20 Cara Mencegah Glaukoma Sejak Dini Secara Alami

Posted on

Cara Mencegah Glaukoma Sejak Dini – Glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan resiko kebutaan. Karena itu penyakit ini sangat menakutkan. Penderita glaukoma merasa depresi berat ketika mendapatkan diagnosis. Terkadang gejala yang tidak muncul pada tahap awal menyebabkan keterlambatan penanganan. Tingkat keparahan glaukoma akan berjalan secara bertahap dalam dalam waktu yang pelan maupun cepat. Semua itu tergantung dari kondisi tekanan pada lensa mata. Karena itulah perlindungan kesehatan mata agar tidak terkena glaukoma harus dilakukan sejak awal.

Cara Mencegah Glaukoma

Inilah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk bisa terhindar dari glaukoma. Berikut ini langkah alami yang perlu Anda lakukan sejak dini :

1. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah sangat penting untuk melindungi mata dari tekanan pada lensa yang berlebihan. Tekanan lensa inilah yang akan menyebabkan glaukoma dan umumnya memang jarang disadari. sebab itu hal penting yang harus Anda lakukan adalah memiliki pola kebiasaan makan yang baik. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek, gula berlebihan dan biji-bijian. Beberapa makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas misalnya seperti nasi, pasta, sereal, kentang dan roti putih.

2. Rutin Olahraga
Lakukanlah berbagai jenis olahraga, akan membantu menurunkan resiko tekanan pada mata berlebihan. Terlebih bagi yang selalu bekerja di depan layar komputer. Latihan atau olahraga juga bisa melindungi tubuh dari penyakit glaukoma akibat kondisi metabolisme yang buruk seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

3. Lindungi Mata
Biasakan untuk melindungi mata apabila sedang melakukan olahraga atau pekerjaan yang bisa meningkatkan resikocedera mata. Anda bisa menggunakan kacamata khusus yang memang bisa melindungi area mata agar tidak terkena zat asing maupun tekanan berlebihan. Pada awalnya mungkin tidak nyaman tapi memang sangat diperlukan.

4. Hindari Makanan Mengandung Lemak Trans
Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak trans akan membuat kesehatan mata Anda beresiko tinggi terkena glaukoma. Lemak akan membuat sistem lensa mata menjadi lebih buruk terutama jenis lemak yang didapatkan dengan cara dibakar dan digoreng. Oleh sebab itu hindari semua jenis makanan yang mengandung lemak atau makan dalam jumlah yang sangat terbatas saja.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata
Periksakan mata anda ke dokter sejak dini. Meskipun glaukoma bisa terjadi pada usia lebih dari 42 tahun namun ada beberapa kasus dimana usia muda terserang glaukoma. Karena itu pemeriksaan secara teratur harus dilakukan untuk mengetahui gejala sejak awal. Bahkan orang yang memiliki riwayat glaukoma dalam keluarga harus melakukan pemeriksaan secara teratur.

6. Kurangi Karbohidrat dan Gula
Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengurangi semua jenis asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Karbohidrat dan gula berperan penting dalam meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga, membuat kebutuhan insulin sangat tinggi. Jika kondisi ini terus terjadi maka bisa menyebabkan diabetes. Bahaya diabetes akan membuat kesehatan mata menurun karena meningkatkan penumpukan kadar gula dalam lensa mata.

7. Hindari Stres
Stres ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata. Stress akan membuat tekanan lensa mata jauh lebih kuat dan besar. Akibatnya maka lensa dan retina mata tidak bisa bekerja dengan baik. Tekanan mata juga membuat tekanan pada lensa mata mengalami perubahan. Jika kondisi ini terus terjadi maka bisa menyebabkan glaukoma. Untuk cara mengatasi stres maka bisa mencoba untuk yoga, olahraga atau rekreasi.

