15 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat AMPUH

Posted on

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami –¬†Jika banyak orang dengan mati-matian berusaha untuk menurunkan berat badan, tapi tidak sedikit pula yang mengingikan berat badan bertambah. Banyak orang berfikir jika menambah berat badan mudah untuk dilakukan hanya dnegan menambah jatah porsi makan dari biasanya. Namun sebagian dari mereka ada pula yang merasa kesulitan menaikan berat badan meskipun sudah menambah porsi makan secara maksimal. Sehingga tidak jarang mereka yang terlampau kurus mulai mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak sehat untuk di konsumsi seperti makanan yang mengandung kalori tinggi, lemak tinggi dan tinggi gula.

Memiliki badan yang kurus tak selamanya menyenangkan. Kondisi ini bagi sebagian orang menjadi persoalan jika penyebabnya karena kekurangan nutrisi atau mengidap penyakit. Kurus atau kurang berat badan dapat didefinisikan sebagai indeks massa tubuh yang berada dibawah angak 18,5. Kondisi badan terlalu kurus menjadikan rentan terhadap berbagai jenis penyakit infeksi karena sistem imun dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Selain infeksi, osteoporosis, patah tulang dan masalah kesuburan bagi wania dapat mengincar mereka yang memiliki badan dibawah normal. Jika dalam tahap yang parah, maka dapat mengakibatkan risiko kematian.

Untuk anda yang ingin menambah berat badan secara alami dan singkat sebaiknya lakukan cara alami tanpa menggunakan obat pengemuk badan. Dengan cara alami makan tidak akan ada efek samping yang terjadi dalam jangka pendek atau jangka waktu panjang. Berikut ini cara menambah berat badan secara alami dalam 1 minggu.

Cara Menambah Berat Badan secara Alami

Dengan makan kentang goreng yang banyak ditambah dengan minum manis setiap hari dijamin akan membuat berat badan anda cepat bertambah. Namun cara tersebut tidaklah sehat. Ikuti tips dan cara berikut ini untuk menambah berat menjadi ideal dengan cara alami.

1. Cek kesehatan terlebih dahulu

Ada baiknya jika anda terlalu kurus, periksakan terlebih dahulu dan cari tahu penyebab anda terlalu kurus. Karena beberapa kondisi kesehatan mampu membuat berat badan berada dibwah normal seperi Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid terlalu aktif, adanya penyakit Coeliac yang membuat tubuh tidak mempu menyerap nutrisi dari makanan, dan gangguan makan seperti anoreksia nervosa. Jika anda memiliki riwayat penyakit tersebut maka diperlukan pengobatan dari dokter.

2. Konsumsi makanan tinggi nutrisi

Banyak orang mengatakan bahwa jika ingin menambah berat badan cenderung banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Padahal metode tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Maka cara terbaik untuk menambah nutrisi dalam tubuh anda yaitu dengan mengkonsumsi banyak makanan 4 sehat 5 sempurna seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan lainnya.

3. Makan lebih sering

Mereka yang memiliki badan kurus biasnya cenderung cepat merasa kenyang. Hal ini yang membuat lambung kosong dalam waktu lama tanpa adanya makanan. Dengan begitu tidak ada nutrisi yang diolah tubuh untuk menjadi energi atau cadangan lemak.

Cara baik untuk meningkatkan nafsu makan yaitu dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering dilakukan. Seperti makan 5 sampai 6 kali dalam sehari namun tetap menggunakan menu sehat kaya nutrisi.

4. Konsumsi smoothies

Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah-buahan yang diblender halus dengan dicampur dengan susu atau yoghurt. Baik jus atau smoothies baik untuk menambah berat badan sebab tubuh akan lebih muradh menyerap nutrisi makanan apabila sudah dihaluskan.

5. Sediakan selalu cemilan sehat

Disaat sela-sela kerja, anda bisa mengkonsumsi cemilan sehat seperti buah kurma, kacang kedelai, alpukat, madu dan jenis cemilan kaya nutrisi lainnya. Sediakan makanan dengan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk menambah berat badan agar menjadi ideal.

Hindari makanan yang mengandung lemak banyak seperti gorengan karena dapat menyebabkan kolesterol.

6. Tambah kalori sehat

Anda bisa mengkonsumsi asupan kalori dengan menambahkan ekstra kacang-kacangan, susu full cream, alpukat, telur atau gandum utuh kedalam menu makan harian anda.

