25 Jenis Makanan Penyebab Kegemukan yang Cepat Bikin Gemuk dalam Seminggu

Posted on

Jenis Makanan Penyebab Kegemukan – Memiliki tubuh yang gemuk akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Selain itu, badan yang gemuk juga akan membuat tubuh terlihat tidak menarik. Banyak orang gemuk menginginkan berat badan yang ideal dengan melakukan berbagai macam diet untuk mendapatkan hasil bentuk badan yang diinginkan. Begitu juga dengan mereka yang memiliki bentuk badan ideal. Mereka juga harus ekstra memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk tetap membuat bentuk tubuh ideal.

Kegemukan dapat terjadi karena berbagai faktor seperti faktor keturunan, gaya hidup tidak sehat, malas olahraga, pola makan tidak sehat, istirahat tidak teratur dan kebiasaan buruk lainnya. Namun pada umumnya, penyebab kegemukan disebabkan oleh jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat membuat anda gemuk.

Makanan Penyebab Kegemukan

1. Nasi Putih
Nasi putih adalah makanan pokok yang setiap hari kita konsumsi, namun tahukah anda dalam 100 gram nasi mengandung 129 kalori, jadi tidak heran jika nasi menjadi sumber energi utama sekaligus sebagai penyebab kegemukan. Ditambah lagi saat makan nasi, Anda juga menambahkan berbagai macam lauk-pauk. Sehingga, kalori yang masuk ke tubuh Anda pun bertambah.

2. Kentang
Kentang memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dalam beberapa negara kentang dijadikan sebagai makanan pokok. Dalam 100 gram kentang goreng mengandung 274 kalori yang melebihi kalori pada nasi putih.

3. Burger
Burger adalah salah satu jenis junk food yang sangat populer di kalangan masyarakat. Meskipun didalamnya terdapat sayuran seperti selda, tomat, atau mentimun, tapi tidak sebanding dengan kandungan kalori yang ada pada roti, daging, telur atau mayonese yang ada didalamnya.

4. Kacang-kacangan
Kacang tanah menjadi salah satu penyebab kegemukan karena memiliki kandungan lemak tinggi. Anda perlu membatasi konsumsi kacang-kacangan demi menjaga berat badan ideal.

5. Ice Krim
Ice cream merupakan olahan susu dan gula yang sanagt digemari oleh banyak masyarakat. Namun tahukah kamu, ice cream merupakan salah satu jenis makanan tinggi kari yang menyebabkan kegemukan. Batasi konsumsi ice cream untuk terhindar dari kegemukan.

6. Gorengan
Gorengan merupakan jenis olahan yang sangat digemari oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Gorengan adalah olahan dari tepung dan minyak. Proses penggorengan akan membuat kandungan lemak dan kalori pada gorengan meningkat. Jika anda penggemar gorengan, sebaiknya perhatikan jumlah yang dikonsumsi karena dapat menyebabkan kegemukan.

7. Keju
Keju merupakan produk olahan susu yang telah difermentasi, keju dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi keju juga berdampak buruk pada kesehatan karena kandungan tinggi lemak yang berpotensi menyumbat arteri darah.

8. Sereal Manis
Sereal memang menyehatkan, namun jika anda mengkonsumsi sereal manis hal tersebut dapat menjadi penyebab kegemukan dalam tubuh. Karena dalam sereal mengandung gula yang tinggi kandungan kalori.

9. Nugget Ayam
Nugget ayam sangat disukai oleh banyak kalangan, namun tahukah anda nugget dapat menyebabkan kegemukan. 50% kandungan dalam nugget ayam mengandung banyak lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan kandungan proteinnya. Penyajiannya yang digoreng terlebih dahulu membuatnya semakin banyak mengandung lemak.

10. Minuman Soda
Minuman soda dapat menyebabkan kegemukan karena minuman bersoda tinggi akan kandungan gula yang menjadi salah satu penyebab gemuk.

11. Kuah daging
Kuah dari rebusan daging sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan karena memiliki rasa yang gurih. Namun dalam rebusan kuah daging memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang dapat menyebabkan kegemukan dan tidak baik untuk tubuh.

12. Sosis
Sosis merupakan olahan berbahan dasar daging yang memiliki tinggi kandungan lemak. Mengkonsumsi sosis terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan.

13. Mayonese
Mayonese memiliki banyak kandungan lemak yang dapat membuat badan menjadi gemuk. Oleh sebab itu gunakan mayonese sedikit saja.

14. Aneka krim
Saus krim memiliki kandungan lemak yang tinggi, juga kandungan gula yang tinggi didalamnya.

15. Kopi instan
Kopi instan mengandung 30 gram lemak, jika dikonsumsi semakin lama akan menyebabkan kegemukan.

16. Mentega
Mentega memiliki kandungan mentega, untuk anda yang ingin menggemukkan badan cobalah untuk sarapan pagi dengan roti gandum dan olesan mentega setiap pagi nya.

17. Roti gandum
Untuk membantu meningkatkan berat badan dengan cepat, cobalah untuk mengkonsumsi roti gandum setiap hari.

18. Salad dressing
Salad dressing mengandung banyak gula dan sirup jagung, lemak trans, dan MSG. Salad dressing merupakan makanan yang bikin gemuk karena kandungan gula dan lemak di dalamnya.

19. Kue kering Cookies
Kue kering mengandung gula dan tepung yang dapat membuat berat badan menjadi bertambah dengan cepat.

20. Whipped Cream
Whipped Cream adalah jenis krim dengan kandungan lemak tinggi yang sering digunakan sebagai toping atau hiasan kue

21. Mie Instan
Sebagian besar kandungan mie instan adalah karbohidrat dengan kandungan garam dan penyedap rasa yng tinggi sehingga dapat dnegan cepat menaikkan berat badan.

22. Anggur merah
Dalam 140 ml minuman anggur merah mengandung 130 kalori, jika anda mengkonsumsi dalam jumlah berlebih makan dapat menaikkan berat badan dengan cepat.

23. Dark Chocolate
Satu ons coklat hitam diperkirakan memuat 155 kalori, 9 gr lemak dan 5 gr di antaranya adalah lemak jenuh. KOnsumsi coklat hitam berlebihan dapat membuat berat badan meningkat dengan cepat.

24. Yoghurt
Dalam yoghurt tawar mengandung 100 kalori dan kalsium sedangkan dalam yoghurt rasa dalam 1 cup kecil mengandung 150 kalori dan 26 gr gula.

25. Sushi
Menkonsumsi ikan mentah memang tidka akan membuat anda gemuk. Tapi jika anda mengkonsumsi sushi yang diberi tambahan seperti keju, mayones, tempura dan kecap asin, sudah jelas anda akan mengalami kenaikan berat badan.

Itulah beberapa makanan penyebab kegemukan atau makanan yang cepat bikin gemuk dalam seminggu. Meskipun anda sedang mengalami kegemukan, anda juga harus tetap menjaga asupan nutrisi yang baik untuk tetap menjaga kesehatan anda.

Itulah penjelasan tentang Jenis Makanan Penyebab Kegemukan. Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.