15 Resep Sehat Cara Aman Membuat Makanan Tetap Segar Dan Awet Rekomendasi Para Ahli

Posted on

Cara Membuat Makanan Tetap Segar Dan Awet – Bahan makanan yang biasa dijadikan menu masakan bisa berubah warna atau teksturnya menjadi tidak layak makan karena beberapa faktor yang membuat bahan menjadi seperti itu. Misalnya, beberapa sayuran bisa tampak layu bila tidak disimpan dengan baik.

Hal ini mungkin bisa membuat Anda menjadi membuang bahan-bahan makanan tersebut sebelum sempat untuk diolah menjadi masakan.Berikut ini cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat makanan tetap segar dalam waktu yang lama.

Cara Menjaga Kesegaran Tomat Agar Tetap Awet

Sayuran merah yang akan vitamin C ini memang sangatlah rentan busuk, namun untuk menjaga agar tomat tetap segar sangatlah mudah yaitu masukkan tomat dalam kantong plastik bersih lalu ikat mulut plastik dengan erat, kemudian simpan tomat yang sudah dibungkus plastik tersebut di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Setipa hari buka ikatan plastik dan biarkan selama 5 menit dan jangan lupa keringkan uap air yang ada dalam kantung plastik dengan menggunakan lap kering. Tomat akan bertahan hingga 30 hari tanpa kulkas apabila cara ini benar dilakukan.

Cara Menjaga Kesegaran Strawberry

Buah kecil berwarna merah ini ternyata sangat mudah untuk diawetkan atau dijaga kesegarannya tanpa harus menyimpannya di lemari pendingin. Caranya yaitu cukup rendam strawberry dalam cuka yang sudah dilarutkan dengan air. Jika anda ingin mengkonsumsinya kembali, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih.

Cara Menjaga Kesegaran Pisang

Untuk menjaga kesegaran buah yang kaya akan vitamin ini caranya sangat mudah, anda hanya perlu membungkus pangkal buahnya dengan menggunakan alumunium foil. Cara tersebut membuat pisang terhindar dari oksidasi dan buah akan tetap segar.

Cara Menjaga Kesegaran Sayuran Hijau

Untuk menjaga kesegaran sayuran hijau, biasanya kebanyakan orang langsung meletakkannya dalam lemari es tapi justru sayuran hijau tersebut lama-kelamaan malah mengering. Nah sebenarnya ada cara yang benar untuk menjaga kesegaran sayuran hijau tersebut di lemari es yaitu dengan membungkusnya dengan kantung plastik lalu mulut plastik diikat dengan erat sebelum dimasukkan.

Cara Menjaga Kesegaran Kucai

Kucai memang salah satu tanaman yang sangat cepat layu jika sudah dipetik. Nah, agar kucai tetap segar maka bungkus kucai dengan menggunakan sawi putih.

Cara Menjaga Kesegaran Potongan Daun Bawang

Daun bawang yang telah dipotong biasanya akan mudah kering, namun ada cara yang bisa ada gunakan untuk menjaga kesegaran potongan daun bawang tersebut yaitu dengan memasukkan potongan-potongan tersebut ke dalam botol plastik. Cara tersebut dapat membuat potongan daun bawang tetap segar dan bisa digunakan kembali esok hari.

Cara Mencegah Kentang Berkecambah

Jika dibiarkan lama-kelamaan kentang akan bertunas. Jika dibiarkan begitu, tunas akan membesar dan membuat bobot kentang semakin berkurang untuk mencegah hal tersebut terjadi, anda bisa meletakkan apel bersama dengan kentang-kentang tersebut.

Cara Menjaga Kesegaran Salad

Jika anda membuat salad namun tidah habis dimankan sekali waktu, jangan langsung dibuang. Anda masih bisa menyimpannya dan dimakan esok hari tanpa kehilangan kesegaran salad. Caranya yaitu dengan membungkus wadah salad dengan menggunakan plastik pembungkus makanan. Setelah itu, letakkan selembar kertas diatasnya, fungsi kertas yaitu menyerap kelembaban udara yang berlebih disekitar salad

Cara Menjaga Kesegaran Bawang Bombai

Untuk mengawetkan bawang bombai ini sangatlah unik, anda perlu menyimpannya dalam stocking atau kaos kaki yang bersih yang sudah tidak terpakai. Stocking atau kaos kaki yang telah berisi bawang bombai selanjutnya digantung. Dengan menggunakan cara ini, bawang bombai akan tetap segar hingga 6 bulan.

Cara Menjaga Kesegaran Ikan

Anda telah membeli ikan namun tidak sempat mengolahnya. Untuk menjaga kesegaran ikan tersebut jika akan diolah esok hari, anda dapat merendam ikan tersebut dalam air yang telah diberi garam lalu masukkan ikan dengan wadahnya ke dalam kulkas.

Cara Menjaga Kesegaran Jamur

Untuk menjaga kesegaran jamur, anda dapat menyimpan jamur tersebut dalam kantung kertas. Kepanap menggunakan kantung kertas? karena jika menggunakan kantung plastik justru akan mempercepat pembusukan jamur.

Cara Menjaga Kesegaran Seafood Yang Sudah Dikeringkan

Meski telah dikeringkan, berbagai seafood setelah dibuka bungkusnya akan lembab dan hal tersebut akan memitu pertumbuhan jamur penyebab busuk. Nah agar tidak terjadi hal tersebut, anda perlu memasukkan seafood kering tersebut dalam kantung kedap udara atau botol kedap udara dan didalamnya diberi bawang putih yang telah di kupas. Jika sudah, simpan di tempat yang kering dan sejuk.

Cara Menjaga Kesegaran Terong

Terong yang akan disimpan, harus terhindar dari kontak air. Jika anda sengaja mencuci terong hingga bersih, maka lapisan lilin dibagian luar kulit terong ikut tercuci. Dengan hilangnya lapisan lilin tersebut maka terong tidak akan terlindungi dan akan mudah terserang bakteri dan jamur yang membuat teriong cepat busuk.

Untuk menjaga kesegaran terong yang perlu anda lakukan yaitu terong tersebut dibungkus dengan menggunakan kantung plastik bersih , ikat mulut plastik lalu beri sedikit lubang udara kemudian letakkan di tempat yang kering dan sejuk.

Cara Menjaga Kesegaran Alpukat

Agar alpukat tetap segar, biarkan alpukat matang alami dalam suhu ruangan. Apabila permukaan buah mulai melunak bila disentuh barulah simpan dalam kulkas.

Cara Menjaga Kesegaran Seledri

Agar seledri tetap segar, anda pelu membungkusnya dengan menggunakan kertas alumunium foil karena jika dalam plastik malah cepat membuat seledri cepat layu.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.