20 Cara Mengatasi Cantengan Pada Kuku dengan Cara Alami dan Tindakan Medis (AMPUH)

Posted on

Cara Mengatasi Cantengan Pada Kuku –┬áCantengan atau dikenal dengan ingrown toenail adalah kondisi peradangan yang terjadi pada sudut kuku bagian jempol pada kaki maupun tangan. Cantengan biasanya ditandai dengan kondisi sudut jari yang membengkak, berwarna kemerahan, terasa nyeri dan sakit yang diakibatkan karena pertumbuhan kuku yang menjorok kedalam sehingga melukai kulit dalam. Normalnya kuku tumbuh lurus kedepan, namun pad kondisi cantengan kuku tumbuh menjorok kedalam sehingga terjadi cantengan yang menyebabkan jaringan kulit tertusuk oleh kuku dan akibatnya timbul peradangan dan infeksi. Dalam bahasa kedokteran cantengan disebut dengan Onychoryptosis.

Akibat yang ditimbulkan dari cantengan sangat tidak membuat nyaman bagi penderita, rasa sakit dan nyeri membuat penderita harus ekstra hati-hati untuk merawatnya. Agar lebih mengetahui tentang masalah Cantengan, simak penjelasan lebih lengkap tentang cantengan.

Penyebab Cantengan

Faktor yang menyebabkan munculnya cantengan sebenarnya karena adanya trauma akibat memotong kuku terlalu pendek atau karena benda asing pada bagian samping batas antara kuku dan kulit yang menyebabkan terjadinya peradangan hingga infeksi. Peradangan tersebut membuat jaringan kulit menjadi lunak dan jaringan kuku menjadi lebih tebal dan terpacu untuk terus tumbuh tidak beraturan. Kedua alasan tersebut yang akhirnya menyebabkan munculnya cantengan, kondisi ini biasanya sering terjadi pada kuku-kuku besar seperti jempol kaku dan jempol tangan.

Gejala Cantengan

Gejala yang diakibatkan karena timbulnya cantengan meliputi bengkak pada bagian sudut kuku serta warna kemerahan, adanya penumpukan cairan dan keluar nanah, jempol terasa sakit apalagi bila tersenggol, terasa cenut-cenut. Luka akibat cantengan menimbulkan infeksi dan area sekitar luka mengalami peradangan dan tumbuh tidak normal.

Cara Penanganan Cantengan

1. Rendam dengan air hangat dan garam
Cara mengatasi cantengan paling sederhana adalah dengan merendamkan kaki pada baskom yang telah di isi dengan air hangat dan garam. Garam bekerja untuk menetralisir bakteri penyebab cantengan dan menringankan nyeri pada pembengkakan disela-sela kuku. Rendam kuku yang cantengan selama 15 menit agar khasiat dari garam dan air hangat meresap dan bakteri akan terbunuh.

2. Jahe dan minyak kelapa
Cara lain untuk mengatasi cantengan yaitu dengan menggunakan jahe dan minyak kelapa. Caranya dengan menghaluskan jahe lalu campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada kuku yang cantengan. Ramuan ini ampuh untuk mengatasi nyeri akibat kuku cantengan hingga mengurangi pembengkakan bahkan mampu melunakkan nanah agar mudah dikeluarkan.

3. Bawang putih dan kunyit
Bawang memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi cantengan. Caranya dengan menghaluskan kunyit dan bawang putih lalu tempelkan ramuan tersebut pada kuku cantengan dan tutup luka dengan kain kasa. Ramuan ini bekerja untuk menekan perkembangan bakteri penyebab cantengan, mengempiskan pembengkakan dan meredakan peradangan.

4. Bawang merah dan minyak kelapa
Ramuan selanjutnya untuk mengatasi cantengan yaitu dengan bawang merah. Cara yang dilakukan juga sama yaitu dengan menghaluskan bawang lalu campur dengan minyak kelapa dan gunakan sebagai obat oleh pada kuku cantengan. Ramuan ini juga aman digunakan pada anak-anak yang terkena kuku cantengan. Ramuan ini ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang berdenyut pada kuku.

