12 Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami yang Efektif

Posted on

Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi – Menjaga kebersihan gigi adalah hal yang harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk memiliki kualitas gigi yang baik. Gigi memiliki peran yang sangat penting, bukan hanya untuk mengunyah, gigi juga berperan dalam menunjang penampilan.

Kurangnya perhatian pada gigi dalam perawatannya akan menimbulkan berbagai masalah gigi seperti gigi menjadi kuning, hingga munculnya karang gigi yang sangat mengganggu penampilan. Selain mengganggu penampilan, munculnya karang gigi juga dapat menyebabkan komplikasi seperti masalah gusi bengkak, iritasi, dan menyebabkan gigi berlubang.

Karang gigi terbentuk karena adanya reaksi kimia antara protein, sisa makanan dan bakteri yang ada didalam mulut. Hasil reaksi tersebut berupa plak berwarna kuning, yang jika dibiarkan dapat menjadi karang gigi.

Terdapat banyak teknik yang digunakan untuk menghilangkan karang gigi, mulai menggunakan teknik medis atau menggunakan cara tradisional alami. Namun, kebanyakan dari mereka menggunakan teknik atau cara tradisional untuk menghilangkan karang gigi karena lebih aman dan tanpa efek samping.

Cara menghilangkan Karang Gigi

1. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Menggosok Gigi dengan Benar
Salah satu cara mudah untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan cara menggosok gigi dengan benar. Menggosok gigi sudah menjadi kebiasaan kita setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi jangka panjang, seperti mencegah gigi berlubang, mencegah timbulnya plak gigi, dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Untuk menghindari terbentuknya karang gigi, anda harus menggosok gigi dengan benar dan sebaiknya gunakan pasta gigi yang banyak mengandung flouride untuk memudahkan dalam membersihkan karang gigi yang bandel.

2. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Kulit Jeruk
Tidak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat, kulit jeruk juga memiliki manfaat, seperti salah satunya untuk membantu menghilangkan karang gigi. Hal ini karena kulit jeruk memiliki kandungan senyawa limonene dan vitamin C yang berperan sebagai antibakterial.

Cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk adalah dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi, dan untuk menjangkau bagian dalam, anda dapat mengerok bagian putih pada kulit jeruk lalu gunakanan untuk menggosok gigi dengan sikat gigi.

3. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Siwak
Siwak adalah ranting pohon yang sering digunakan untuk menggosok gigi, pohon siwak banyak tumbuh di Afrika, Arab dan kawasan Asia Barat. Siwak juga memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya plak pada gigi. Hal ini karena siwak memiliki kandungan enzim dan senyawa yang bermanfaat sebagai antibakteri. Selain itu, siwak juga memiliki kandungan vitamin c, Flouride, Pottasium, Klorida, Tannin, Sulfur dan zat lainnya yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan karang gigi membandel.

4. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Benang Gigi
Karang gigi biasanya sering timbul dibagian dekat dengan gusi sehingga akan sedikit kesulitan jika dijangkau oleh sikat gigi. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan benang gigi. Meskipun tidak membersihkan secara tuntas, benang gigi dapat menghilangkan karang dibagian dalam. Namun, disarankan untuk menggunakan benang gigi secara hat-hati karena menggosokkan benang gigi dengan keras dapat merusak email gigi.

5. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Konsumsi Jambu Biji
Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jambu biji. Menurut studi yang pernah dilakukan di India menyatakan jika mengkonsumsi jambu biji dapat dijadikan cara alami untuk membantu menghilangkan masalah karang dan plak pada gusi. Caranya sangat gampang, anda hanya mengkomsumsi buah jambu biji dengan sedikit garam lalu kunyah-kunyah menggunakan bagian gigi yang memiliki karang tebal.

6. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda
Cara lain untuk membantu menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat yang sangat efektif untuk membantu menetralkan proses pembusukan kadar asam dalam mulut. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dengan 1/2 sdt garam, lalu gunakan untuk menggosok karang gigi secara perlahan untuk membantu merontokkan karang gigi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin yaitu 3 kali seminggu.

7. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Cengkeh
Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, cengkeh juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan karang gigi dengan cepat dan aman. Cengkeh memiliki kandungan senyawa yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dan menghilangkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh adalah dengan mencampurkan cengkeh bubuk dengan 5 tetes minyak zaitun lalu gosokkan secara perlahan pada gigi lalu sikat seperti biasanya menyikat gigi.

8. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Tomat dan Strawberry
Tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi termasuk untuk menghilangakan karang gigi. Sedangkan strawberry memiliki kandungan asam malat yang berguna untuk menghilangkan plak dipermukaan gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan tomat dan strawberry adalah dengan menghaluskan tomat dan strawberry lalu gunakan untuk menggosok gigi secara rutin.

9. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Biji Wijen
Biji wijen memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab gigi berkarang. Cara menghilangkan karang gigi dengan biji wijen adalah dengan rutin mengunyah biji wijen, kemudian ratakan dengan sikat gigi, lalu berkumur dengan air bersih, namun hindari menelan biji wijen yang sudah dikunyah.

10. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Makan Pedas
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung cabe dapat membantu menjaga kesehatan gigi, hal ini karena cabe memiliki kandungan vitamin A, B6, C, dan asam folat yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut.

11. Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Halus
Selain untuk bumbu dapur, garam juga bermanfaat untuk membantu mengatasi karang gigi. Caranya yaitu dengan menggosokkan garam halus pada gigi seperti menggosok gigi pada umumnya, lalu kumur-kumur dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu.

12. Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi dengan sering konsumsi buah melon
Cara selanjutnya untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan sering mengkonsumsi buah melon. Melon memiliki kandungan serat alami dan tinggi air yang mampu memproduksi air liur. Sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Cepat Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..