35 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi, Anak dan Dewasa dengan Tepat dan Efektif

Posted on

Cara Mengatasi Biang Keringat – Biang keringat atau dalam istilah disebut dengan miliaria adlaah ruam kecil berwarna merah dan menonjol pada bagian kulit yang menyebabkan rasa panas menyengat hingga rasa perih. Pada bayi, kondisi ini disebut dengan ruam panas, tidak hanya bayi orang dewasa juga kerap mengalami biang keringat ketika cuaca sedang panas atau pada suhu lembab. Pada umumnya biang keringat muncul pada bagian lipatan leher, punggung, lipatan paha, dan lipatan dada.

Timbulnya biang keringat disebabkan karena tersumbatnya pori-pori pada saluran keringat yang menyumbat keluarnya keringat. Selain itu penggunakan jenis pakaian yang tidak meresap keringat juga dapat menyebabkan timbulnya biang keringat.

Jenis Biang Keringat

Kulit terdiri dari dua jenis kelenjar, satu kelenjar untuk menghasilkan minyak dan satu kelenjar untuk menghasilkan keringat. Biang keringat timbul akibat kelenjar keringat menyumbat beberapa bagian kulit. Biang keringat terdiri dari:

  1. Miliaria crystallina : Jenis biang keringan paling ringan karena hanya ruam pada kulit paling luar, hanya terlihat lecet dan kulit menjadi kemerahan.
  2. Deeper miliaria rubra : Jenis biang keringat pada tingkatan lebih tinggi karena biang keringat ini masuk ke dalam lapisan kulit hidup sehingga mulau mengganggu dengan adanya rasa gatal dan panas.
  3. Miliaria pustulosais : Jenis biang keringat akibat komplikasi dari Deeper miliaria purba. Dalam kasus ini biang keringat terinfeksi bakteri piogenik dan berubah menjadi nanah.
  4. Miliaria profunda : Jenis biang keringat paling jarang terjadi, pada jenis ini akan berdampak pada dermis atau lapisan kulit paling dalam. Biang keringat jenis ini biasanya sering muncul pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan bany keringat. Miliaria profunda muncul dengan adanya bintik berwarna merah yang memiliki ukuran lebih besar dan lebih keras.

Gejala Biang Keringat

Gejala biang keringat pada umumnya adalah munculnya bintil-bintil pada kulit namun tidak berisi air, kulit terasa lebih kasar dan mengeras, tidak terasa gatal, berwarna seperti kulit hingga kemerahan. Jika anda mengalami masalah biang keringat seperti diatas, cara mengatasinya dapat menggunakan lotion calamin atau dengan tanpa mentol.

Pada umumnya biang keringat bukanlah kondisi yang memerlukan penanganan medis, karena kondisi ini biasanya akan pulih dengan sendirinya. Namun, anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika ruam yang anda alami menjadi lebih parah dan munculnya ruam bertahan cukup lama, seperti beberapa gejala yang ditimbulkan, antara lain:

  • Rasa sakit pada biang keringat
  • Demam dan mengigil
  • Pembengkakkan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan
  • Keluar nanah pada benjolan ruam

Penyebab Biang Keringat

  1. Biang keringat muncul akibat adanya sumbatan yang berasal dari kelenjar keringat.
  2. Kelembapan udara dan panas yang tinggi merangsang produksi keringat berlebih
  3. Menggunakan pakaian terlalu ketak sehingga suhu tubuh meningkat
  4. Anak mengalami demam dan banyak mengeluarkan keringat
  5. Kurang memperhatikan kebersihan kulit.
  6. Kelebihan berat badan sehingg alebih mudah untuk berkeringat
  7. Kelenjar keringat belum terbentuk sempurna pada bayi dan anak-anak

