satu cara untuk mengatasi bengkak kaki.
  • Mengurangi asupan garam dalam tubuh menjasi 1 sendok teh perhari dapat membantu mengurangi penumpukkan cairan pada kaki.
  • Menghindari pakaian terlalu ketat terutama pada bagian paha.
  • Mengkompres kaki bengkak dengan es yang dibalut dengan handuk.

Namun, jika bengkak kaki disebabkan karena efek dari konsumsi obat-obatan, sebaiknya anda jangan langsung berhenti mengkonsumsi tanpa seizin obat. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Mengatasi Kaki Bengkak, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..