26 Manfaat dan Efek Samping Terong Belanda Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat dan Efek Samping Terong Belanda Bagi Kesehatan – Terung belanda atau terong belanda (Solanum betaceum) merupakan jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. Terong ini disebut tering belanda karena terong ini pertama kali dibawa dan dikembangkan oleh orang Belanda, walaupun sebenarnya jenis terong ini berasal dari Peru.

Ciri-ciri terong belanda ini memiliki bau seperti kutub denga panjang tangkai daun sekitar 7-10 cm. Bunga terong belanda terletak dibagian ketiak daun dan juga dekat ujung cabang dengan warna bunga merah jambu hingga biru muda, harum dan berdiameter sekitar 1 cm. Buah terong belanda berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur dengan ukuran sekitar 3-10 x 3-5 cm , meruncing dikedua bagian ujung, bergelantungan, , daun kelopaknya tidak rontok, bertangkai panjang, berkulit tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga hingga kekuning-kuningan, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam dengan warna kehitam-hitaman hingga kekuningan dengan biji bulat pipih, tipis dan keras.

Terong belanda ini mengandung provitamin A, vitamin C, antosianin serta serat. Sehingga tak heran jika buah terong belanda ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya yaitu:

Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat terong belanda diantaranya yaitu:

1. Dapat Menyegarkan Tubuh

Rasa terong belanda yang agak sedikit asam dapat membantu menyegarkan tubuh sehingga tubuh yang lelah dan kantuk.

2. Meningkatkan Daya Tahan dan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C pada terong belanda sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh sehingga tidak mudah lelah, terserang peyakit dan tetep bugar.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan zat lycopene (likopen) berfungsi menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya sel kanker dalam tubuh.

4. Memperbaiki Sel DNA yang Rusak

Ter0ng belanda dapat membantu memperbaiki sel DNA yang rusak dan menormalkannya kembali.

5. Sebagai Antioksidan

Kadar antioksidan yang tinggi dalam terong belanda juga membantu menangkal radikal bebas sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini, meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh, mencegah munculnya berbagai penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada terong belada dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan, mencegah terjadinya gangguan mata, mencegah katarak dan menjaga kesehatan mata.

7. Membantu Menyembuhkan Sariawan

Kandungan vitamin C pada terng belanda dapat membantu menyembuhkan sariawan juga mencegah munculnya sariawan di rongga mulut.

8. Meredakan Panas Dalam

Meminum jus terong belanda dapat membantu menyembuhkan panas dalam.

9. Menjaga dan Melancarakan Pencernaan

Kandungan serat pada terng belanada yang cukup tinggi dapat membantu melancarkan dan mengurangi risiko penyakit dan gangguan pada saluran pencernaan.

10. Membantu Mengobati Penyakit Maag

Kandungan vitamin C pada terong belanda yang cukup tinggi dapat mengurangi gejala sakit maag dan mencegahnya kambuh lagi.

11. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada terong belanda dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

Manfaat Tering Belanda Lainnya:

12. Mencegah pengerposan tulang atau osteoporosis
13. Mempercepat penyembuhan bisul
14. Sebagai agen anti aging
15. Menghilangkan rasa kantuk
16. Menurunkan kadar kolesterol
17. Sebagai obat alami hipertensi atau tekanan darah tinggi
18. Menyehatkan jantung
19. Mencegah diabetes tipe 2
20. Membantu menurutkan berat badan atau baik untuk diet
21. Mencegah penyakit alzheimer
22. Mencegah penyakit parkinson
23. Mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat lemak.

Efek Samping Terong Belanda

Karena terong belanda mengandung antioksidan yang cukup tinggi, maka jika tubuh kelebihan antioksidan dapat menyebabkan hal-hal berikut ini, diantaranya yaitu:

1. Menyebabkan penuaan diri
2. Mengganggu kerja tubuh
3. Memicu kanker

Itulah penjelasan tentang 26 Manfaat dan Efek Samping Terong Belanda Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.