5. Daun Gandarusa dan air kunyit
Cara yang dilakukan untuk mengatasi cantengan dengan daun gandarusa yaitu dengan merebus daun gandarusa lalu ambil air rebusan dan campurkan dengan tetesan air kunyit. Setelah tercampur rendam kuku dengan ramuan tersebut secara rutin hingga cantengan pulih.

6. Daun pacar, gula aren dan jeruk nipis
Daun pacar ternyata ampuh untuk mengatasi masalah kuku cantengan, cara yang dilakukan untuk mengatasi kuku cantengan dengan daun pcar yaitu dengan menumbuk halus daun pacar lalu campurkan dengan gula aren dan perasan jeruk nipis. Aduk dan balurkan ramuan ini pada kuku cantengan untuk meredakan pembengkakan dan bernanah akibat cantengan.

7. Daun dewa
cara selanjutnya untuk mengatasi cantengan yaitu dengan menggunakan daun dewa. Cara pengobatannya dengan menghaluskan daun dewa lalu bubuhkan daun dewa yang sudah halus pada kuku cantengan. Bungkus kuku dengan menggunakan kain kasa agar ramuan cepat meresap. Fungsi pengobatan ini yaitu untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan karena cantengan.

8. Cuka sari apel
Cara lain untuk mengobati kuku cantengan yaitu dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel bekerja untuk meredakan rasa nyeri dan memblokir infeksi yang terjadi pada kuku cantengan. Cara yang digunakan sangat mudah yaitu dengan mengoleskan cuka sari apel pada kuku secara rutin.

9. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh cuka dapat anda gunakna untuk meredakan rasa sakit akibat cantengan. Minyak ppohon teh bekerja sebagai antioksidan yang aktif dan sebagai desinfektan alami yang kuat karena dapat membunuh bakteri, kuman dan mikroorganisme lain penyebab munculnya cantengan. Cara pengobatannya cukup sederhana yaitu dengan meneteskan minyak pohon teh pada kuku cantengan secara rutin.

10. Daun tempuh wiyang
Daun tempuh wiyang memiliki zat anti radang dan efektif untuk mengobati kuku cantengan. Cara pengobatannya yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun tempuh wiyang lalu haluskan lalu tempelkan pada kuku yang cantengan dan balut dengan kain tipis yang bertujuan agar khasiat dari tempuh wiyang meresap secara maksimal.

11. Perasan Lemon
Air perasan lemon memiliki zat anti radang, anti oksidan tinggi dan antiseptik yang baik untuk menyembuhkan kuku cantengan. Air lemon juga efektif juga efektif untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada kuku cantengan. Cara mengatasinya yaitu dengan mengoleskan perasan air lemon pada kuku cantengan, lalu beri sedikit tekanan sehingga akan mempermudah keluarnya nanah pada cantengan.

12. Potong kuku yang menyebabkan cantengan
Jika memungkinkan , anda dapat melakukan tindakan yang sedikit menyakitkan yaitu dengan memotong sedikit kuku yang tumbuh kedalam sehingga menimbulkan cedera pada kuku yang mengakibatkan munculnya cantengan. Cara ini dilakukan untuk mengatasi rasa trauma atau rasa sakit pada kulit bagian kuku yang menusuk sehingga mengenai area kulit dalam.

13. Beri obat penghilang rasa sakit
Selain didapatkan oleh resep Dokter, obat penghilang rasa sakit pada kuku cantengan dapat anda dapatkan di apokit terdekat. Contoh obat penghilang rasa sakit pada kuku cantengan seperti Ibuprofen, Paracetanmol dan asam mefenamat yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat infeksi cantengan. Obat tersebut juga dapat digunakna untuk meredakan demam yang ditimbulkan. Pemberian obat penghilang rasa sakit pada kuku cantenganjuga bisa dikolaborasikan dengan pengobatan cara alami.

