16 Cara Mencegah Penyakit Asma Agar Tidak Kambuh Lagi Ampuh dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mencegah Penyakit Asma Agar Tidak Kambuh Lagi¬† –¬†Asma adalah kondisi penyakit pada saluran pernapasan yang mengalami gangguan penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang mengakibatkan pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan yang berdampak penderita asma mengalami kesulitan untuk bernapas, sesak napas, memicu munculnya batuk dan timbul mengi.

Penyempitan saluran pernapasan tersebut dapat dipicu oleh beberapa jenis ransangan seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin atau olahraga. Meskipun dianggap sebagai gangguan kesehatan ringan, namun ketika penyakit asma kambuh tentu akan membuat kondisi dan rasa sesak pada dada hingga menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu.

Jika sudah demikian, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan mencari solusi untuk mencegah penyakit asma agar tidak kambuh lagi. Gangguan penyakit asma memang tidk dapat disembuhkan namun gejala penyakitnya yang ditimbulkan dapat dikontrol sehingga dampak yang diberikan tidakn terlelu menyulitkan dan menyakiti tubuh anda.

Penyebab Penyakit Asma

Beberapa penyebab penyakit asma, antara lain:

  • Faktor Keturunan
    Asma adalah salah satu jenis penyakit turunan, jadi jika dalam keluarga memiliki riwayat penyakit asma, maka ada kemungkinan anda atau keturunan anda akan mengidap penyakit tersebut. Jika sudah mengetahui riwayat tersebut, maka segera melakukan tindakan dengan berkonsultasi pada dokter spesialis.
  • Faktor Makanan
    Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari adalah makanan junk food, snack tinggi MSG, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen.
  • Udara Dingin
    Suhu dingin menjadi salah satu faktor pemicu asma. Seperti penggunaan AC atau cuaca dingin didaerah pegunungan dapat menyebabkan terjadinya penyakit asma.
  • Faktor Lingkungan
    Lingkungan kotor yang penuh dengan debu atau asap merupakan awal dari timbulnya penyakit asma dan menjadi faktor terbesar memicu terjadinya penyakit asma. Karena itulah, kita disarankan agar selalu menjaga pola hidup sehat.

Ciri Penyakit Asma

Berikut beberapa ciri-ciri penyakit asma yang biasanya timbul dan membuat penderita asma mengalami kesullitan untuk tidur.

  • Gejala batuk, mengi dan dada sesak semakin parah dan sering kambuh
  • Sulit bicara, sulit makan atau susah tidur karena sulit untuk bernapas
  • Bibir dan jari-jari terlihat biru
  • Merasa pusing, lelah dan mengantuk

Cara Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh

1. Menjaga Kesehatan Tempat Tidur
Mencegah penyakit asma dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tempat tidur anda, seperti menjaga kebersihan selimut, bantal, kasur dan barang-barang yang ada didalam kamar. Hal ini penting dilakukan karena pada tempat tidur terdapat bagian yang sering dijadikan sebagai tempat bersarangnya tungau seperti pada bantal, selimut atau sprei.
Untuk itu, kita perlu mengganti dan mencuci perlengkapan tidur minimal satu minggu sekali yang bertujuan untuk mengurangi kelembapan dan mengurangi resiko berkembangnya jamur yang menyebabkan penyakit asma.

2. Menjaga sirkulasi udara
Jamur adalah salah satu faktor pemicu timbulnya gangguan asma yang paling umum terjadi. Untuk menghindari gangguan asma, sebaiknya kita menjaga dengan baik sirkulasi udara dalam ruangan dan membiasakan membuka jendela dan menjaga kamar mandi agar tetap kering dan bersih.

3. Menghindari penggunaan produk pembersih berbahan kimia
Gas yang berasal dari produk pembersih ruamh tangga seperti pada pembersih kaca yang disemprotkan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit asma. Bagi penderita asma sebaiknya hindari menggunakan produk tersebut karena terlalu banyak menghirup gas tersebut menyebabkan kambuhnya asma.

4. Hindari kebiasaan merokok
Asap roko merupakan musuh untuk penderita asma. Hal ini karena asap dari rokok dapat menyebabkan sesak di dada dan menyebabkan asma. Meskipun sulit untuk dilakukan, anda harus dengan cerdas mulai menghindari kebiasaan merokok dan menghindari asap rokok agar terhindar dari kambuhnya penyakit asma.

