Cara Melakukan Diet Vegetarian atau Diet Vegan, Manfaat Dan Efek Sampingnya untuk Tubuh

Posted on

Cara Melakukan Diet Vegetarian atau Diet Vegan – Cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Namun banyak dari mereka yang belum mengerti dengan jelas tentang diet sehingga mereka lebih banyak melakukan kesalahan pada saat diet. Diet sehat dan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan secala menyeluruh bagi tubuh. Sehingga wajar sekali jika banyak dari mereka yang memiliki melakukan diet vegetarian untuk menurunkan berat badan.

Diet vegetarian atau lebih dikenal dengan diet vegan adalah jenis diet yang mengacu pada konsumsi nabati bukan hewani. Kebutuhan nutrisi dalam tubuh tercukupi sengan asupan sayuran dan buah sebagai pengganti dari makanan dengan sumber hewani. Karena itulah seseorang yang melakukan diet vegan tidak akan kekurangan gizi.

Seseorang vegetarian akan menjalani diet rendah lemak namun kaya serat seperti mengkonsumsi banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, gandum, atau biji-bijian. Namun yang harus diperhatikan dan menjadi catatan adalah sebaiknya sebelum melakukan diet vegan, anda terlebih dahulu membuat perencanaan agar diet dapat dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini membuat kamu berhasil dalam menjalankan diet dengan memenuhi rasa lapar melalui nutrisi yang cukup sehingga tetap bisa menurunkan berat badan. Simak beberapa Cara melakukan diet vegan berikut ini.

Menu Diet Vegetarian

Bagi sebagian orang mungkin sulit untuk menjadi seorang vegetarian, karena haru meninggalkan menu yang berkaitan dengan protein herwani dan menggantinya dengan nabati. Namun anda dapat memulainya secara perlahan-lahan. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba memulai diet selama 5-7 hari, dan anda dapat melihat perbedaannya pada tubu anda.

Agar mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan diet vegan, anda harus menjaga pola makan dengan baik. Sertakan menu dengan banyak kandungan protein, serat, antioksidan dan vitamin penting lainnya yang berasal dari buah dan sayur.

Beberapa Menu Terbaik Diet Vegan

  1. Sayuran Hijau
    Beberapa jenis sayuran yang menganggung tinggi vitamin, mineral, fitonutrien dan antioksidan seperti brokoli, bayam, peterseli, kale dan sebagainya memiliki kandungan lebih sedikit kalori dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.
  2. Buah-Buahan
    Buah memiliki kandungan rendah kalori namun kaya serat, vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lain. Buah juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
  3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
    Jenis kacang-kacangan merupakan sumber serat, protein, vitamin, mineral, dan kaya lemak sehat. Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami, wijen, almond, kenari, biji bunga matahari dan biji labu baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol, juga menjaga kesehatan tulang dan fungsi otak. Jenis biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang bermanfaat baik untuk tubuh.
  4. Sereal dan Gandum
    Pada diet vegan, anda dapat menambahkan menu roti gandum brown rice, oats, bubur atau dengan menggunakan roti barley yang memiliki banyak kandungan gizi seperti zat besi dan zink sebagai penambah energi tubuh.
  5. Susu Kedelai
    Protein hewani yang banyak terdapat pada produk susu sapi dapat digantikan dengan protein nabati pada susu kedelai. Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi dan serat yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan, sehingga diet vegan yang dilakukan akan berjalan dengan baik.

Cara Melakukan Diet Vegan

Berikut ini contoh melakukan diet vegan dengan benar

  1. Minum campuran Madu dan perasan air lemon
    Saat bangun tidur dan dalam kondisi perut masih kosong, anda dapat minum segelas ait hangat dengan campuran perasan air lemon dan madu. Minuman ini bermanfaat untuk proses detoksifikasi sehingga mampu menyingkirkan racun-racun dalam tubuh.
  2. Menu Sarapan
    Ganti menu sarapan anda dengan menu vegetarian, seperti mengganti telur dadar dengan jamur, paprika, bayam dan bawang. Selain itu kurangi porsi sereal dan tambahkan buah-buahan segar seperti melon, apel, pisang, strawberry, atau pepaya pada menu sarapan. Anda dapat memberikan variasi pada menu sarapan namun masih dalam konteks menu nabati.
  3. Menu Makan Siang
    Kuranngi porsi nasi atau mie yang mengandung tinggi karbohidrat dengan sayur-sayuran seperti tomat, timun atau daun selada. Slein itu anda dapat menambahkan menu sayuran kukus seperti brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, atau jagung manis. Porsi sayuran harus lebih dari 50 persen.
  4. Menu Makan Malam
    Beberapa pilihan menu diet vegan untuk makan malam yang dapat anda coba, antara lain :
  5. Sup bening yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan jagung.
    Semangkuk sayuran yang dikukus dengan pepes tahu.
    Sepiring salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori.
  6. Camilan Malam
    Anda dapat mengganti cemilan berat pada malam hari dengan mengkonsumsi kecambah, apel, mentimun, wortel, biskuit, atau talas kukus juga bisa dengan menggunakan jagung manis kukus.

Manfaat Diet Vegetarian

Selain untuk menurunkan berat badan, diet vegan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. seperti :

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung
  2. Mencegah dan mengendalikan diabetes
  3. Mencegah berbagai penyakit kronis
  4. Menyehatkan jantung
  5. Menurunkan Kolesterol
  6. Mengurangi tekanan darah
  7. Melancarkan proses pencernaan
  8. Mencegah perkambangan sel kanker

Efek Negatif Diet Vegan

Diet vegan merupakan cara diet cepat kurus, namun seseorang yang melakukan diet vegan biasanya tubuhnya tidak tercukupi asupan nutrisi saat melakukan diet. Salah satunya adalah kalium.

Kalium memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti untuk menjaga kesehatan tulang. Kurangnya asupan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kekuatan tulang menjadi berkurang sehingga mudah pecah dan keropos. Selain kalium, melakukan diet vegan tanpa perhitungan yang tepat dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin vitamin D, vitamin B-12, dan zeng.

Sedangkan beberapa peneliti menyebutkan jika diet vegan dapat menyebabkan seseorang kekurangan asam lemak EPA dan DHA. Padahal asam lemak itu sanagt penting untuk fungsi otak, jantung, dan kesehatan mata. Karena itu, sebelum melakukan diet vegan ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau ahli gizi yang mengerti betul tentang diet vegan dan kondisi tubuh anda.

Itulah penjelasan tentang Cara Melakukan Diet Vegetarian atau Diet Vegan  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.