36 Cara Mengatasi Demam Berdarah Secara Alami Tanpa Opname Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengatasi Demam Berdarah Secara Alami – Demam berdarah adalah jenis penyakit yang disebabkan terinfeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Jika dibiarkan tanpa adanya penanganan dokter, penyakit ini sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani dengan serius karena dapat menyebabkan kematian.

Demam berdarah ditandai dengan terjadinya perubahan suhu tubuh penderita yang sangat tinggi, disertai dengan sakit kepala, nyrei sendi, nyeri otot , nyeri pada tulang serta nyeri pada bagian belakang mata. Sedangkan pada gejala DBD yang tergolong parah biasanya akan terjadi komplikasi pada kerusakan pembuluh darah, kelenjar getah bening, napas terengah-engah, pembengkakan pada organ hati yang menyebabkan perut terasa sangat nyeri.

Cara Mengatasi Demam Berdarah

Demam berdarah dapat disembuhkan dengan melakukan beberapa cara. Berikut beberapa cara pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengobati demam berdarah:

  1. Banyak istirahat
  2. Banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan mengganti cairan dalam tubuh yang terbuang akibat gejala yang ditimbulkan dari DBD
  3. Untuk meredakan nyeri konsumsi parasetamol dan acetaminophen
  4. Untuk sementara waktu berhenti sejenak dari aktivitas hingga tubuh benar-benar pulih

Cara Mengobatai Deman Berdarah Secara Alami

1. Bawang Putih
Pada penderita demam berdarah, bawang putih berkhasiat untuk membantu meningkatkan trombosit pada tubuh. Bawang putih juga memiliki anti inflamasi yaang bermanfaat untuk memperkecil resiko komplikasi dan peradangan dalam tubuh yang disebabkan karena infeksi virus demam berdarah. Cara mengobati demam berdarah dengan bawnag putih yaitu dengan mengkonsumsi secara langsung bawang putih, meskipun memiliki rasa yang tidak enak dan memberikan efek panas pada tenggorokan namuan bawang putih efektif untuk mengatasi demam berdarah.

2. Buah Bit
Buah Bit bermanfaat untuk membantu mengobati demam berdarah. Buah bit berkhasiat untuk menambah jumlah trombosit pda darah dan mengobati anemia. Konsumsi buah bit seara teratur untuk mengembalikan kekuatan sistem imun dalam melawan virus demam berdarah.

3. Buah Kurma
Buah kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang juga berkhasiat meningkatkan jumlah trombosit daram darah. Anda dapat mengkonsumsi kurma secara langsung atau dengan dibuat selai untuk olesan roti. Jika anda tidak menemukan kurma, anda juga dapat mengkonsumsi selai kurma yang banyak dijual dipasaran.

4. Buah Pepaya
Buah pepaya juga berkhasiat untuk mengatasi masalah demam berdarah. Buah pepaya berkhasiat untuk mengembalikan jumlah trombosit dalam darah dan menyembuhkan demam berdarah. Sedangkan kandungan vitamin C dapat membantu mengembalikan sistem imun dalam tubuh yang dirusak oleh virus demam berdarah.

5. Buah Delima
Buah delima memiliki kandungan zat besi yang efektif untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Sedangkan nutrisi lainnya baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Untuk itu mengkonsumi buah delima secara rutin dapat menyembuhkan demam berdarah.

6. Buah Jambu Biji
Buah jambu biji dari dulu menjadi andalan untuk dikonsumsi oleh penderita demam berdarah. Jambu biji tinggi akan kandungan vitamin C yang efektif untuk membantu memperbaiki jumlah trombosit dalam darah sehingga tubuh akan terasa lebih baik. Anda dapat mengkonsumsi buah jambu biji secara langsung atau dnegan membuatnya jus jambu biji.

7. Daun Meniran
Daun meniran menjadi salah satu bahan untuk mengobati demam berdarah, hal tersebut karena daun meniran mengandung senyawa flavonoid yang cukup intens untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Cara mengobati demam berdarah dengan daun meniran adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun meniran dengan rutin.

8. Rimpang Kunyit
Rimpang kunyit memang banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh, karena itulah dari sejak dahulu kunyit sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu. Ramuan kunyit bermanfaat untuk membunuh kuman dalam tubuh karean bersifat anti-inflamasi. Kunyit juga akan menjadi antioksidan alami yang berfungsi untuk membubuh virus dalam tubuh. Karena itupula kunyit dapat digunakan sebagai salah satu ramuan untuk membantu mengobtai masalah demam berdarah.

9. Rimpang Temu ireng
Rimpang temu ireng sering digunakan untuk mengatasi masalah gangguan pada organ hati. Alasan tersebut juga yang membuat temu ireng dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah demam berdarah karena demam berdarah dapat juga menyerang hati menjadi rusak dan terjadi komplikasi.

