15 Cara Alami Mengobati Kutu Air Pada Kaki Dengan Mudah Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Alami Mengobati Kutu Air – Kutu air adalah infeksi kulit yang disebabkan olej jamur atau bakteri. Lazimnya jamur atau bakteri memang hidup dikulit atau menempel dikulit kita, yang umumnya tidak menimbulkan masalah serius. Namun dalam beberapa kasus ada jamur yang bersarang dalam kulit bisa menyebabkan penyakit hingga menyebabkan infeksi, seperti contohnya pada jamur kutu air.

Kutu air dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah dan mengeluapas hingga menyebabkan rasa nyeri pada kaki. KOndisi yang sering menjadi alasan jamur bisa menyebabkan infeksi sperti misalnya, jamur tumbuh pada lingkungan lembab, pengap, dan hangat. Kutu air biasanya bersarang pda sela-sela jari kaki, karena area tersebut adalah lingkungan yang lembab, hangat dan pengap.

Pada umumnya, kutu air akan menyerang pada bagian sela-sela kaki atau telapak kaki. Namun terdapat juga kasus yang tergolong jarang, kutu air juga bisa menyerang pangkal paha, ketiak, bahkan pada tangan. Penyakit kutu air adalah salah satu penyakit yang dapat menular, biasanya penularannya terjadi akibat kontaminasi dari penderita melalui bekas air yang digunakan atau tempat lembab yang telah terkontaminasi oleh penderita kutu air.

Cara Mangobati Kutu Air

Karena kutu air tergolong salah satu penyakit menular, jika tidak diobati dengan segera bisa menular dan menginfeksi pada orang-orang sekitar. Selain itu, masalah kutu air akan membuat anda merasa tidak nyaman karena terasa gatal dan perih. Untuk membantu mengatasi masalah kutu air, simak beberaca cara lami yang dapat anda lakukan untuk mengobati kutu air berikut ini.

1. Garam
Cara paling efektif dan mudah untuk mengatasi kutu air adalah dengan menggunakan garam dapur. Garam merupakan antiseptik alami yang berfungsi untuk membunuh jamur-jamur penyebab kutu air yang menempel pada kulit kaki. Cara mengatasi masalah kutu air dengan garam dapur yaitu dengan merendam kutu air menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam. Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan secara rutin.

2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung zat asam laurat yang efektif untuk membunuh jamur penyebab kutu air. Selain itu, minyak kelapa juga bekerja untuk melembabkan kaki dan meningkatkan nutrisi kulit sehingga akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Serta kandungan anti-inflamasi pada minyak kelapa berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri pada luka kutu air. Cara mengatasi masalah kutu air dengan minyak kelapa adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada kaki yang terkena kutu air.

3. Minyak Tohon Teh / Tea Tree Oil
Cara alami untuk mengatasi masalah kutu air adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Kandungan alami pada minyak pohon teh berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit tak terkecuali dengan masalah kutu air. Sedangkan kandungan antiokdisan pada minyak pohon teh berkhasiat untuk mencegah dampak buruk radikal bebas sehingga membuat kulit tetap terjaga. Untuk mengatasi masalah kutu air anda hanya cukup mengoleskan minyak pohon teh pada area kutu air dan lakukan secara rutin 3 kali sehari.

4. Cuka Apel
Cara selnjutnya untuk mengatasi masalah kutu air yaitu dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki tingkah pH yang efektif untuk menyeimbangkan kondisi kulit dan berguna untuk membunuh kuman penyebab kutu air. Cara mengatasinya yaitu dengan oleskan cuka apel pada kutu air secara rutin 3 kali sehari.

5. Soda Kue
Soda kue memiliki kandungan antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman atau jamur penyebab kutu air. Cara untuk mengatasi kutu air dengan soda kue yaitu dengan mencampurkan soda kue kedalam air hangat lalu gunakan untuk merendam kutu air selama 20 menit. Lakukan cara ini 2 kali pada pagi dan sore hari.

6. Daun Sirih
Daun sirih mengandung antiseptik yang sangat efektif untuk membunuh kuman pada kutu air. Cara mengatasi masalah kutu air dengan daun sirih adalah dengan merebus daun sirih dengan ditambahkan garam. Dalam kondisi hangat gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air. Lakukan cara ini secara rutin untuk menghilangkan kutu air.