8. Konsumsi Makanan Menyehatkan Mata
Berbagai jenis kebutuhan nutrisi manusia untuk mata memang sangat penting, terutama untuk menghindari semua jenis penyakit mata termasuk glaukoma. Berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi secara teratur :

  • Bayam: bayam dan semua jenis sayuran lain yang berwarna hijau seperti sawi, kale, lobak dan kangkung sangat baik untuk mata. Semua jenis sayuran ini mengandung vitamin A, zeaxanthin dan lutein yang bisa memberikan perlindungan untuk kornea dan lensa mata. Bahkan justru bisa meningkatkan kualitas visi mata. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan membuat jus sayuran dan campuran buah serta diminum pada pagi hari. Atau jika tidak suka jus sayuran maka tumis dalam waktu sesingkat mungkin.
  • Ikan salmon : ikan salmon bisa memberikan perlindungan untuk retina dan lensa mata. Ikan salmon melindungi mata karena mengandung omega 3 yang memang bisa membantu mengatasi lensa mata agar tidak kering. Untuk hasil terbaik maka sangat disarankan untuk makan ikan salmon sebanyak 100 gram per saji selama tiga kali dalam seminggu.
  • Wortel : wortel adalah sayuran super untuk mengatasi glaukoma. Wortel mengandung beta karoten yang memang bisa meningkatkan potensi vitamin A dalam buah tersebut. Zat ini tidak hanya melindungi mata namun juga bisa menjaga agar kornea dan lensa mata selalu tetap sehat. Selain itu, wortel juga mengandung lutein yang memang bisa mengatasi luka pada bagian mata. Anda bisa memasak wortel sesuai dengan keinginan.
  • Ubi jalar: ubi jalar memang menjadi buah yang mengandung vitamin A dimana vitamin A ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Ubi jalar mengandung kalium, makanan kaya serat dan beta karoten yang memang bisa meningkatkan kerja syaraf mata.
  • Alpukat : alpukat sangat baik untuk mata karena mengandung lutein. Lutein bisa mencegah kerusakan mata terutama karena tekanan karena pada bagian lensa mata. Selain itu alpukat mengandung vitamin B6 yang bisa mencegah kerusakan mata karena tekanan pada lensa mata.
  • Kenari : kenari jenis kacang yang mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 memiliki manfaat untuk memelihara mata baik lensa, retina maupun sistem syaraf. Selain itu, dalam kenari juga ditemukan nutrisi penting lain, yaitu sebagai makanan yang mengandung antioksidan dan seng. Bila tidak bisa mendapatkan kacang kenari maka bisa mengkonsumsi jenis kacang lain seperti mete, kacang tanah maupun almond.
  • Brokoli : brokoli menjadi sayuran yang bisa memelihara mata dari rasa sensitiftas terhadap cahaya, mencegah peradangan dan membuat kesehatan mata selalu fit. Brokoli banyak mengandung vitamin B2 yang memang bisa mencegah kemunduran fungsi lensa mata.

9. Buat mata menjadi Rileks
Melihat komputer, layar gadget, atau menyetir dalam waktu yang panjang ternyata akan membuat mata menjadi sangat lelah. Ketika mata lelah maka tekanan pada lensa terus dipaksa agar bisa mendapatkan fokus maksimal. Sekarang Anda harus mencoba untuk membuat mata menjadi lebih santai dan sesering mungkin. Berikut cara untuk membuat mata bisa santai dan tetap nyaman :

  • Buat mata berkedip lebih sering. Berkedip akan membantu mata untuk berlatih dan memberikan cairan yang lebih banyak ke dalam mata. Karena mata tidak kekeringan maka penurunan tekanan lensa menjadi lebih mudah.Tutup mata sesekali selama satu menit ketika bekerja di depan komputer. Menutup mata selama satu menit akan membuat oto mata menjadi sangat rileks. Anda bisa melakukan langkah ini ketika merasa mata sudah lelah
  • Bersihkan mata dengan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Cara ini akan membantu mata agar tetap nyaman.
    Jika terus menerus bekerja di depan komputer maka luangkan waktu selama 5 menit setiap jamnya untuk tidak melihat komputer. Anda bisa berdiri mengambil minuman atau melihat ke sekitar yang jauh dari komputer.
  • Buat mata menjadi lebih santai dengan menerapkan irisan mentimun dan letakkan pada mata. Timun memiliki rasa dingin yang menyegarkan sehingga akan membuat mata Anda menjadi lebih santai.
  • Atur layar komputer Anda dengan jarak sekitar 30 cm dari mata. Cara ini akan tetap menjaga kesehatan mata sehingga mata tidak terlalu kering.
  • Gunakan pelindung layar antiradiasi pada layar komputer. Untuk Anda yang harus bekerja berlama-lama di depan komputer maka pelindung layar akan mencegah agar mata tidak terlalu lelah.