7. Konsumsi makanan padat gizi

Berfokuslah pada makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi seperti daing sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju. Serta pilih sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah dan biji-bijian.

8. Latihan beban

Jika latihan aerobik dapat membantu membakar kalori untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya, lakukan latihan beban untuk membantu menambah berat badan dengan cara membangun otot-otot anda agar lebih kencang dan berisi.

9. Hindari begadang

Jika anda benar ingin menambah berat badan, maka hindarilah begadang. Begadang akan memperburuk kondisi kesehatan anda. Orang yang sering begadang cenderung memiliki risiko penyakit kanker dan tumor mematikan.  Gunakan waktu istirahat secara normal yaitu tidur minimal 8 jam sehari.

10. Jauhi rokok

Rokok memiliki kandungan senyawa kimia beracun yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan kanker, impotensi, dan gangguan janin. Selain itu, asap roko yang dihirup secara tidak langsung juga menyebabkan menurunnya berat badan. Rokok juga memicu menurunnya nafsu makan sehingga tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi makanan terutama kalori.

11. Perbanyak minum air mineral

Lebih dari 70% orang berbadan kurus pasti kekurangan cairan tubuh. Air sangat diperlukan untuk menjalankan funsgi organ dengan normal, termasuk dalam lambung dan usus untuk dapat menyerap nutrisi.  Menurut ahli dan pakar kesehatan, kita dapat mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air putih.

12. Kunyah makanan lebih lama

Nabi Muhammad SAW menyarankan umatnya untuk mengunyah makanan lebih lama atau tepatnya lebih dari 26 kali. Hal ini mungkin sepele dan jarang dilakukan. Namun ternyata setelah diteliti semakin banyak kunyahan yang dilakukan dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi makanan ketika dala tubuh. Makanan yang halus cenderung lebih mudah terserap dalam tubuh.

13. Atur pola tidur

Terlalu sering tidur malam dapat menghambat kenaikan berat badan. Coba untuk mengatur pola tidur yang sehat dengan mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga anda memiliki waktu tidur lebih awal. Jika anda mengalami gangguan susah tidur atau insomnia, hendaknya segera atasi masalah tersebut.

14. Atur pola makan

Anda dapat menambahkan porsi makan untuk program menambah berat badan, namun tetap menggunakan menu sehat kaya nutrisi. Lakukan pola makan sehat secara teratur yaitu pagi, siang, sore dan malam hari. Karena ini adalah porgram menambah berat badan maka diperbolehkan untuk makan hingga 4 kali atau lebih dengan porsi sesuai. Meskipun secara normal kita hanya dianjurkan untuk makan 3x sehari.

15. Minumlah 30 menit setelah makan

Jika minum air sebelum makan dapat membuat perut lebih cepat kenyang, maka sebaliknya. Dengan minum 30 menit setelah makan atau saat makan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Penyerapan nutrisi tersebut sangat penting untuk program penggemukan badan secara alami.

Penyebab badan Kurus dan Sulit Gemuk

Jika sebagian banyak orang dengan mudah cepat gemuk, tapi tidak dengan mereka yang merasa kesulitan untuk menambah berat badan. Mungkin salah satu penyebabnya ada dalam penjelasan berikut.

Faktor pertama yang menyebabkan seseorang sulit gemuk adalah faktor keturunan. Biasanya jika dalam keluarga tidak memiliki garis keturunan gemuk, maka kemungkinan besar anda juga akan sulit gemuk. Anda harus menggunakan usaha lebih untuk menambah berat badan.

Selain karena keturuna, faktor lain sulit gemuk yaitu karena kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh menjadi kurus dan sulit menjadi gemuk. Kurangnya asupan gizi tersebut bukan karena kurang makan, melainkan karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat seperti jajan sembarangan.

Selain itu terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang terus mengalami fase kekurangan berat badan seperti :

  • Terdapat gangguan makan seperti anoreksia atau penyakit mental lainnya.
  • Hipertiroidisme dapat menyebabkan metabolisme seseorang bekerja secara berlebih sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tidak normal.
  • Adanya riwayat penyakit diabetes, kanker atau penyakit infeksi seperti contohnya HIV/AIDS

Itulah beberapa cara menambah berat badan dengan cepat secara alami. Semoga dengan beberapa tips berikut ini bisa membantu anda dalam menambah berat badan. Terimakasih, semoga bermanfaat.