15 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Paling Efektif Menyembuhkan

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil – Kaki bengkak pada masa kehamilan sebenarnya adalah hal yang normal terjadi. Pada umumnya ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada bagian lutut kebawah, namun ada pula yang mengalami pembengkakan pada wajah atau tangan.

Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa kehamilan. Pelepasan hormon-hormon selama kehamilan dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam (natrium).

Dalam dunia medis pembengkakan pada masa kehamilan disebut dengan edema perifer (peripheral edema). Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan atau adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah kapiler yang mengakibatkan cairan merembes dari kapiler ke jaringan organ sekitarnya sehingga menyebabkan pembengkakan pada area seperti sekitar kaki, atau pergelangan tangan.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Kehamilan

Penyebab bengkak kaki pada masa kehamilan dapat disebabkan oleh faktor dari luar tubuh dan dari dalam tubuh, berikut beberapa penyabab pembengkakan kaki pada masalah kehamilan, antara lain:

Faktor Dalam dari Tubuh

  • Pada proses kehamilan terjadi peningkatan jumlah cairan yang diproduksi dan disimpan dalam tubuh serta adanya tambahan daya gravitasi dalam tubuh sehingga menyebabkan daerah sekitar kaki menjadi bengkak.
  • Terjadi hambatan pada peredaran darah terkait dengan berkembangnya rahim sehingga sirkulasi darah yang kembali kejantung menjadi kurang lancar dan menyebabkan kaki menjadi bengkak.
  • Pada masa kehamilan akan terjadi perubahan dalam tubuh ibu, hal tersebut juga dapat dijadikan salah satu penyebab kaki bengkak.

Faktor Luar dari Tubuh

  • Aktivitas ibu hamil yang terlalu padat seperti berdiri atau duduk dalam waktu lama juga menjadi penyebab kaki menjadi bengkak.
  • Ibu hamil sering mengkonsumsi kafein dan konsumsi garam dalam jumlah tinggi.
  • Ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan dengan kandungan potassium.
  • Kondisi cuaca yang panas juga menjadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

  1. Hindari terlalu lama berdiri, karena pada posisi tersebut kaki akan menerima beban dari berat badan secara berlebihan. Semakin lama berdiri makan kaki akan semakin berat menopang tubuh ibu hamil. Selain menyebabkan kali menjadi pegal, berdiri terlalu lama juga menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak.
  2. Ibu harus sering bergerak, selain untuk mempermudah proses persalinan, serinng bergerak seperti jalan di pagi hari sangat baik untuk mengatasi kaki bengkak. Selain itu, sering bergerak juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh khususnya pada bagian kaki.
  3. Meninggikan posisi kaki saat tidur efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah dari kaki sehingga efektik untuk membantu mengatasi masalah kaki bengkak pada masa kehamilan.
  4. Selalu gunakan alas kaki yang nyaman pada masa kehamilan, hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah yang mengalir pada kaki.
  5. Perbanyak minum air putih juga penting dilakukan untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi serta membantu melancarkan cairan yang tertimbun pada kaki.
  6. Ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi garam, karena konsumsi garam yang berlebihan dapat memicu terjadinya pembengkakan. Hal ini menyebabkan timbunan cairan yang terdapat pada kaki menjadi semakin banyak.
  7. Saat duduk sebaiknya angkat kaki dan tungkai lebih tinggi, cara ini untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada kaki yang mengganggu peredaran darah dan menyebabkan pembengkakan pada kaki semakin parah.
  8. Pada masa kehamilan sebaiknya anda tidak menyilangkan kaki karena hal tersebut dapat menyebabkan peredaran darah yang menuju kaki menjadi terganggu dan tersumbat sehingga menyebabkan bengkak kaki.
  9. Kurangi menggunakan sepatu dengan hal tinggi, upayakan menggunakan sepatu yang nyaman.
  10. Hindari menggunakan kaos kaki atau stocking yang terlalu ketat karena membuat peredaran darah menjadi tidak lancar.
  11. Istirahatkan tubuh dengan posisi badan menyamping ke sebelah kiri.
  12. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan tinggi pottasium seperti bayam, kentang, alpukat, pisang dan ikan salmon.
  13. Kompres kaki dengan air dingin untuk membantu melancarkan peredaran darah yang mengalir pada kaki.
  14. Hindari konsumsi makanan junk food karena mengandung tinggi sodium.
  15. Hindari menggunakan celanan ketat seperti jeans. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu juga dapat menyebabkan peredaran darah pada kaki menjadi tidak lancar dan terhambat sehingga menyebabkan pembengkakan.

Selama masa kehamilan, sangat penting melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk memastikan kesehatan sang ibu dan janin. Pemeriksaan tersebut juga bermanfaat untuk mendeteksi secara dini penyebab kaki bengkak dan anda dapat melakukan perawatan dengan tepat.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..