10 Cara Benar Melakukan Diet OCD untuk Pemula Secara Optimal 100% Berhasil

Posted on

Cara Benar Melakukan Diet OCD  – Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) adalah program diet yang dikenalkan oleh sang mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier. Diet OCD digadang-gadang bisa mampu menurunkan berat badan hingga 4 kg dalam seminggu. Diet OCD berguna untuk memangkas timbunan lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet yang menawarkan hasil menakjubkan ini menarik perhatian banya peminat dari berbagai kalangan, mula dari kalangan biasa hingga para selebritis pun berminat untuk melakukan diet OCD.

Sang Master Deddy Corbuzier menawarkan metode diet yang berbeda dengan jenis-jenis diet lainnya, dan dapat dikatakan bahwa diet OCD tergolong unik karena menerobos metode-metode diet konvensional sebelumnya. Jika pada jenis diet lainnya kita hanya mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanan yang di konsumsi. Pada diet OCD memperbolehkan kita untuk mengkonsumsi jenis makanan apapun pada waktu tertentu dengan beberapa aturan penerapannya.

Untuk berhasil melakukan diet OCD , anda harus melakukan tahapan-tahapan dengan mengikuti proses ‘Jendela Makan’ seperti yang dituliskan Deddy Corbuzier pada ebook-nya. Dalam ebook-nya Deddy menjelaskan bahwa OCD adalah program menurunkan berat badan dengan cara puasa singkat.

Dikatakan puasa singkat yang artinya anda diperbolehkan minum air putih atau teh tanpa gula, dan selama puasa anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi asupan kalori salam sekali. Dalam diet OCD anda bisa menentukan sendiri waktu untuk memulai OCD namun hindari sarapan pagi.

Puasa singkat dalam diet OCD terbagi dalam Puasa 16 jam, 18 jam , 20 jam dan 24 jam. Dalam melakukan puasa singkat diet OCD akan ada istilah ‘jendela makan’. Jendela makan yang dimaksud adalah Anda boleh makan apa pun termasuk makanan berlemak sesuai selera. Akan tetapi, Deddy menyarankan agar tidak rakus.

Seperti pernyataan yang diberikan Deddy Corbuzier berikut ini : “Saya mengatakan bahwa makanlah apa yang biasa Anda makan. Jadi kalau biasanya Anda makan nasi rames gara-gara OCD, Anda makan junk food. Jangan malah makin gila. Kalau biasanya makan junk food ya silakan makan junk food. Jadi jangan mengubah pola makan,”

Cara Melakukan Diet OCD

Tahapan-tahapan yang anda lakukan agar berhasil melakukan diet OCD, dapat anda simak dibawah ini.

Tahap 1. Waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam

Pada proses tahap pertama, anda harus melakukan puasa selama 16 jam dan mengkonsumsi makanan pada rentang waktu 8 jam. Yang artinya anda diperbolehkan mengkonsumsi makanan selama 8 jam, namuan setelah lebih dari 8 jam anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan apapun, kecuali minum air putih atau minuman tanpa kalori.

Contohnya, anda akan melakukan diet pada jam 8 pagi, maka anda dapat mengkonsumsi makanan sampai jam 4 sore. Namun setelah jam 4 sore anda harus melakukan puasa sampai jam 8 pagi.

Meskipun dikatakan dengan istilah berpuasa, dalam diet ini anda dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi air putih. Metode diet OCD tahap 1 ini anda lakukan selama 2 minggu agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Setelah dua minggu, maka akan naik ke tahap 2 yaitu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam.

Tahap 2. Waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam

Pada proses tahap 2 , perbedaan yang lakukan yaitu hanya pada waktu durasi makan yang dilakukan. Untuk proses tahap ini, anda harus melakukan puasa selama 18 jam dan mengkonsumsi makanan pada rentang waktu 6 jam. Yang artinya anda diperbolehkan mengkonsumsi makanan selama 6 jam, namuan setelah lebih dari 6 jam anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan apapun, kecuali minum air putih atau minuman tanpa kalori.

Contohnya, anda akan melakukan diet pada jam 8 pagi, maka anda dapat mengkonsumsi makanan sampai jam 2 sore. Namun setelah jam 2 sore anda harus melakukan puasa sampai jam 8 pagi. Sama seperti tahap 1, pada tahap 2 anda juga masih dapat mengkonsumsi air putih.

Tahap 3. Waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam

Pada tahap 3 anda diharuskan untuk melakukan puasa 20 jam dan bebas waktu makan 4 jam. Cara yang dilakukanpun tidak jauh berbeda dengan tahapan sebelumnya, kecuali pada perbedaan waktu bebas makan dan lamanya waktu berpuasa.

Contohnya, anda akan melakukan diet pada jam 8 pagi, maka anda dapat mengkonsumsi makanan sampai jam 12 siang. Namun setelah jam 12 siang anda harus melakukan puasa sampai jam 8 pagi. Sama seperti sebelumnya anda juga masih dapat mengkonsumsi air putih.

Tahap 4. Berpuasa 24 jam

Pada tahap 4, anda tidak memiliki waktu jendela makan untuk mengkonsumsi makanan dengan bebas. Anda hanya dapat memiliki kesempatan untuk makan sekali dalam sehari, dan selanjutnya anda melakukan puasa selama 24 jam. Namun pada tahap 4, anda masih dapat mengkonsumsi air putih sebagai sumber asupan nutrisi.

