Beberapa Golongan Wanita yang Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Pil KB Demi Kesehatan

Posted on

Wanita yang Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Pil KB – Salah satu metode penundaan kehamilan yang paling banyak dilakukan oleh wanita adalah pil KB. Selain karena mudah pemakaiannya, metode ini terbilang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun tahukah anda, jika tidak semua wanita dianjurkan untuk dapat mengkonsumsi pil KB. Mengapa demikian? Simak penjelasan dibawah.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kontrasepsi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk mengetahui keamanan konsumsi pil KB untuk anda. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa wanita dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pil KB.

Beberapa wanita yang tidak dianjurkan mengkonsumsi pil KB antara lain:

Usia Lebih dari 40 Tahun
Berdasarkan kutipan dari Verywell Health, wanita dengan usia lebih dari 40 tahun memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami penggumpalan darah ketika mengkonsumsi pil KB yang memiliki kandungan estrogen. Berdasarkan sebuah riset, dari 100ribu wanita usia lebih 40 tahun yang mengkonsumsi pil kb estrogen, terdapat kira-kira 100 diantaranya yang mengalami penggumpalan darah. Hal ini dikarenakan, dengan bertambahnya usia tubuh akan mengalami banyak penurunan fungsi. Selain itu, wanita diatas usia 40 tahun juga berrisiko mengalami penyumbatan arteri akibat pembekuan darah dengan meningkatkan 2 kali lipat dikarenakan mengkonsumsi pil KB. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan alternatif penggunaan kontrasepsi yang lebih aman untuk anda.

Wanita Pemiliki Migrain
Wanita pemilik migrain yang disertai dengan aura tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pil KB karena dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke iskemik. Hal ini dikarekan pil KB memiliki kandungan jenis estrogen sintenik yang disebut enthinyloestradiol. Peningkatan kadar estrogen inilah yang memicu munculnya stroke iskemik.

Meskipun resikonya kecil, pemilik migrain sebaiknya konsultasikan kedokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi pil kb. Namun jika tetap ingin mengkonsumsi pil kb, anda dapat mengkonsumsi pil kb mini dengan kandungan progesteron dosis rendah, karena ini akan lebih aman bagi pemilik migrain.

Wanita Perokok Aktif
Wanita perokok aktif juga dianjurkan untuk mengkonsumsi pil KB. Hal ini dikarenakan pil KB dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung termasuk komplikasi seperti stroke dan serangan jantung. Sedangkan pada perokok aktif yang berusia lebih dari 40 tahun akan cenderung memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah jantung.

Jika anda ingin mengkonsumsi pil KB, biasanya dokter akan menyarankan anda untuk berhenti merokok atau memberikan alternatif metode KB lainnya yang lebih aman.

Wanita Memiliki Riwayat Pembekuan Darah
Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pil KB dapat meningkatkan peluang pembekuan darah 2kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi pil KB atau alat kontrasepsi lainnya. Selain itu, resiko pembekuan darah juga akan lebih meningkat pada mereka yang sebelumnya memiliki riwayat gangguan pembekuan darah seperti hemofilia.

Wanita dengan Diagnosis Kanker Payudara
Bebagai penelitian menyebutkan, penggunaan pil kb dengan dosis tinggi meningkatkan risiko kanker payudara. Sedangkan wanita yang memiliki riwayat garis keturunan kanker payudara memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker payudara dengan mengkonsumsi pil kb. Bahkan, konsumsi pil kb juga meningkatkan risiko kambuhnya lagi penyakit kanker payudara lagi.

Itulah pembahasan singkat tentang Wanita yang Tidak Dianjurkan Mengkonsumsi Pil KB yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..