Cara Berhenti Merokok Secara Permanen Tanpa Obat dan Aman Secara Alami

Posted on

Cara Berhenti Merokok  – Sudah menjadi rahasia umum jika merokok berbahaya untuk kesehatan. Meskipun demikian rokok masih menjadi komoditas tertinggi di Indonesia. Bahkan menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI, 51,1 persen masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Ini adalah angka tertinggi di Asia Tenggara.

Merokok menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan jenis penyakit lainnya. Hal ini disebabkan karena rokok memiliki kandungan bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida.

Adanya kandungan nikotin pada rokok menjadi penyebab utama kecanduan sehingga seseorang akan susah untuk berhenti dari merokok meskipun mengetahui bahaya yang mengintai didalamnya. Untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara dan trik yang dapat digunakan untuk bisa berhenti merokok.

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok dengan Produk Pengganti Nikotin

Saat ini ada beberapa produk yang sengaja ditujukan sebagai pengganti rokok yang disebut dengan Nicotine Replacement Therapy atau NRT. Namun produk tersebut tidak bisa didapatkan secara bebas, dan hanya bisa didapatkan dengan mendatangi terapi di psikiater atau profesional di bidangnya untuk mendapatkan produk ini sesuai resep yang didosiskan.

Beberapa jenis produk yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok antara lain:

  • Permen karet nikotin
  • Inhaler pengganti nikotin
  • Obat semprot hidung atau mulut
  • Tablet isap yang dikonsumsi dengan meletakkannya di bagian dalam pipi
  • Tablet sublingual yang dikonsumsi dengan meletakkannya di bawah lidah
  • Transdermal atau ‘koyo’ nikotin yang ditempel di punggung atau tubuh bagian atas

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

  • Cara selanjutnya untuk berhenti merokok tanpa efek samping yaitu dengan metode alami, berikut beberapa cara alami yang bisa anda lakukan agar dapat berhenti merokok, antara lain:
  • Cari hobi sesuai dengan diri anda untuk membantu mengalihkan pikiran agar tidak memiliki keinginan untuk merokok.
  • Cari motto anda kenapa berhenti merokok karena bisa menjadi sugesti otomatis untuk mendukung anda agar lebih semangat berhenti merokok.
  • Kurangi kafein seperti dari kopi, karena kafein memiliki dua kali lipat lebih efektif ketika berkurangnya nikotin.
  • Hindari berkumpul dengan orang-orang yang merokok dan dengarkan pendapat orang tentang bahaya merokok.
  • Jika rasa ingin merokok datang lagi, anda harus ingat dengan motto dan tujuan anda berhenti merokok.
  • Jika kecanduan nikotin sudah mengganggu psikologis, anda dapat mengunjungi psikiater untuk membantu mengatasi masalah anda.
  • Jika anda berhasil berhasil berhenti merokok selama beberapa bulan. Beri penghargaan terhadap diri anda dengan memberikan hadiah pada diri sendiri.
  • Saat mencoba berhenti merokok, sisihkan uang jatah beli rokok dalam wadah transparan, jadikan sebagai motivasi anda, dengan berhenti merokok maka akan menghemat pengeluaran bahkan bisa menyisihkan uang sebagai tabungan.

Cara berhenti merokok permanen memanglah tidak semudah pengucapannya, bagi sebagian orang membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk benar-benar bisa berhenti secara permanen. Dalam menjalankan proses ini akan ada banyak tantangan yang dihadapi seperti datangnya keinginan untuk kembali merokok dan lainnya. Karena itu perlu motivasi dan keinginan yang kuat dari dalam diri sendiri agar tujuan berhenti merokok dapat berhasi. Semoga dengan mengikuti berbagai tips diatas, anda dapat terhindari dari berbagai macam bahaya dari merokok.

Itulah penjelasan tentang Cara Berhenti Merokok Secara Permanen Tanpa Obat dan Aman  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.