10. Cukupi sumber Zeaxanthin dan Lutein
Lutein dan Zeaxanthin adalah zat karoteroid yang ada dalam sayuran. Lutein memiliki antioksidan alami yang baik untuk melindungi lensa dan retina. Perbanyak konsumsi kuning telur, kubis-kubisan, dan akan lebih baik bila diolah dengan minyak zaitun.

11. Cukupi asupan betakaroten dan vitamin B2
Sumber betakaroten banyak ditemukan pada buah berwarna kuning. Betakaroten berfungsu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Seperti wortel yang mengandung betakaroten dan lutein yang bisa mengatasi luka pada bagian mata. Ubi kuning mengandung betakaroten dan kalium yang baik untuk menjaga syaraf mata. Selain itu brokoli juga kaya akan vitamin B2 yang baik untuk menjaga mata dari kepekaan terhadap cahaya serta menjaga fungsi lensa mata.

12. Kurangi minuman mengandung kafein
Kurangi asupan kafein karena kafein mampu meningkatkan tekanan darah dan tekanan pada syaraf mata. Hal ini berakibat pada rusaknya retina dan lensa mata.

13. Hindari makan asin
Konsumsi garam secara berlebih dapat mengentalkan darah, hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih berat untuk mengedarkan darah. Karena itulah pembuluh darah dibagian mata mengalami tekanan kuat sehingga meningkatkan risiko glaukoma.

14. Hindari alergi
Hindari konsumsi makanan yang menyebabkan alergi, karena dapat mengakibatkan adanta tekanan pada mata. Tekanan tersebut muncul karena adanya penolakan akibat alergi terhadap makanan yang dikonsumsi. Tekanan tersebut berpotensi menyebabkan glaukoma.

15. Gunakan kacamata khusus
Jika anda sering terkena paparan sinar ultraviolet, sebaiknya gunakan kacamata khusus untuk menghindari paparan sinar UV secara langsung yang mengakibatkan glaukoma.

16. Jangan minum banyak sekaligus
Minumlah secara pelan-pelan karena minum secara berlebih sekaligus dapat berakibat adanya tekanan pada saraf mata. Tekanan tersebut menimbulkan masalah pada cekungan lensa mata hingga meningkatkan risiko glaukoma.

17. Meditasi
Meditasi dapat pula dijadikan untuk memperlambat serangan dan mencegah glaukoma. Meditasi juga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi rileks dna mengurangi stress.

18. Pakai Masker mentimun
Secara rutin aplikasikan irisan mentimun pada mata, mentimun efektif memberikan efek dingin dan segar untuk membuat mata lebih santai dan mencegah mata kekeringan.

19. Jaga jarak pandang dengan komputer
Jika anda sering menatap layar monitor komputer , baiknya jaga jarak pandang sekitar 30cm dari mata anda. Hal ini untuk mencegah mata kering, dipeerlukan juga untuk menggunakan antiradiasi pada layar komputer , untuk mencegah kelelahan pada mata.

20. Perbanyak asupan omega 3
Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk melindungi fungsi retina. Asam lemak ini berguna juga untuk mencegah kerusakan pada lensa mata. Omega 3 banyak berasal dari ikan salmon dan kacang kenari.

Meskipun glaukoma merupakan penyakit yang sangat berbahaya, namun ternyata masih ada berbagai cara alami untuk mencegahnya. Anda bisa melakukan semua pencegahan ini dari usia muda. Bagi yang memang sudah memiliki kelainan mata maka usahakan untuk terus melakukan pemeriksaan secara berkala.

Jangan sepelekan jika indera penglihatan anda sakit , jika disepelekan anda menyesal dikemudian hari! Terimakasih, Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.