Cara Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan Paling Cepat dan Tepat

Posted on

Cara Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan – Normalnya, berat badan bayi baru lahir mulai dari 2,9 kg hingga 3,6kg. Dengan kisaran pada bayi laki-laki dari usia kehamilan minggu ke 37 hingga 41 minggu yaitu antara 3kg hingga 3,6 kg, sedangkan pada bayi perempuan sekitar 2,9kg hingga 3,4kg.

Berat badan bayi dalam kandungan perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekurangan bera badan pada saat lahir. Berat badan yang kurang dari ukuran normal dapat mengakibatkan berbagai resiko kesehatan bayi. Seperti kelainan jantung, jantung koroner, diabetes lahir prematur dan banyak resiko penyakit lainnya.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan tersebut, penting bagi calon ibu menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Salah satunya yaitu dengan menjada berat badan bayi agar lahir dengan berat badan normal. Cara mengetahui berat badan janin adalah dnegan secara rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Jika memang janin anda memiliki berat badan yang kuran normal, maka sebaiknya anda segera melakukan cara untuk meningkatkan berat badan janin. Beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan berat badan janin adalah dengan cara berikut ini.

Cara Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan janin dalam kandungan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur penting untuk menaikan berat badan janin hingga mencapai berat badan ideal. Karena, buah dan sayur mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu pertumbuhan berbagai sel, jaringan dan organ janin.

2. Konsumsi Ikan Laut
Cara selanjutnya untuk meningkatka berat badan janin adalah dengan mengkonsumsi ikan laut seperti jenis ikan tenggiri, tuna atau salmon. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan laut yag sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan berat badan janin. Selain itu, konsumsi ikan laut juga bagus untuk membantu perkembangan otak sehingga bayi dapat tumbuh sehat dan cerdas.

3. Konsumsi Susu
Untuk meningkatkan berat badan bayi, anda dapat mengkonsumsi susu yang tidak banyak mengandung gula atau pemanis buatan serta perasa berbahan kimia, karena tidak baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

4. Konsumsi Vitamin Pra Kehamilan
Cara selanjutnya untuk menambah berat badan bayi dengan cepat adalah dengan mengkonsumsi vitamin pra kehamilan. Vitamin ini berfungsi mendukung kesehatan kehamilan dan meningkatkan berat badan janin hingga mencapai ideal. Namun, sebaiknya anda rutin mengecek kesehatan dan janin ke dokter spesialis. Karena pada umumnya dokter akan memberikan asupan vitamin tambahan.

5, Tercukupi Waktu Istirahat
Cara menambah berat badan bayi selanjutnya adalah melalui pengaturan gaya hidup sehat. Pada masa kehamilan, sebaiknya ibu tidak boleh terlalu kelelahan. Sebab tubuh yang kelelahan menyebabkan kekurangan energi sehingga dapat membongkar kalori dalam tubuh, yang menyebabkan kalori tersebut tidak bisa disalurkan dengan baik ke janin. Sebaiknya, lakukan tidur siang secara rutin tiap hari selama 2 jam.

6. Melakukan Olahraga
Menambah berat badan bayi selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga. Namun, disarankan untuk menghindari jenis olahraga berat, olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah berenang maupun jalan-jalan. Cara ini efektif untuk meningkatkan berat abdan bayi karena bayi ikut aktif bergerak dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

7. Meningkatkan Asupan Protein
Cara selanjutnya untuk meningkatkan berat badan janin adalah dengan meningkatkan asupan protein dalam tubuh. Penuhi kebutuhan protein harian pada masa kehamilan. Anda dapat mengkonsumsi daging sapi atau daging ayam secara bergantian untuk mendapatkan protein hewani.

8. Perbanyak Minum Air Putih
Meningkatkan berat badan bayi selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Penting diketahui oleh ibu hamil, bahwa kebutuhan air harus terpenuhi oleh ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Selain itu, anda juga perlu melakukan olahraga untuk mempermudah ketika persalinan.

9. Konsumsi Makanan Padat Energi
Selain protein, ibu hamil juga perlu memperbanyak konsumsi makanan padat energi untuk membantu meningkatkan berat badan bayi. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalori tambahan dari margarin, selai buah, keju dan lainnya.

10. Konsumsi Cemilan Sehat
Selanjutnya untuk menambah berat badan bayi anda dapat mengkonsumsi cemilan sehat. Pilihlah cemilan sehat yang tidak mengandung kolesterol atau lemak berlebih. Cemilan sehat berfungsi untuk menambah kalori tubuh sehingga menunjang berat badan bayi dalam kandungan.

11. Hindari Konsumsi Soda
Salah satu hal yang dapat dihindari saat masa kehamilan adalah sengan menghindari minuman bersoda, karena soda dapat memperburuk kondisi janin dalam kandungan. Selain itu, minuman bersoda biasanya menggunakan campuran bahan kimia atau tambahan gula yang tidak baik untuk kesehatan dan bayi.

12. Hindari Kegiatan Tidak Sehat
Cara selanjutnya untuk meningkatkan berat badan bayi adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak sehat. Ubahnya gaya hidup anda dengan yang lebih sehat. Hindari merokok dan konsumsi alkohol, karena dapat menghambat perkembangan janin dan membuat berat badan bayi dibawah normal.

13. Konsultasi ke Dokter Kandungan
Selain melakukan berbagai cara diatas untuk meningkatkan berat badan bayi, sebaiknya anda juga perlu memeriksakan kandungan serta konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan. Apakah diperlukan menambah berat badan janin atau tidak. Jika berat bayi telah mencukupi angkat berat badan normal, dokter akan memberikan saran agar bayi tetap sehat sampai nanti lahir.

Itulah penjelasan tentang Cara Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.