Bahaya Makan Nanas Bagi Pengidap Penyakit Diabetes Wajib di Ketahui

Posted on

Bahaya Makan Nanas Bagi Pengidap Penyakit Diabetes – Ada beberapa anggapan kalau Diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi nanas karena indeks glikemik (potensi peningkatan gula darah) sangat tinggi.

Sebuah review kesehatan yang ditulis Assistant professor at Middle Tennessee State University (MTSU), Debra Sullivan, PhD, MSN, RN, CNE, COI, cukup menarik. Ia membahas bagaimana buah nanas segar, bagaimana pun, sehat dan kaya nutrisi.

“Nanas segar lebih baik daripada buah kaleng, jus atau kaleng. Khusus yang mempunyai Diabetes, Anda harus tahu kalau buah segar ini bisa menjadi pilihan sehat selama Anda memperhatikan asupan karbohidrat lain,” katanya, seperti dikutip Healthline, Jumat (15/7/2016).

Debra berkata, bahwa ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pengidap Diabetes tersebut dalam mengonsumsi karbohidrat harian. Intinya , makanan harus mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi seperti misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Tolong “Hindari makanan yang tinggi lemak, makanan yang diproses, dan permen,” ujarnya.

Kemudian, hitunglah asupan karbohidrat karena dia bertanggung jawab untuk menaikkan kadar gula darah. Anda dapat merencanakan makan setiap kali makan.

Jumlah karbohidrat yang harus Anda konsumsi setiap kali makan dan snack tergantung pada banyak faktor, seperti obat, berat badan, tingkat aktivitas Anda.

Ada aturan praktisnya sendiri, yaitu “Aturan praktis untuk menghitung karbohidrat adalah 45-60 gram karbohidrat per makan dan 15-20 gram karbohidrat per makanan ringan,” ujarnya.

Debra menambahkan, pengidap Diabetes tidak dianjurkan untuk memakan makanan mencakup roti putih, kue pretzel, biskuit asin, dan oatmeal instant.

Dari penjelasan diatas, Nanas merupakan salah satu jenis buah yang kurang baik dikomsumsi oleh penderita diabetes. Nanas memiliki kandungan gula yang tinggi dan mengandung sekitar 20 gram lebih karbohidrat.

Setengah cangkir nanas mengandung sekitar 9,28 gram total karbohidrat yang sebagian 8,13 gram besarnya berasal dari gula dan 1,15 gram bersumber dari serat. Sedangkan menurut beberapa asoiasi penyakit diabetes anda harus mengkomsumsi antara 45-60 gram karbohidrat. Diet sehat bagi penderita penyakit diabetes melibatkan makan satu porsi buah setiap kali minum.

Agar tetap aman cara mengkomsumsi buah nanas yaitu harus tetap berhati-hati dengan mengikuti pedoman asupan karbohidrat diatas untuk membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil dan sehat. Nanas memiliki kandungan indeks glycemic menengah/medium, bahkan cenderung tinggi karena mengandung jumlah serat yang kecil. Karena hal tersebutlah nanas tidak baik untuk di komsumsi penderita diabetes.

Indeks glycemic (GI) adalah angka yang menggambarkan keterkaitan antara kadar gula darah setelah seseorang mengomsumsi jenis makanan tertentu. GI menggambarkan jumlah kenaikan gula darah seseorang setelah mengkomsumsi makanan tertentu. Kondisi GI pada makanan menjadi patokan diet bagi penderita diabetes. Hal ini terjadi karena diabetesi memperhatikan asupan nutrisi karena labilnya perubahan kadar gula darah yang terjadi pada fisiologi tubuh.

Beberapa buah lainnya juga tercatat memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga disarankan dikonsumsi dalam jumlah terkendali. Buah tersebut adalah melon, pisang, mangga, peach, apel, plum, jeruk, anggur, semangka, dan kismis.

Sedangkan buah dengan rendah gula disarankan dikonsumsi lebih sering guna keseimbangan energi. Buah tersebut adalah grapefruit, apel hijau, kiwi, berry, lemon, dan jeruk limau.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.