38 Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Maag yang Direkomendasikan

Posted on

Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Maag – Maag adalah salah satu jenis penyakit yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Penyakit maag juga membuat penderitanya mengalami penurunan nafsu makan sehingga tubuh penderita akan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh tercukupi nutrisi dengan baik, penderita harus selektif memilih jenis makan yang dikonsumsi. Sebab pemilihan jenis makanan untuk penderita maag harus diperhatikan, karena jika anda salah mengkonsumsi makanan dapat menyebabkan asam lambung semakin meningkat. . Beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini dapat digunakan untuk mengurangi sakit maag kronis.

Jenis Makanan Untuk Maag Kronis

Makanan Sehat untuk Maag Kronis

1. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan kalium dan zat sulfur yang sangat baik untuk penderita maag. Sulfur bersifat prekusor glutation berperan sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan dalam kulit lambung. Sedangkan kandungan vitamin C pada brokoli berfungsi menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Kol
Kol merupakan sayuran yang memiliki kandungan asam amino glutamin yang berperan meningkatkan aliran darah ke prut dan memberi nutisi untuk sel dalam lambung, melindungi lapisan dalam perutm dan mengobati luka pada saluran pencernaan.

3. Lidah buaya
Lidah buaya mengandung saponin yang bersifat antiseptik sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meredakan panas dalam dan menyembuhkan luka dengan cepat. Sedangkan senyawa antrakuinon dan kuinon pada lidah buaya mmeiliki khasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, serta merangsang tumbuhnya kulit baru.

4. Bubur
Bubur merupakan makanan yang sering sekali dikonsumsi oleh penderita maag. Bubur memiliki tekstur lunak dan mudah dicerna sehingga membuat sistem pencernaan tidak bekerja begitu berat.

5. Wortel
Mengkonsumsi wortel juga baik untuk penderita penyakit maag. Konsumsi wortel dengan cara direbus atau dengan cara di buat jus secara rutin dapat juga membantu menyembuhkan maag anda .

6. Kentang
Kentang rebus juga bermanfaat untuk menetralisir asam lambung jika dikonsumsi sebelum mengkonsumsi makanan lain. Konsumsi bubur kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang akan memberikan efek kenyang dalam perut.

7. Kunyit
Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit maag. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi perasan air kunyit atau dengan mengkonsumsi rebusan air kunyit.

8. Konsumsi suplemen
Suplemen diperlukan untuk membantu menyehatakn mukosa lambung

9. Labu siam
Labu siam memiliki khasiat untuk membantu mengurangi dan meredakan rasa mulas , mual dan rasa panas didalam perut.

Buah Sehat untuk Maag Kronis

1. Pisang
Pisang memiliki tekstur lunak dan lembut yang baik untuk pencernaan penderita maag. Warna kuning pada buah pisang juga mengandung kalium yang dapat menstabilkan lambung. Pisang juga memberikan efek kenyang sehingga akan aman dikonsumsi di antara waktu makan. Pisang juga mampu menormalkan tekanan darah akibat serangan stress atau depresi.

2. Pepaya
Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Kandungan asam asetat dan asam askorbat pada buah pepaya juga berkhasiat mengobati tukak lambung.

3. Jeruk
Meskipun memiliki rasa yang cenderung asam manis, jeruk juga dapat digunakan untuk mengobati masalah maag karena jeruk memiliki kandungan asam asetat dan asam askorbat yang baik untuk penderita maag.

4. Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan gizi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung. Buah alpukat juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengurangi kerusakan hati dan menghentikan kerja virus hepatitis.

5. Semangka
Semangka memiliki kandungan citrulline asam amino yang dapat menciptakan amonia untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh.

6. Mangga
Mangga merupakan buah kaya nutrisi dan antioksidan serata anti inflamasi yang berguna mendingikan lapisan perut dan terbebas dari asam.

7. Air Kelapa
Air kelapa memiliki peran untuk mencegah pembentukan asam ekstra didalam perut.

8. Mentimun
Mentimun memiliki khasiat untuk mengurangi rasa panas dalam tubuh dan mencegah rasa nyeri pada perut akibat kelebihan asam.

9. Madu hitam pahit
Madu hitam pahit banyak terdapat di hutan Kalimantan, yang diperoleh dari hasil pengolahan nektar yang diproduksi oleh lebah liar, yang mengambilnya dari pohon mahoni. Madu hitam pahit memiliki khasiat untuk mengobati maag.

Jenis Makanan Tidak Baik untuk Maag Kronis

Makanan yang dihindari penderita maag

  1. Makanan terlalu pedas
  2. Makanan terlalu asam
  3. Bawang putih mentah
  4.  Bawang merah mentah
  5. Makanan dengan tinggi kandungan merica
  6.  Makanan berlemak tinggi
  7. Gorengan
  8. Produk dengan kandungan susu tinggi (krim, keju, yoghurt)
  9.  Makanan dengan tinggi kandungan gula
  10. Rokok
  11. Hindari konsumsi sayuran mentah
  12. Hindari buah nangka
  13. Hindari cuka

Minuman yang dihindari penderita maag

  1.  Alkohol
  2.  Cokelat panas dan dingin
  3.  Minuman bersoda
  4. Teh hitam pekat
  5. Kopi
  6. Minuman mengandung mint
  7. Minuman mengandung tinggi asam

Selain beberapa makanan dan minuman diatas, terdapat beberapa obat yang juga menyebabkan penyakit maag. Obat-obatan tersebut dapat mengurangi produksi mukosa dinding lambung yang bertugas melindungi lambung dari asam lambung yang iritasi. Beberapa jenis obat tersbeut antaralain seperti aspirin, obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat, piroksikam, ibuprofen, natrium diklofenak dan indometasin. Hindari juga konsumsi jamu berlebihan yang bertujuan untuk mengurangi nyeri karena biasanya jamu tersebut di oplos dengan obat yang menimbulkan efek samping pendarahan pada lambung.

Agar penyakit tifus yang anda deita cepat hilang, perhatikan jenis asupan nutrisi dan jenis makanan yang anda konsumsi. Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Maag. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.