26 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Tepat Paling Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat – Hidung tersumbat akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari karena kita kesulitan untuk bernapas. Apalagi pada saat waktu tidur, hidung yang tersumbat membuat kita kewalahan karena tidur menjadi tidak nyenyak .

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah pada sekitar hidung menjadi bengkak akibat cairan berlebih. Kondisi hidung yang tersumbat biasanya juga disertai dengan keluarnya cairan ingus. Kondisi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat diantaranya seperti pilek, flu, alergi dan sinusitis.

Namun terdapat beberapa faktor penyebab lainnya yang mengakibatkan hidung terseumbat seperti rhinitis non-alergi, polip hidung, tumor, sindrom churg-strauss, septum yang menyimpang, kelenjar gondok yang membesar, gangguan kelenjar tiroid, asma, dan lain-lainya.

Selain itu penyebab hidung tersumbat lainnya yaitu pada masa kehamilan, biasanya dimulai pada akhir trimester pertama. Hidung tersumbat disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama proses kehamilan. Perubahan in imemperngaruhi pada membran hidung yang menjadi meradang, menjadi kering atau sering berdarah.

Setelah kita ketahui tentang penyebab masalah hidung tersumbat, selengkapnya kita ketahui tentang cara mengatasi hidung terseumbat dengan tepat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Tepat

Menjaga kelembaban saluran hidung dan sinus merupakan salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan ketika mengalami hidung tersumbat. Simak beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi hidung tersumbat secara alami yang dapat anda lakukan dirumah.

1. Perbanyak minum cairan
Dengan memperbanyak minum akan membantu mengencerkan lendir dan mungkin dapat mencegah sinus terumbat. Banyak konsumsi cairan juga bisa untuk menjaga kondisi tenggorokan menjadi tetap lembab.

2. Sering sering membuang ingus
Sering buang ingus sangat penting dilakukan dengan teratur jika anda mengalami hidung tersumbat. Usahakan untuk mengeluarkan ingus secara perlahan dengan menutup aliran udara dengan jari disatu lubang hidung ketika membuang ingus dengan lubang satunya. Hindari mengeluarkan ingus dengan kasar karena akan membawa kuman kembali ke telinga.

3. Menghirup uap hangat
Cara selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan menghirup uap panas pada mangkok atau baskom. Namun hati-hati untuk melakukan cara ini, karena jika uap terlalu panas bisa membuat hidung melepuh.

4. Mandi dengan air hangat
Selain dengan menggunakan uap hangat, mandi dengan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan membuat hidung menjadi lebih lega.

5. Mencuci hidung dengan larutan garam
Metode ini efektif untuk menghilangkan virus dan bakteri yang berada pada hidung tersumbat. Caranya dengan membuat larutan air garam dan baking soda. Bahan yang digunakan yaitu 2sdt garam dan 1sdt baking soda, aduk kedua bahan tersebut lalu simpan pada tempat kedap udara. Untuk membuat larutan, ambil campuran tersebut sebanyak 1sdt lalu masukkan ke dalam 230 ml air hangat. Isi larutan ini ke dalam syringe atau neti pot. Kemudian posisikan kepala bersandar pada wastafel sambil memiringkan kepala. Tuang larutan tersebut kesalah satu lubang hidung, lalu biarkan larutan tersebut mengalir dari lubang sebelahnya.

6. Konsumsi minuman hangat
Dengan mengkonsumsi minuman hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat serta menenangkan selaput yang meradang dan mencegah dehidrasi. Anda dapat mengkonsumsi teh herba yang dicampur dengan 1sdt madu lalu meminumnya dalam kondisi panas sedikit demi sedikit. Untuk meringankan tidur anda, ada baiknya konsumsi teh herba ini pada malam hari.

7. Posisikan tidur dengan bantal tinggi
Agar tidur lebih nyenyak dengan kondisi hidung yang tersumbat, anda dapat tidur dengan posisi tidur lebih tinggi seperti biasanya seperti menumpukkan 2 bantal sekaligus, sehingga sedikit melegakan hidung yang tersumbat.

8. Minum jus jeruk hangat
Cara mudah untuk melegakan hidung yang tersumbat yaitu dengan mengkonsumsi minuman jeruk hangat yang dicampur dengan madu. Selain melegakan, minuman ini juga mampu menjaga kekebalan tubuh.

9. Konsumsi makanan pedas
Mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas merupakan cara terbaik untuk mengeluarkan ingus dengan sendirinya. Dengan makan pedas maka lendir akan mengalir keluar sendiri. Lalu bersihkan lendir tersebut dan nafas akan menjadi lebih lega.

10. Steaming dengan Kayu putih
Cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan menggunakan kayu putih. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes kayu putih pada semangkok air panas lalu hirup uap nya selama 10 menit dan hidung akan terasa lebih lega.

11. Berkumur dengan air garam
Cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat dengan air garam yaitu dengan melarutkan air garam. Lalu gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur sehingga akan mengalirkan lendir dan akan membuka sumbatan pada hidung anda.

12. Mengatasi hidung tersumbat dengan bawang
Cara melegakan hidung tersumbat selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang merah. Cuci satu atau dua bawang merah lalu iris tipis lalu cium irisan bawang tersebut. Jika dilakukan secara rutin akan membuat hidung menjadi lebih lega.

13. Hirup inhaler, balsem atau minyak angin
Minyak angin, inhaler dan balsem rata-rata mengandung menthol, eucalyptus, dan kamper yang diyakini mampu membantu mengurangi hidung tersumbat. Cara menggunakannya cukup simpel yaitu dengan menghirup dari wadahnya atau oles tipis tepat bawah lubang hidung dan oleskan disekitar leher.

