20 Cara Mengatasi Stress dan Beban Pikiran Mudah dan Terbukti AMPUH Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengatasi Stress  – Stress adalah reaksi tubuh yang muncul akibat situasi yang berbahaya yang tidak disukai, atau akibat prubahan yang tidak terduga akan terjadi. Stres adalah kondisi normal yang pernah dialami oleh setiap orang karena stress telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Stress ringan berguna untuk memacu seseorang dapat berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga membuat anda menjadi lebih siap menjawab tantangan sehari-hari. Sedangkan jika stress yang berkelanjutan jika tidak segera ditangani akan berbahaya bagi kesehatan.

Stress akan membuat tubuh memproduksi hormon adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Karena itu tubuh akan memicu beberapa reaksi seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit dan anda kana bernapas lebih cepat. Hormon adrenalin dan hormon kortisol akan meluapkan energi secara percuma sehingga membuah anda meraca cepat lelah.

Ketika sedang stress, sudah dapat dipastikan jika sistem kekebalan tubuh juga akan menurun sehingga tubuh lebih sulit untuk melawan penyakit. Beberapa penyakit yang biasanya sering muncul akibat tubuh dikelola oleh stress adalah seperti :

  • Sakit kepala
  • Sesak napas hingga asma
  • Kadar gula meningkat
  • Tekanan darah tinggi
  • Mengakibatkan stroke
  • Terjadinya Obesitas
  • Munculnya Depresi
  • Penuaan Dini
  • Mudah terinfeksi virus
  • Disfungsi seksual
  • Naiknya asam lambung
  • Munculnya penyakit Alzheimer

Banyaknya muncul jenis penyakit akibat stress, anda harus segera menangani dengan baik dan mengelola stress dengan baik untuk terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan yang membahayakan anda.

Cara Mengatasi Stress

Stress terkadang muncul disebabkan oleh hal-hal yang jelas maupun tidak jelas. Pada umumnya, stress muncul akibat berhadapan dengan sesuatu hal atau situasi yang tidak disukai seperti adanya perubahan yang muncul secara tidak terduga.

Cara paling terbaik untuk mengatasi masalah stress adalah dengan mengetahui penyebab munculnya stress sehingga anda bisa dengan baik mengelola diri untuk menghindari hal tersebut. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu mengelola stress dengan baik.

1. Keluarkan semua unek unek dalam hati
Memendam perasaan benci dan dendam didalam hati akan membuat tubuh merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu sehingga dapat menyebabkan stress. Keluarkan semua rasa ketidaknyamanan yang ada didalam hati untuk melepas semua beban yang ada. Ceritakan semua masalah yang membuat anda tidak nyaman kepada orang terdekat atau pada psikolog. Setelah menceritakan semua beban tersebut anda akan merasa lebih baik.

2. Melakukan Olahraga
Selain memang menyehatkan tubuh, melakukan olahraga ringan dipercaya ampuh untuk meredakan stress. Olahraga sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengelola stress adalah dengan berjalan kaki pada pagi hari mengelilingi kompleks atau bersepeda santai. Melakukan yoga dan meditasi juga dipercaya ampuh untuk menenangkan pikiran.

3. Melakukan hobi
Cara selanjutnya untuk mengatasi stress adalah dengan melaksanakan hobi yang anda sukai. Hobi adalah kegiatan yang dipercaya ampuh untuk menenangkan pikiran seseorang. Hobi bertujuan untuk mendapatkan kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiir untuk tubuh, pikiran dan jiwa orang tersebut.

4. Lebih semangat menjalani hidup
Cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah hindari berkutat pada kehidupan masa lalu, karena akan membuat anda merasa sedih dan kecewa. Lupakan ekspektasi negatif tentang kehidupan dimasa depan, jalani kehidupan mengalir apa adanya. Jalani kehidupan masa sekarang dengan bahagia dan positif karena akan berdampak pada kehidupan masa depan anda.

5. Bernafas dalam-dalam
Menarik nafas dalam-dalam akan memproduksi laju hormon endorfin yang membuat pikiran menjadi lebih tenang serta membuat hati menjadi lebih bahagia.

6. Mendengarkan musik klasik dan santai
Mendengarkan musik klasik dan santai akan membuat pikirna menajdi lebih tenang dan mengekspresikan rasa gembira pada beberapa bagian melodinya.