5. Menghindari Stress
Emosi dan rasa panik yang dirasakan oleh tubuh dapat memperburuk gejala asma yang dirasakan. Untuk itu, penting bagi penderita asma untuk menghindari terjadinya stress pada diri. Cara menghindari stress, anda perlu merasa tenang, tidak terlalu banyak berpikir, menghentikan sejenak pekerjaan yang membuat anda stress dan jenuh, melakukan refreshing, menyalurkan hobi dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Sengan begitu anda akan merasa lebih tenang dan stress dapat terhindari.

6. Selalu siaga
Penyakit asma dapat kambuh kapan dan dimana saja, karena itulah anda perlu menyiapkan selalu obat-obatan peredda asma dalam tas dan dibawa kemana-mana yang bertujuan untuk menjaga jika serangan asma mendadak kambuh.

7. Tidak membiarkan hewan berada dan tidur di tempat tidur maupun di futniture lainnya
Bulu peliharaan seperti bulu kucing amupun anjing yang bertebaran merupakan salah satu penyebab penyakit asma. Cara terbaik untuk mencegahnya yaitu dengan tidak membiarkan hewan berada dan tidur di tempat tidur maupun di futniture lainnya didalam ruangan.

8. Bersihkan Karpet dan Mainan anak
Karpet dan mainan merupakan tempat bersarangkan banyak debu yang dapat menyebabkan asma dan alergi. Cara mencegah asma akibat ini adalah anda harus dengan rutin membersihkan karpet dan mainan anak mengguankan vacum cleaner yang dilengkapi dengan filter udara HEPA minimal 2 minggu sekali.

9. Memperhatikan kondisi cuaca
Bagi sebagian orang, cuaca yang terlalu panas, lembab serta kualitas udara yang buruk dapat memperburuk keadaan asma. Untuk itu, sebaiknya batasi aktivitas luar ruangan ketika sedang terjadi kondisi tersebut.

10. Melakukan olahraga ringan
Melakukan gerakan fisik ringan penting dilakukan untuk penderita asma. Hal ini untuk menghindari resiko gangguan asma, sebaiknya anda melakukan kegiatan fisik ringan atau olahraga ringan didalam ruangan yang hangat.

11. Menghindari sumber penyebab alergi
Cara paling baik untuk mencegah kambuhnya penyakit asma adalah dengan menghindari penyebabnya. Seperti pada saat-saat tertentu terdapat beberapa jenis tanaman yang akan mengalami proses penyerbukan, hal tersebut terjadi penebaran serbuk sari yang dipercaya sebagai salah satu alergen penyebab asma. Untuk menghindari asma akibat penyebab tersebut adalah dengan tetap tinggal di rumah selama proses penyerbukan berlangsung.

12. Menjaga Kesehatan
Tubuh yang sehat dan tercukupi asupan nutrisi akan kebal terhadap virus penyakit. Sepert virus flu hingga serangan penyakit asma. Usahakan agar selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum, cukup istirahat, rekreasi dan olahraga.

13. Berjemur di bawah matahari
Berjemur dibawah sinar matahari pagi bermanfaat baik untuk penderita asma. Beberapa penelitian meyakini adanya hubungan antara kurangnya vitamin D dengan serangan asma.

14. Menghindari Alergen
Terdapat beberapa kasus penderita asma yang disebabkan karena reaksi yang ditimbulkan akibat alergi. Untuk itu, sebaiknya anda juga harus menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi hingga memicu kambuhnya penyakit asma.

15. Jaga Berat Badan
Kondisi obesitas menjadi salah satu kondisi yang menyebabkan asma. Bahkan, obesitas dapat memperparah kondisi asma dan menyebabkan anda lebih sulit mengontrol asma. Hal ini berkaitan dengan jaringan lemak yang meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga menyebabkan kambuhnya asma. Karena itu penting untuk selalu menjaga berat badan.

16. Konsumsi obat resep dokter
Obat yang diresepkan oleh dokter bertujuan untuk mencegah asma dan gejalanya agar tudak kambuh lagi. Namun beberapa pasien berhenti mengkonsumsi obat tersebut karena mereka merasa asma yang diderita talh membaik. Jangan lakukan hal tersebut sebelum anda berkonsultasi lagi dengan dokter dan tetap konsumsi obat tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Mencegah Penyakit Asma Agar Tidak Kambuh Lagi yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..