Cara mengatasi Biang keringat

Meskipun tidak memerlukan penanganan dari medis, biang keringat dapat membuat rasa tidak nyaman, terutama pada bayi dan anak-anak. Pada bayi dan anak-anak, baing keringat dapat membuatnya rewel sebab merasakan ketidaknyamanan dikulitnya. Karena itulah, anda perlu memberikan solusi untuk membuat nyaman pada bayi dan anak-anak anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah biang keringat, antara lain :

  1. Kurangi gangguan bakteri dengan menggunakan sabun anti bakteri dan sabun antispetik saat mandi.
  2. Untuk mencegah penyumbatan kelenjar keringat, anda dapat mengoleskan krim yang mengandung anhydrous lanolin.
  3. Gunakan baju berbahan katun yang menyerap keringat. Hindari menggunakan pakaian dari bahan sintetis seperti nilon atau polyester yang dapat merangkap panas.
  4. Saat cuaca panas, tetaplah berada dalam ruangan ber-AC atau menggunakan kipas angin.
  5.  Jaga kondisi kulit agar tetap kering dengan mandi teratur atau membasuh diri degan air.
  6. Gunakan bedak untuk meredakan rasa gatal, seperti : losion calamine, krim hydrocortisone, tablet antihistamin dan steroid topikal.
  7. Gunakan es batu untuk menggosok-gosokkan ruam akibat biang keringat, jika dilakukan dengan rutin akan menghilangkan bintik-bintik merah dan menghilangkan rasa gatal.
  8. Gunakan Madu untuk menghilangkan gatal-gatal dan ruam pada kulit karena infeksi. Caranya dengan oleskan madu secara merata pada ruam biang keringat diamkan beberapa menit dan basuh dengan air hangat.
  9. Lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi masalah biang keringat. Cara perawatannya yaitu dengan oleskan gel lidah buaya secara merata pada ruam biang keringat, biarkan 15-20 menit hingga gel kering. Setelah itu basuh dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin agar biang keringat lekas hilang.
  10. Soda kue juga efektif untuk membasmi virus dan bakteri penyebab biang keringat. Caranya dengan larutkan 1-2 sendok soda kue kedalam air hangat yang akan anda gunakan untuk mandi. Selain ampuh untuk menghilangkan bintik merah dan ruam, soda kue juga dapat membantu menghilangkan rasa gatal.
  11. Oatmeal dipercaya efektif untuk membantu mengeringkan biang keringat dengan cepat dan tanpa efek samping. Cara penggunaannya yaitu dengan campur 3 sendok oatmeal kedalam air untuk mandi. Gunakan air tersebut untuk mandi dan lakukan secara teratur.
  12. Cara selanjutnya untuk mengatasi biang keringat yaitu dengan mengkonsumsi vitamin biotin. Biotin adalah larutan cair Vitamin yang memiliki peranan yang sangat besar dalam reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti dalam transfer karbon dioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak. Untuk mengatasi biang keringat anda bisa mengkonsumsi biotin sebanyak 25 mg sampai 35 mg perharinya.
  13. Selama ini banyak orang yang belum mengenal dengan niacin. Niacin adalah vitamin B3 yang bermanfaat untuk diet atau untuk menjaga kesehatan tubuh. Niacin juga dipercaya efektif untuk mengatasi biang keringat.
  14. Kulit pohon beringin dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah biang keringat. Cara pengobatannya dengan terlebih dahulu membuat bedak dari kulit pohon beringin. Lalu gunakan bedak pohon beringin untuk mengatasi masalah biang keringat.
  15. Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah biang keringat yaitu dengan menggunakan obat antihistamin yang berfungsi untuk mengurangi masalah gatal-gatal yang terjadi akibat tersumbatnya saluran keringat. Namun sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  16. Gunakan krim hidrokortison yang efektif untuk mengatasi masalah biang keringat, krim ini bekerja untuk meredakan gatal-gatal pada biang keringat. Cara penggunaanya hanya dioleskan pada bagian yang terkena biang keringat, namun tidak dianjurkan digunakan pada wajah.
  17. Gunakan lasion calamine, obat ini juga baik untuk mengatasi biang keringat yang telah mengalami iritasi.
