30 Cara dan Menu Diet Penderita Asam Lambung yang Aman Serta Efektif Menurunkan Berat Badan

Posted on

Cara dan Menu Diet Penderita Asam Lambung yang Aman – Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh sehat disertai dengan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Karena itu sebagian dari mereka melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan keinginan tersebut, salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan diet.

Namun tidak semua orang dapat melakukan program diet sesuai dengan keinginan mereka. Terutama pada orang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung. Para penderita asam lambung masih dapat melakukan diet namun dengan catatan harus dilakukan dengan beberapa cara dan modifikasi jenis menu yang dikonsumsi saat diet.

Meskipun memiliki resiko dapat menaikkan asam lambung, berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir naiknya asam lambung ketika anda sedang melakukan diet serta jenis menu diet yang dapat anda konsumsi.

Cara Diet Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung masih dapat menjalankan program diet asalkan diet yang dilakukan harus dilakukan dengan cara sehat dan aman sehingga tidak memperparah asam lambung. Beikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dalam diet bagi penderita asam lambung, antara lain

1. Pilih Menu Diet
Bagi penderita asam lambung yang ingin menjalankan program diet cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur menu makanan. Menu diet penderita asam lambung yang baik adalah dengan mengkonsumsi nasi porsi kecil setiap tiga jam sekali dan mengganti cemilan dengan jenis buah rendah kalori seperti melon, semangkan atau pepaya.

2. Hindari Jenis Makanan yang Sulit Dicerna
Cara diet penderita asam lambung selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi jenis makanan yang sulit untuk dicerna seperti keju, gorengan, cokelat atau kue tart. Selain itu, hindari juga jenis pedas seperti lada, cabai paprika, hingga makanan yang mengandung banyak krim.

3. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Gas
Jenis minuman yang sebaiknya dihindari adalah kopi, teh, coklat dan minuman bersoda, karena dapat merangsang asam lambung dan mengiritasi kerongkongan sehingga menyebabkan makanan bisa kembali lagi ke dalam mulut sehingga perut menjadi mual.

4. Rutin Berolahraga
Selain memperhatikan menu makan yang dikonsumsi saat diet, anda juga perlu melakukan olahraga kecil secara rutin seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, bersepeda, jalan kaki atau melakukan gerakan kecil ditempat.

5. Mengkonsumsi Obat Maag
Cara selanjutnya agar terhindar dari kambuhnya penyakit asam lambung saat melakukan diet adalah dengan mengkonsumsi obat maag. Namun usahakan mengkonsumsi obat maag herbal seperti menggunakan ramuan dari biji pepaya yang tinggi serat. Caranya dengan menumbuk halus biji pepaya kering lalu seduh dengan air hangat dan konsumsi secara teratur setiap hari.

6. Hindari Merokok
Cara diet bagi penderita asam lambung selanjutnya adalah dengan menghindari atau hentikan kebiasaan merokok. Seperti yang diketahui bahwa diet adalah program untuk menyehatkan sehingga harus dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Sedangkan kita ketahui jika merokok adalah salah satu bentuk pola hidup tidak sehat dan memang seharusnya dihentikan. Selain itu, merokok juga dapat memicu naiknya kadar asam dan gas dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung, mual dan juga nyeri.

7. Lakukan Secara Bertahap
Tahap selanjutnya agar anda terbebas dari masalah asam lambung ketika melakukan program diet adalah dengan melakukan program diet secara bertahap dengan tetap memperhatikan target. Seperti contohnya tentukan berat badan menurun dari 5 sampai 10% dalam satu minggu lalu jika sukses lanjutkan ketahap berikutnya dan lakukan secara konsisten.

8. Kualitas Tidur
Tidak hanya pola makan yang diperhatikan, pola tidur juga harus tetap diperhatikan dalam menjalankan program diet. Dengan menjaga pola istirahat dengan baik dan cukup dapat membantu program diet berjalan dengan baik dan sehat. Perlu diketahui jika penyakit asam lambung juga dapat terjadi akibat pola tidur yang tidak teratur. Karena ketika tidur lambung akan bekerja lebih cepat namun tidak sesuai dengan waktunya. Usahakan untuk tidur 7 hingga 8 jam perhari untuk menjalani pola hidup sehat.

Menu Diet Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa jenis makanan menu diet bagi penderita asam lambung yang dapat dijadikan sebagai contoh menu diet anda.

1. Makanan Pokok
Makanan pokok anda bisa mengganti nasi dengan gandum, barley, beras merah atau jowar (shorgum).

2. Buah-buahan
Buah-buahan anda dapat mengkonsumsi buah kurma, buah tin, delima, pisang, semangka, atau timun yang juga bisa membantu mengurangi kadar asam lambung.

3. Lauk Pauk
Lauk pauk yang dapat dikonsumsi berasal dari makanan dengan protein sedang seperti daging tanpa lemak atau telur tanpa kuningnya.

4. Rempah Rempah Pilihan
Rempah pilihan seperti jinten, ketumbar, atau kapulaga juga bisa dijadikan sebagai campuran rempah untuk menu diet anda.

5. Produk Olahan Susu
Pada program diet penderita asam lambung masih dapat mengkonsumsi susu namun pilihlah susu skim atau susu rendah lemak , karena jenis produk susu lainnya dapat memperburuk gejala asam lambung.

6. Minuman
Selanjutnya, anda juga perlu memperhatikan jenis minuman untuk menunjang program diet yang anda lakukan. Jenis minuman yang tidak baik dikonsumsi pada diet ini seperti alkohol, kopi, air teh, atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Karena kafein dapat memperburuk gejala asam lambung.

Jenis makanan yang dapat dikonsumsi selanjutnya, seperti :

  1. Bubur ayam tanpa santan
  2. Tempe kukus
  3. Sayuran tidak berserat tinggi
  4. Ikan omega 3
  5. Madu
  6. Buah Cranberry
  7. Kentang
  8. Yogurt Tanpa Lemak
  9. Bubur Kacang Hijau
  10. Biskuit Jahe
  11. Salad Sayur Rendah Serat
  12. Makanan Mengandung Flavonoid
  13. Makanan Mengandung Probiotik
  14. Ubi Jalar
  15. Popcorn
  16. Putih Telur

Itulah penjelasan tentang Cara dan Menu Diet Penderita Asam Lambung yang Aman  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.