7. Positive thinking
Cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah dengan berpikir positif. Hindari memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi pada masa depan. Berpikirkan postif dan kembali menata kehidupan yang lebih baik dengan menghilangkan berbagai macam pikiran negatif yang ada didalam diri. Dengan berpikir positif akan membuat diri anda menjadi lebih termotivasi hingga membantu mengatasi stress.

8. Tertawa dan berteriaklah
Berteriak dan tertawa menjadi opsi selanjutnya untuk mengatasi stress yang anda rasakan. Tertawa akan membuat diri anda lebih bahagia dan berteriak akan membuat anda merasa lebih lega.

9. Berkumpul dengan sahabat
Menghabiskan waktu dengan sahabat dengan bertukar pikiran dan bercanda akan membuat diri anda merasa lebih tenang dan sedikit meredakan stress yang ada didalam pikiran.

10. Refreshing
Weekend adalah waktu paling tepat untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti teman, sahabat atau keluarga. Pergilah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang membuat anda merasa bahagia dan anda merasa lebih dicintai oleh orang-orang terdekat anda.

11.  Berendam air hangat
Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam dengan air hangat memiliki efek baik untuk mengatasi stress karena berdampak baik untuk menenangkan diri. Untuk relaksasi beri sedikit aromaterapi pada air untuk menambah efek tenang yang diberikan.

12. Melakukan pemijatan
Pemijatan sangat baik untuk merelaksasi dan menormalkan tekanan darah, pijat juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi stress yang dirasakan. Berdasarkan penelitian melakukan pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres.

13. Aromaterapi
Aroma wewangian memiliki efek yang memperngaruhi emosi seseorang sebab indera penciuman berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat emosional dalam otak. Karena itulah, aromaterpai menjadi salah satu terapi yang berguna merangsang emosi manusia. Gunakan aromaterapi yang sesuai dengan wangi yang anda sukai untuk menenangkan jiwa dan pikiran anda.

14. Reframing
Maknai kembali hal-hal positif dalam kehidupan yang mampu mengembalikan situasi menjadi normal kembali. Berpikir positif, masa depan anda ada ditangan anda, lakukan yang terbaik untuk mencapai hasil terbaik.

15. Recalling
Lihat dan gali lagi informasi dalam sebulan atau satu tahun, apa saja yang telah terjadi. Pikirkan hal-hal positif yang terlah terjadi masa lalu yang dapat membuat anda lebih berpikir positif ke masa depan.

16. Atur rencana masa depan
Agar tidak mudah stress, buat standar untuk memudahkan mencapai hal-hal yang anda inginkan. Dengan begitu anda akan lebih bisa mengkontrol diri sendiri jika apa yang terjadi diluar ekspektasi.

17. Cerikatan masalah pada Tuhan
Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat-NYA. Selalu ceritakan keluh kesahmu pada Tuhan, dekatkan diri dengan Sang pencipta. Tuhan merupakan sumber kekuatan yang sangat kita butuhkan saat menghadapai masalah apapupun, termasuk pula dengan stres. Berserah diri kepada-NYA. mohonlah dengan kerendahan hati dan doa-doa yang penuh dengan ucapan syukur dan pengharapan yang terbaik.

18. Hindari rasa kuatir
Hilangkan semua rasa cemas dan kuatir yang didalam diri anda. Ingatlah bahwa ada Tuhan yang akan menguatkan mu, DIA lah yang maha kuasa atau kuasa-NYA, yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan jalan terbaik dengan cara indah-NYA.

19. Berbuat baiklah
Berbuat baiklah kepada semua orang, berbuat baik akan membuat pikiran menjadi lebih positif dan hidup menjadi lebih berarti. Kehidupan yang paling bermakna adalah ketika kita bermanfaat bagi orang lain dan mampu mendatangkan kebaikan dalam hidup seseorang. Lakukan kebaikan setiap harinya meskipun dengan cara sederhana.

20. Berjalan dalam kebenaran
Pastikan anda berada pada jalan yang benar. Coba tengok kembali apa yang telah anda lakukan pada masalalu anda. Cobalah untuk bersyukur tentang apa yang telah terjadi pada kehidupan anda, ambil makna terbaik dari apa yang telah terjadi. Hindari melakukan hal yang sama agar tidak mengulangi masalah yang sama.

Itulah penjelasan tentang  Cara Mengatasi Stress . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.