7. Daun Talas
Daun talas memiliki kandungan antibiotik alami yang berkhasiat untuk mencegah infeksi, salah satunya yaitu akibat jamur kutu air. Kandungan antioksidan dalam daun talas seperti polifenol berkhasiat untuk meningkatkan daya tubuh. Sedangkan kandungan antiseptik dalam daun talas efektif untuk membunuh jamur seperti jamur kutu air. Cara mengatasi kutu air dengan daun talas adalah dengan ambil kulit ari dari daun talas lalu balutkan pada kutu air. Namun anda harus berhati-hati karena getah pada daun talas bisa menimbulkan rasa gatal.

8. Bawang Putih
Kandungan minyak atsiri dan allicin pada bawang putih bermanfaat sebagai antiseptik, anti bakteri dan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi masalah jamur atau bakteri. Kombinasi senyawa dalam bawang putih akan sangat efektif digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman pada kutu air. Cara mengatasi masalah kutu air dengan bawang putih adalah dengan menumbuk halus bawang putih lalu tempelkan tumbukan tersebut pada kulit yang terkena kutu air.

9. Singkong
Kandungan sianida yang terdapat dalam singkong ternyata ampuh digunakan untuk mengatasi masalah kutu air. Caranya dnegan menumbuk halus singkong lalu gunakan hasil tumbukan tersebut untuk ditempelkan pada kulit yang terkena kutu air. Tunggu hingga mengering sehingga kandungan sianida dalam singkong benar-benar efektif untuk membunuh jamur. Setelah kering basuh menggunakan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mengdapatkan hasil optimal.

10.Teh
Selain minyak dari pohon teh, teh mengandung antiseptik dan juga antioksidan alami yang efektif untuk mempercepat penyembuhan kutu air maupun berbagai macam penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh bakteri atau kuman tak terkecuali juga untuk mengatasi masalah kutu air. Caranya adalah dengan merebus teh celup menggunakan air secukupnya. Diamkan hingga air teh tersebut dingin. Gunakan air teh tersebut untuk merendam kaki Anda yang terkena kutu air.

11. Pasta Gigi
Pasta gigi juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kutu air karena mengandung antiseptik. Caranya yaitu dengan oleskan pasta gigi pada bagian yang terkena kutu air lalu diamkan hingga mengering dan bsuh hingga bersih. Pasta gigi akan membuat luka kutu air lebih cepat mengering sehingga akan lebih cepat sembuh.

12. Yoghurt
Yoghurt mengandung kultur bakteri aktif yang efektif untuk membunuh infeksi jamur seperti pada masalah kutu air. Bakteri acidophilus hidup dalam yoghurt murni membantu mengendalikan infeksi jamur dan bakteri. Cara mengatasi kutu air dengan yoghurt adalah dengan mengunakan yoghurt murni, oleskan yoghurt pada bagain kutu air dan biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mengdapatkan hasil optimal tanpa membuat kulit menjadi kering.

13. Larutan Kayu Manis
Cara alami lainnya yang efektif untuk mengatasi masalah kutu air yaitu dengan menggunakan larutan kayu manis, karena larutan tersebut mengandung sifat anti jamur dan anti perspirant (pencegah keringat). Cara mengobatinya yaitu dengan siapkan beberapa potong kayu manis lalu rebus hingga mendidih dan gunakan air rebusan tersebut untuk merndam kaki yang terkena kutu air selama 40 menit, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuk kaki hingga kering menyeluruh.

14. Daun Zaitun
Kandungan sifat antijamur dan anti mikroba pada daun zaitun ampuh untuk membunuh jamur penyebab kutu air. Caranya dengan tumbuk halus daun zaitun hingga menjadi pasta , lalu gunakan cairan pasta tersebut untuk dioleskan pada luka kutu air, gunakan plester untuk membalut luka dan biarkan hingga 30 menit lalu basuh dan keringkan secara menyeluruh. Untuk lebih optimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

15. Bedak Tabur
Gunakan bedak tabur pada kaki ketika anda mengenakan kaos kaki dan sepatu. Bedak tabur dapat anda gunakan untuk mencegah kaki menjadi terlalu lembab karenga keringat. Karena jamur dan bakteri senang tumbuh pada lingkungan yang lembab dan hangat.

Itulah penjelasan tentang Cara Alami Mengobati Kutu Air Pada Kaki   Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.