Cara Diet Mayo dan Daftar Menu Makanan Selama 13 Hari yang Benar

Posted on

Cara Diet Mayo dan Daftar Menu Makanan Diet Mayo – Diet adalah cara yang banyak sekali orang lakukan demi memiliki berat badan seimbang dan porposional. Bagi wanita memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal merupakan sumber kepercayaan diri untuk mendukung penampilan sehari-hari. Dari berbagai macam jenis diet yang ada, diet mayo merupakan salah satu diet yang cukup terkenal di dunia. Seperti yang dilakukan oleh artis Indonesia yaitu Fitri Tropica yang berhasil menurunkan berat badang hingga 6 kg dalam waktu 2 minggu.

Lalu, apa itu sebenarnya diet mayo? kali ini kita akan ulas tentang diet mayo secara tuntas. Secara garis besar, diet mayo adalah diet tanpa garam yang dilakuakn selama 13 hari, selama 13 hari kita tidak boleh mengkonsumsi garam atau makanan yang mengandung rasa asin. Simak penjelasan dibawah secara lebih lanjut tentang program diet mayo, cara diet mayo dan menu makan diet mayo.

Apa itu Diet Mayo?

Diet mayo merupakan diet yang pada mulanya diprakarsai sebuah klinik di Amerika Serikat bernama Mayo Clinic. Program diet mayo ini berbeda dengan beberapa metode diet lainnya yaitu dengan melakukan puasa garam selama 13 hari atau tidak mengkonsumsi jenis makanan mengandung garam.

Mengapa harus puasa garam? karena garam memiliki sifat menahan air dalam tubuh, sehingga akan terlalu banyak air yang tidak dapat keluar dalam tubuh sehingga mengakibatkan berat tubuh semakin bertambah.

Selama melakukan diet mayo 13 hari, seluruh garam beserta air dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Dan ketika tubuh tidak memperoleh asupan garam maka secara otomatis berat badan akan menyusut. Berbeda dengan jenis diet lainnya yang bersifat jangka pendek, diet mayo memiliki jangka lebih panjang. Pihak Mayo Clinic juga menghimbau untuk melakukan diet mayo sebagai gaya hidup baru dan sehat. Hal ini berkaitan karena diet mayo cukup sederhana dilakukan yaitu mengubah kebiasaan lama yang buruk menjadi pola hidup sehat.

Metode Diet Mayo yang Benar

Agar diet mayo berhasil, maka menu diet mayo harus dikonsumsi dan dan dilakukan selama 13-14 hari tanpa terlewati. Jika dalam waktu 13-14 hari ada menu yang terlewatkan maka anda sudah gagal melakukan diet mayo. Jika anda berhasil melakukan diet mayo maka berat badan anda berhasil turun sekitar 7 hingga 8 kilogram dalam jangka waktu 13 hari.

Lalu bagaima cara kerja diet mayo yang efektif turunkan berat badan dan 13 hari? Simak penjelasan berikut ini.

Dalam diet mayo disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak air mineral, minimal 8 gelas dalam sehari. Banyaknya air dikonsumsi sebagai sarana untuk mengeluarkan garam-garam yang ada dalam tubuh. Jadi selama masa diet mayo sekitar 13 hari,garam yang ada dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Sehingga dalam tubuh tidak lagi ada asupan garam yang dapat memicu peningkatan volume air dalam tubuh, karena air tersebut yang menjadi penyebab berat badan berlebih.

Ketika dalam tubuh sudah tidak ada lagi kandungan garam, maka berat bada perlahan akan turun. Dalam diet mayo, dengan mengkonsumsi banyak air tidak akan membuat berat badan naik, karena air tersebut tidak akan tertimbun jika dalam tubuh tidak ada lagi asupan garam. Setelah anda berhasil melakukan diet mayo, anda dapat kembali minum air putih dalam jumlah normal. Diet mayo disarankan agar dilakukan oleh seorang yang ingin menurunkan berat badan minimal satu kali dalam satu tahun.

Cara Diet Mayo Yang Benar

Untuk berhasil melakukan diet mayo, terdapat beberapa cara yang baik dan benar, simak aturan berikut ini:

1. Stop konsumsi garam selama 13 hari
Diet mayo mengharuskan kita untuk benar-benar tidak makan garam atau konsumsi jenis makanan yang mengandung garam selama 2 minggu. Hal ini sangat mutlak dilakukan, jika terjadi pelanggaran, maka program diet diulangi dari awal.

2. Banyak konsumsi air mineral
Karena tidak ada lagi asupan garam dalam tubuh yang berarti tidak ada lagi pengikat dalam tubuh, maka dalam diet mayo diharuskan untuk banyak minum air mineral agar tubuh tetap sehat dan tidak dehidrasi.

3. Perlunya komitmen
Salah satu kunci berhasil melakukan diet mayo yaitu fokus pada tujuan yang diinginkan, dibanding dari rasa menu makanan diet yang tersaji didepan anda. Untuk mencegahnya, ada baiknya saat diet anda perlu membatasi mata anda agar tidak tergiur dengan makanan lain yang ada di meja makan atau gambar makanan di sosial media.

4. Tetap olahraga
Agar lebih efektif, paling tidak lakukan olahraga 300 menit setiap harinya.

5. Tentukan jadwal dan menu makan diet mayo
Sebelum melakukan diet mayo tentukan terlebih dahulu jadwal dan menu makanan yang akan dikonsumsi selama jalannya program diet mayo. Pilih menu makanan yang tidak mengandung garam atau zat yodium.

Daftar Menu Diet Mayo

Menu diet mayo yang benar adalah jenis menu makanan yang seimbang termasuk sayuran dan buah-buahan tanpa dicampur dengan garam. Jenis menu sehat yang disarankan seperti seikat bayam yang dimasak tanpa garam dalam waktu tidak terlalu lama. Selain itu anda juga bisa menambahkan selada mentah dalam setiap menu makan yang anda konsumsi.

Disarankan dalam melakukan diet mayo untuk tidak mengkonsumsi minuman atau makanan yang terlalu dingin. Selain itu jika anda mengkonsumsi daging, atur jumlah daging yang akan dimakan, dan masak menggunakan minyak jagung atau danish butter tentunya tanpa menambahkan garam.

Untuk mengatur jadwal konsumsi makanan selama diet mayo, anda perlu membuat jadwal selama 13 hari dengan selembar kertas atau di ponsel anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh jadwal menu diet mayo yang benar dalam 13 hari.

JADWAL DIET MAYO

– Waktu diet : 13 hari
– Larangan : Garam dan Air es
– Syarat : Banyak minum air putih min 8 gelas sehari

HARIPAGISIANGMALAM
1 & 8secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
2 & 9secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
3 & 10secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
4 & 11 secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20grpepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
5 & 12sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
6 & 13secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakarc2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
7secangkir kopi/teh tanpa gula1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar2 butir telur rebus + 2 pisang

Note:
– Jika salah satu menu dilanggar, maka diet harus diulangi dari awal
– Masak menu makanan dengang Unsalted butter
– Makan malam pukul 18:00

Itulah penjelasan singkat tentang diet mayo dan contoh jadwal menu makan diet mayo yang benar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.