Contohnya, anda memulai diet OCD tahap 4 pada jam 8 pagi, maka anda hanya diperbolehkan makan pada saat jam 8 saja dan selanjutnya anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan apapun selama 24 jam kecuali mengkonsumsi air putih.

Untuk diperhatikan, diet OCD tahap 4 hanya dilakukan sebagai kombinasi dari tahapan tahapan sebelumnya atau sebagai selingan pada tahap 1, tahap 2, atau pada tahap 3. Tahapan ini dapat dilakukan 2 kali atau 3 kali dalam seminggu.

Tips Berhasil Melakukan diet OCD

Setelah kita mengetahui tahapan proses dari Diet OCD, kita juga tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan secara teratur agar diet yang dilakukan berjalan dengan hasil maksimal. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk tetap menjaga asupan nutrisi dengan mengkonsumsi jenis makana yang baik dikonsumsi saat melakukan Diet.

Pilih jenis makanan saat melakukan diet OCD
Meskipun dalam diet OCD kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis makanan apapun, sebaiknya kita tentukan juga jenis makanan yang kita konsumsi yang berguna untuk menjaga kondisi tetap prima saat melakukan puasa. Beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat melakukan diet OCD antara lain:

1. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dan menjaga metabolisme tubuh yang membantu anda untuk tetap merasa bugar ketika menjalani puasa. saat melakukan diet OCD ini dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat antara 50% sampai 60% dari kebutuhan kalori di dalam tubuh. Jenis karbohidrat yang dianjurkan yang dianjurkan yaitu roti gandum ,kacang-kacangan ,polong-polongan dan wholegrain . Anda juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi nasi dengan porsi seimbang.

2. Protein
Asupan protein juga dibutuhkan pada proses diet OCD. Protein yang digunakan adalah protein rendah lemak jahat dan kolesterol. Protein tersebut bisa didapatkan dari dada ayam tanpa kulit, ikan, tahu, tempe, telur dan lainnya. Usahakan konsumsi makanan tersebut dengan cara direbus atau dikukus, karena jika digoreng akan memiliki kandungan lemak jahat yang berasal dari minyak.

3.  Vitamin
Vitamin dibutuhkan untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, asupan vitamin dalam tubuh juga membantu tubuh meras lebih segar dan lebih bugar. Asupan vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan segar (apel,anggur, mangga, pir , pepaya ) , selain pada buah-buahan kita juga dapat menemukan kandungan vitamin di sayuran hijau seperti bayam,kangkung , wortel , selada dan lain sebagainya.

4. Lemak
Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang berasal dari telur , ikan ,kacang-kacangan (kacang tanah , kacang almond , kacang polong), wijen dan biji bunga matahari. Kandungan lemak baik sangat dibutuhkan oleh tubuh karena digunakan untuk menurunkan kada kolesterol didalam tubuh , selain itu digunakan untuk kesehatan kulit dan rambut kita .

5.  Air mineral
Dalam diet OCD air mineral memiliki fungsi sangat penting. Asupan air mineral yang tercukupi akan membuat tubuh menjadi lebih seimbang. Karena dalam air mineral mengandung fosfor,magnesium , zinc , zat besi dan lain sebagainya yang baik untuk tubuh.

Lakukan olahraga 07W
Agar diet OCD lebih optimal, Deddy Coebuzier menyarankan agar anda melakukan olahraga 07W. Dalam olahraga tersebut terdapat 12 gerakan latihan yang dapat anda lakukan yaitu :

  1. Jumping Jacks : Lakukan gerakan ini selama 30 detik, tujuannya untuk melatih seluruh otot tubuh anda
  2. Wall sit : Lakukan posisi duduk menahan tubuh di tembok ini selama 30 detik, tujuannya adalah melatih otot bawah
  3. Push up : Lakukan gerakan ini selama 30 detik, tujuannya adalah untuk melatih otot bagian atas
  4. Crunch Perut : Lakukan gerakan ini selama 30 detik, Tujuannya adalah untuk melatih otot tengah pada perut
  5. Step – Up Onto Chair : Naik turun kursi atau tangga ini dilakukan selama 30 detik, Tujuannya adalah untuk melatih seluruh otot
  6. Squat : Lakukan gerakan ini selama 30 Detik untuk melatih otot bawah
  7. Trisep : Trisep dengan kursi, lakukan gerakan ini selama 30 detik untuk melatih otot bagian atas
  8. Planking : Lakukan gerakan plank ini selama 30 detik, untuk melatih keseimbangan otot
  9. High Knees Running in Place : Lari di tempat 30 detik sebagai bentuk kardio
  10. Lunge : Lakukan gerakan ini selama 30 detik untuk melatih otot bawah
  11. Push up & Rotation : Lakukan gerakan ini selama 30 detik untuk melatih otot atas
  12. Slide Planking : Lakukan gerakan ini untuk melatih seluruh otot tubuh selama 30 detik

Itulah penjelasan tentang Cara Benar Melakukan Diet OCD untuk Pemula  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.