14. Beri Antibiotik
Antibiotik diberikan untuk meredakan rasa sakit dan mengurasngi peradangan akibat kuku cantengan agar tidak menjadi lebih parah. Penggunaan antibiotik untuk kuku cantengan juga bermanfaat untuk melunakkan kuku sehingga pengeluaran nanah dapat lebih mudah dilakukan tanpa rasa sakit yang berlebihan.

15. Pemberian Rivanol
Cara selanjutnya untuk mengatasi kuku cantengan yaitu dengan menggunakan rivanol. Cairan rivanol terbukti memiliki kandungan zat antiseptik aktif yang bekerja untuk mengendalikan jaringan yang bernanah agar tidak meluas. Cara pengobatannya yaitu dengan mengkompreskan cairan rivanol pada kuku cantengan. Rivanol juga bekerja untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada kuku.

16. Beri krim dengan kandungan gentamicin dan klindamicin
Menggunakan olesan krim topikal khusus untuk penyembuhan kuku cantengan berguna untuk mengurangi efek panas akibat cantenga yang tidak kunjung sembuh. Krim yang digunakan adalah krim yang mengandung senyawa aktif gentamisin dan klindamisin.

17. Pemberian tindakan insisi dan drainase
Jika dengan cara diatas belum membuahkan hasil, dan cantengan belum disembuhkan, biasanya dokter mengambil tindakan dengan melakukan Insisi (sayatan kecil) dan Drainase (pengeluarkan nanah) secara tuntas dari pembengkakan infeksi. Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter dan menggunakan alat-alat steril.

18. Pengangkatan Kuku
Bila kuku yang tumbuh kesamping hanya sedikit dan hanya menimbulkan gejala kulit menjadi kemerahan serta rasa nyeri dan tidak menimbulkan nanah, biasanya Dokter akan melakukan tindakan mengangkat sebagaian kuku untuk membantu kuku tumbuh secara normal dan tidak menimbulkan trauma dan infeksi pada kulit.

19. Membuang sebagian kuku
Bila kuku yang tumbu lebih dalam sehingga menimbulkan gejala lebih parah, kulit kemerahan, nyeri dan bernanah, Dokter biasanya akan melakukan tindakan memangkas dan membuang bagai kuku yang menancap atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan Onycotomy Partial (Partial Extraction of the Nail) sehingga jaringan disekitarnya terbebas dari tancapan kuku. Sebelum melakukan prosedur ini, tentunya dilakukanpembiusan lokal agar tidak terasa sakit.

20. Tindakan mencabut kuku
Bila kondisi kuku cantengan semakin parah dan biasanya terjadi berulang, biasanya Dokter akan melakukan tindakan pencabutan kuku. Tindakan ini bertujuan agar kuku tumbuh kembali dengan normal. Sebelum melakukan tindakan ini dokter akan melakukan pembiusan lokal.

Cara Mencegah Terjadinya Cantengan

Simak beberapa tips berikut ini tentang cara mencegah munculnya kuku cantengan kembali

  1. Hindari menggigit kuku jari tangan untuk mencegah trauma pada kulit dengan kuku dan menghindari bentuk kuku yang tumbuh tidak beraturan.
  2. Rutin untuk memotong kuku dan sebaiknya memotong kuku jangan terlalu pendek karena dapat menimbulkan trauma dan luka pada kulit kuku. Luka yang terjadi pada kulit kuku akan membuat kuman dan bakteri lebih mudah masuk.
  3. Khusus pada kuku jari kaki, usahakan memotong dengan lurus dan rata, hindari membentuk kurva pada kedua tepi, karena akan membuat kuku tumbuh menusuk kedalam sehingga lebih rentan untuk terkena cantengan.
  4.  Hindari menggunakan saepatu sempit karena akan menimbulkan tekanan yang akan membuat trauma jari dan tepi kuku sehingga mampu membuat kuku tumbuh ke dalam.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Kuku Cantengan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.