10. Daun Dewa
Cara untuk mengobati demam berdarah lainnya dalah dengan mengunakan daun dewa. Daun dewa bisa dikonsumsi dengan merebusnya, lalu mengonsumsi air rebusannya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin hingga gejala dari demam berdarah bisa perlahan-lahan berkurang dan demam berdarah bisa sembuh.

11. Daun Jambu Biji
Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam berdarah. Daun jambu biji memiliki kandungan tanin yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Selain itu, daun jambu biji juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Caramengkonsumsinya dengan merebus daun jambu biji atau dengan mengkonsumsi kapsul ekstrax daun jambu biji.

12. Daun Pepaya
Daun pepaya memiliki kandungan papain yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai lalapan atau dibuat jus.

13. Angkak
Angkak adalah beras berwarna merah yang diolah dengan melakukan sistem fermentasi. Angkak sering digunakan untuk membantu mengobati demam berdarah. Angkak berkhasiat untuk membantu meningkatkan kadar trombosit secara signifikan sehingga sangat efektif untuk membantu mengobati demam berdarah. Jika anda kesulitan untuk mencari angkak, saat ini sudah banyak dijual ditoko toko obat ekstrax angkak.

14. Buah Kiwi
Kiwi kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin C, E, K, folat, dan potasium. Dengan kadar potasium yang tinggi, maka mengonsumsinya akan memelihara keseimbangan elektrolit yang berdampak positif untuk meningkatkan jumlah trombosit.

15. Air Kelapa Muda
Penderita demam berdarah biasanya akan cepat merasa dehidrasi. Air kelapa bertugas untuk menggantikan mineral dalam cairan tubuh yang hilang akibat dema berdarah. Usahakan untuk minum air kelapa murni dan hindari minum air kelapa kemasan karena sudah daa pengawet didalamnya.

16. Daun Kemangi
Daun kemangi kaya dengan nutrisi penting, mineral, dan vitamin, selain itu daun kemangi tidak mengandung kolesterol. Daun kemangi mampu melancarkan aliran darah dan membantu pembuluh darah serta jantungnya secara rileks. Karena itu, daun kemangi juga dapat bermanfaat untuk mengobati demam berdarah.

17. Jus Jeruk
Jeruk yang kaya vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan yang baik untuk penderita demam berdarah. Khasiat jeruk lainnya saat di buat jus ternyata jus jeruk memiliki sifat penyembuhan. Jeruk juga dapat mengobati anemia.

18. Jus Lemon
Selain jeruk, jus lemon juga dapat anda konsumsi untuk membantu regenerasi keping darah yang menciptakan trobosit pada tubuh. Sehingga trombosit akan lebih mudah dipenuhi kebutuhannya.

19. Susu
Selain memang baik untuk dikonsumsi, susu juga dapat anda konsumsi untuk mengatasi masalah demam berdarah untuk meningkatkan albumim dalam darah.

20. Teh Herbal
Teh herbal berguna untuk membantu meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kepingan darah dalam tubuh. Karena itulah, teh herbal baik untuk dikonsumsi penderita demam berdarah.

21. Sayuran Hijau
Pada sayuran hijau banyak mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Vitamin K dapat anda temui pada bayam, sawi, kangkung , kale dan lainnya.

22. Hati
Mengkonsumsi hati seperti hati ayam, hati sapi atau hati kambing juga dapat anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

23. Gandum
Cara efektif untuk membantu meningkatkan kembali kadar trombosit dalam darah adalah dengan mengkonsumsi gandum. Gandum mengandung banyak serat, mineral, vitamin dan juga nutrisi yang lebih baik daripada nasi.

Cara Mencegah Deman Berdarah

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah demam berdarah tidak mendekati anda, antaranya :

  1. Ciptakan kondisi rumah yang bersih dari genangan air
  2. Bersihkan bagian dalam tumah dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk
  3. Rutin bersihkan bak mandi dan taburkan serbuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk
  4. Pasang kawat atau jaring anti nyamuk pada seluruh ventilasi udara
  5. Pasang kelambu pada ranjang tidur anda
  6. Gunakan lotion antinyamuk
  7. Gunakan baju longgar untuk menghindari gigitan nyamuk
  8. Bersihkan lingkungan sekitar secara gotong royong
  9. Lakukan pengasapan atau fogging untuk mensterilkan lingkungan dari nyamuk dan jentik nyamuk.

Pengobatan demam berdarah ini dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter, karena pada penderita demma berdarah tidak memiliki gejala yang sama. Karena itu, masalah demam berdarah harus tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.  Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Demam Berdarah.   Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.