35 Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Tifus atau Tipes yang Direkomendasikan

Posted on

Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Tifus – Penyakit tifus (tipes) atau demam tifoid adalah jenis penyakit yang disebabkan akibat infeksi dari bakteri Salmonella typhi. Virus Salmonella typhi biasanya menyebar melalui makan atau minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit tifus (tipes) dapat menyebar dengan cepat akibat kontaminasi dari makanan atau minuman yang terkontaminasi virus bakteri Salmonella typhi. Atau melalui kasus yang jarang terjadi yaitu penularan akibat urine yang telah terinfeksi bakteri.

Penyakit tifus banyak terjadi dinegara-negara berkembang dan sering dialami oleh anak-anak. Jika tidak segera ditangani dengan baik, demam pada penyakit tifus dapat terjadi selama 3-4 minggu. Penderita tifus juga akan mengalami denyut nadi yang relatif lambat, kadang terjadi gangguan kesadaran sepeerti mengigau, perut kembung, splenomegali dan lekopeni.

Umumnya penyakit tifus dapat diobati dengan memberikan antibiotik, namun ada perlu melakukan pengobatan dirumah sakit jika terjadi tingkat keparahan pada penyakit tipus. Penderita penyakit tifus pada umunya akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis hal ini dikarenakan penderita tifus tidak diperbolehkan menkonsumsi makanan berserat dan memiliki karbohidrat tinggi.

Jika penderita tifus tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat dan berkarbohidrat tinggi, lalu jenis makanan apa yang baik dikonsumsi untuk penderita tifus, berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita tifus, antara lain:

Jenis Makanan Yang Baik untuk Penderita Tifus

Makanan tinggi protein

Selain melalui karbohidrat, tubuh juga memerlukan asupan protein yang cukup untuk tetap memperoleh tenaga dan stamina. Asupan protein didapatkan dari berbagai jenis sumber protein yang ada, seperti dari protein hewani dan protein nabati. Protein ini berguna sebagai sumber tenaga pada penderita tifus, jenis makanan mengandung protein yang baik antara lain :

  1. Dada ayam rebus
    Daging ayam merupakan salah satu sumber protein tinggi yang jika digabungkan dengan jenis makanan lain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi penderita tifus. Bagian dada ayam juga sering dijadikan sebagai makanan rendah kalori yang memang baik untuk dikonsumsi.
  2. Ikan rebus
    Ikan rebus atau ikan tim sangat nikmat jika dinikmati pada saat hangat. Ikan juga merupakan sumber protein hewani yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi.
  3. Kacang kedelai
    Kacang kedelai memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Konsumsi rebusan kacang kedelai untuk meningkatkan asupan protein pada penderita tifus.
  4. Tahu
    Tahu merupakan salah satu olahan dari kedelai yang juga memiliki kandungan protein tinggi dan baik bagi penderita tifus. Tahu juga memiliki tekstur lembut dan memudahkan saat dicerna oleh penderita tifus.
  5. Hati Ayam
    Hati ayam memiliki tekstur lunak sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh pendeita tifus. Hati ayam juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pasien penderita tifus.

Jenis makanan dengan protein tinggi lainnya antara lain:

  1. Kacang almond
  2. Ikan tuna
  3. Telur
  4. Keju
  5. Susu sapi
  6. Daging domba muda
  7. Daging sapi
  8. Kacang polong
  9. Gandum

Makanan Rendah Serat

Salah satu larangan bagi penderita tifus adalah dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan mengandung tinggi serat. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan dengan rendah serat yang dapat dikonsumsi oleh penderita tifus, antara lain:

  1. Kacang panjang rebus
  2. Kacang buncis
  3. Labu siam
  4. Pepaya
  5. Alpukat
  6. Wortel
  7. Kentang rebus

Makanan lunak

Penderita tifus mengkonsumsi jenis makanan dengan serat rendah, sehingga mereka juga membutuhkan jenis makanan lunak untuk memudahkan pencernaan, namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi bagi penderita tifus. Jenis makanan lunak yang baik untuk penderita tifus antara lain:

  1. Bubur
  2. Nasi tim Ayam
  3. Kentang tumbuk halus
  4. Roti bakar
  5. Puding
  6. Biskuit
  7. Pisang
  8. Alpukat

Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Tifus

Selain jenis makanan diatas, berikut ini jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita tifus, seperti:

1. Makanan pedas
Walaupun menggugah selera, makanan pedas harus dihindari penderita tifus. Hal tersebut karena mengalami tifus, usus akan mengalami luka yang disebabkan olehinfeksi bakteri Salmonella Typhi, Jika organ pencernaan terutama usus diberi makanan pedas maka usus akan mengalami rasa panas bahkan mengalami pembengkakakn hingga mungkin terjadi pendarahan. Hal tersebut tentu saja akan memperparah keadaan dan memperlama proses penyembuhan tipes bahkan bisa saja ini menyebabkan kematian.

2. Makanan Berlemak
Seperti yang diketahui, makanan berlemak termasuk makanan bersantan memerlukan proses pencernaan yang lama karena ikatan kimia pada lemak lebih kompleks dan juga pencernaan lemak ini dilakukan di usus bukan di lambung seperti pencernaan karbohidrat. Jadi bagi penderita tifus sebaiknya menghindari konsumsi makanan berlemak karena jika mengkonsumsi akan membuat usus yang bermasalah akan terpaksa bekerja mencerna lemak. Keadaan ini akan membuat usus dapat menjadi lebih parah bahkan dapat terjadi pendarahan usus dan juga membuat proses penyembuhan akan semakin lama.

3. Makanan mengandung Asam
Penderita tifus sebaiknya harus menghindari makanan asam, karena jenis makanan yang mengandung asama tinggi mengakibatkan penyakit tipes semakin parah. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam seperti jeruk, asam jawa, belimbing, apel, dan makanan asam lainnya seperti yang Anda ketahui pada umumnya.

4. Makanan Berserat tinggi
Jika pada kondisi normal serat penting untuk pencernaan, namun berbeda dengan kondisi penyakit tifus. Sayuran berserat tinggi seperti sawi, daun singkong, kangkung dan bayam merupakan salah satu pantangan saat mengalami sakit Tipes.

5. Makanan Instan
Para penderita tifus sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan instan seperti mie instan, maknana kaleng, bumbu instan dsb. Makanan tersebut dihindari karena memiliki banyak kandungan pengawet yang dapat memperparah kondisi sistem pencernaan bagi penderita tipes.

Agar penyakit tifus yang anda deita cepat hilang, perhatikan jenis asupan nutrisi dan jenis makanan yang anda konsumsi. Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Tifus atau Tipes. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.