14. Memanfaatkan uap dari rice cooker
Cara mengatasi hidung tersumbat ini mirip dengan fungsi uap air yaitu dengan menyiapkan air kedalam rice cooker lalu beri beberapa tetes minyak kayu putih dan nyalakan rice cooker seperti hendak memasak nasi. Setelah air mendidih manfaatkan uap tersebut untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup-hirup uap dari rice cooker.

15. Oleeskan minyak kayu putih
Selain dihirup untuk melegakan hidung tersumbat, memberikan minyak kayu putih pada bagian tubuh seperi pada dada, punggung, punggung dan bagian bawah hidung juga efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu rasa hangat yang dihasilkan dari minyak kayu putih dapat melegakan tenggorokan.

16. Gunakan alat pelembab udara (humidifier)
Humidifier adalah alat yang digunakan untuk melembabkan ruangan, humidifier bekerja seperti terapi uap namun lebih simple dan praktis. Udara yang lembab akan membuat hidung mengeluarkan cairan dan rongga hidung tidak tersumbat lagi. Selain itu humidifier juga bekerja membunuh bakteri dan virus yang berkeliaran di ruangan yang kering dan berdebu.

17. Konsumsi Soup Hangat
Mengkonsumsi makanan sehat akan membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan. Untuk anda yang mengalami hidung tersumbat, mengkonsusumsi soup hangat akan membuat hidung menjadi lega karena efek hangat pada soup yang mampu melegakan saluran pernapasan.

18. Konsumsi teh herbal
Selain jeruk hangat, jenis minuman yang pas untuk anda konsumsi ketika hidung tersumbat adalah teh herbal. Teh herbal bekerja membantu mengencerkan lendir dalam saluran pernapasan sehingga membuat hidung menjadi cepat lega.

19. Konsumsi minuman jahe
Saat hidung tersumbat, konsumsi minuman jahe dapat anda lakukan untuk menghilangkan masalah penyumbatan pada hidung. Caranya sangat mudah anda hanya membuat minuman jahe seperti biasanya yaitu merebus jahe dan tambahkan gula atau madu secukupnya.

20. Hirup zat aromatik
Zat aromatik bisa didapatkan dari alat steam vaporizer. Alat steam vaporizer akan meringankan hidung tersumbat serta menciptakan aroma alami menjelang tidur sehingga pileknya akan berkurang.

21. Teteskan aroma minyak ecalyptus pada bantal
Aroma pada bantal yang wangi akan memberikan efek terapi pada saat tidur. Jika tidak ada minyak ecalyptus, gunakan saja minyak kayu putih atau minyak semacamnya. Dengan aroma yang segar akan membuat anda lebih nyaman ketika tidur dan hidung menjadi sedikit lega.

22. Beri terapi pijatan
Cara berikutnya untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan memberikan terapi pijatan pada hidung. Caranya dengan tempelkan kedua jari tengah Anda ke bagian atas hidung hidung (daerah persis di bawah kedua alis mata), lalu tempelkan ujung lidah Anda dengan sedikit penekanan pada langit langit-langit mulut. Kemudian mulailah menekan bagian atas hidung dengan kedua jari tengah kanan dan kiri dan tahan selama kurang lebih 20 detik sambil menekan langit-langit mulut dengan lidah. Setelah 20 detik, lepaskan penekanan oleh jari dan lidah secara bersama-sama dan relaksasikan. Lakukan cara ini secara berulang-ulang maka akan cepat melegakan hidung yang mampet.

23. Konsumsi vitamin C
Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga sering terserang penyakit. Cara efektif untuk tetap menjaga tubuh tetap fit yaiu dengan memperbanyak asupan vitamin C. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti mengkonsumsi buah jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, tomat, buah kiwi, belimbing, dan buah naga. Konsumsi perasan air jeruk nipis atau lemon juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

24. Konsumsi obat dekongestan
Dekongestan berkerja dengan cepat untuk mengatasi gejala pilek. Anda dapat mengkonsumsi dekongestan dapal bentuk teblet, kapsul atau dalam bentuk semprotan nasal. Namun untuk anda yang mengalami gangguan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, sulit buang air kecil atau glaukoma dilarang untuk mengkonsumsi produk dekongestan atau konsultasikan etrlebih dahulu kepada dokter ahli. Perlu diperhatikan penggunaan semprotan nasal sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 3 hari karena jika digunakan secara berlebihan justru akan memperburuk kondisi hidung tersumbat. Produk dekongestan seperti nafazolin (Privine), oksimetazolin (Afrin), atau fenileprin (Neo-Synephrine, Sinex, Rhinall) .

25. Konsumsi obat alergi
Hidung tersumbat dapat disebabkan karena adanya alergi seperti menjadi gatal-gatal dan mata berair. Untuk meredakannya anda dapat mencoba mengatasinya dengan Benadryl, Claritin, Zyrtec, atau CTM. [13] Selain itu, tersedia pula produk kombinasi antihistamin dan dekongestan yang cukup efektif dalam meredakan alergi.

26. Konsultasikan dengan Dokter ahli
Jika hidung tersumbat yang anda alami belum pulih setelah melakukan banyak pengobatan sendiri, sebaiknya anda kunjungi dokter dan konsultasikan masalah yang anda alami untuk segera mendapatkan saran terkait pengobatan yang cocok untuk menangani masalah anda.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Hidung Tersumbat . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.