  18. Gunakan minyak jojoba untuk melembabkan kulit yang terkena biang keringat. Anda juga dapat mencampurkan madu dan minyak jojoba lalu aplikasikan pada kulit biang keringat.
  19. Tanah liat mengandung multan mitti yang juga efektif untuk mengobati biang keringat, selain itu tanah liat juga dapat digunakan untuk mengurangi iritasi, peradangan dan gatal-gatal. Caranya dengan Campurkan 5 sendok tanah liat dengan 3 sdm air mawar, aduk hingga terbentuk menjadi pasta. Lalu oleskan pada biang keringat hingga mengering lalu bersihkan.
  20.  Efek dingin yang terdapat pada mangga dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat. Caranya dengan haluskan buah mangga lalu oleskan pada biang keringat, tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.
  21. Selain mangga, mentimun juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah biang keringat. Efek dingin pada mentimun dapat membantu mengurangi rasa panas, dan perih yang timbul akibat biang keringat. Caranya dengan haluskan buah timun hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena biang keringat.
  22. Cara lain untuk meengatasi biang keringat adalah dengan lemon. Kandungan vitamin C-nya dapat mengobati masalah ruam pada kulit akibat biang keringat.
  23. Tepung jagung kaya akan kandungan gizi, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi yang dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah biang keringat. Caranya dengan campurkan tepung jagung dengan sedikit air garam , aduk hingga merata. Setelah itu oleskan secara merata dan tebal pada biang keringat.
  24. Cendana memiliki efek menenangkan yang sangat efektif untuk menghilangkan masalah biang keringat. Hal tersbut dapat dimanfaatkan untuk membantu mendinginkan suhu tubuh anda. Caranya dengan campurkan bubuk cendana dengan air mawar hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada biang keringat.
  25. Daun nimba atau daun margosa memiliki kandungan sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengontrol gejala biang keringat seperti gatal dan peradagang.
  26. Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari tanah chal dal, kacang-kacangan atau dikenal sebagai chickpea. Tepung gram membantu untuk menyerap kelembaban ekstra dari dalam tubuh, sehingga baik juga untuk memabntu mengatasi masalah biang keringat.
  27. Pepaya juga berfungsi untuk mengobati berbagai masalah kulit termasuk biang keringat. Pulp pepaya efektif untuk memberikan kemudahan dalam iritasi dan gatal di wajah, punggung, leher dan ketiak.
  28. Semangka memiliki kuantitas air yang cukup dapat kembali hidrat dan menenangkan kulit gatal dan terbakar pada tubuh. Jadi pastikan untuk mengobati biang keringat dari dalam menggunakan semangka.
  29. Untuk mengatasi rasa gatal yang mengganggu dan biang keringat serta ruam panas, terapkan kentang mentah irisan pada kulit yang terkena. Mengusap daerah yang terkena dengan irisan dapat membantu dalam ruam panas biang keringat.
  30. Jahe banyak digunakan untuk mengurangi ensasi menyengat disebabkan karena biang keringat karena sifat anti inflamasi nya.
  31. Jeruk nipis mengandung antioksidan kuat yang mempercepat proses penyembuhan pada biang keringat.
  32. Kamper memberikan efek dingin dan menyegarkan kulit sehingga juga efektif untuk membantu mengatasi masalah biang keringat. Caranya dengan menghaluskan kamper lalu campurkan dengan air mawar dan oleskan pada biang keringat.
  33. Air tebu mengandung zat yang membantu dalam pendinginan tubuh, sehingga cara ini efektif anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi biang keringat.
  34. Teh mint berguna untuk menurunkan suhu dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh dan kulit menjadi lebih dingin.
  35. Daun jelatang memiliki efek antihistamin pada sel reseptor masthead tubuh, yang membantu mengurangi reaktivitas terhadap alergen. Konsumsi teh jelatang untuk membantu mengatasi biang keringat.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi, Anak dan Dewasa dengan Tepat dan Efektif. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.