11 Tips dan Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Posted on

Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit jantung sering disebut sebagai pembunuh nomer 1 dunia, untuk manusia karena penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia dan telah banyak merenggut nyawa ribuan bahkan jutaan orang di dunia.

Setelah Anda mengetahui Ciri-Ciri Penyakit Jantung, maka CaraMencegah Penyakit Jantung Menyerang Anda juga harus Anda ketahui, agar bisa lebih waspada dan lebih mandiri untuk mengatasi penyakit jantung. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit jantung?

Pada dasarnya tidak terlalu sulit, asalkan Anda mau mengorbankan sedikit waktu Anda dan juga mau berkomitmen untuk menjalankan pola hidup sehat.

  • Kurangi makanan berkolesterol tinggi
    Kurangi lah makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol tinggi dan juga lemak jahat.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
    Mungkin sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut karena mengisap rokok akan mempengaruhi kesehatan jantung Anda.
  • Hindari Stress
    Hindari cemas berlebihan karena bisa memicu penyakit jantung. Maka dari itu hindarilah stres atau cemas berlebihan karena hormon cortisol yang dikeluarkan tubuh saat Anda mengalami stres akan membuat pembuluh darah menjadi kaku.
  • Olahraga Teratur
    Olahraga teratur agar Anda terhindar dari ciri-ciri penyakit jantung yang mengancam kesehatan Anda.
  • Keturunan Gen
    Bagi Anda yang memang sudah memiliki garis keturunan sakit jantung, cobalah untuk melakukan beberapa tips tadi agar risiko terkena penyakit jantung bisa diminimalisir.
  • Kontrol berat badan
    Cara menjaga agar tidak terkena penyakit jantung adalah dengan menjaga berat badan agar selalu ideal. Selain menunjang penampilan, tubuh yang ideal juga sangat berpengaruh pada kesehatan jantung.
  • Atur Pola tidur yang benar
    Dengan menjaga pola tidur yang benar, teratur dan cukup maka jantung akan bekerja secara normal.
  • Komsumsi bubur gandum
    Dalam gandum mengandung beta-glucan yaitu serat yang mampu menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Gandum bekerja dengan membentuk gel tebal seperti pasta untuk mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.
  • Jaga kebersihan gigi
    Para ahli kesehatan merekomendasikan agar kita menyikat gigi secara teratur dan membersihan sis manakan yang menempel pada gigi dengan benang gigi karena penyakit gusi ternyata memiliki kaitan dengan pengerasan arteri serangan jantung. Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi diperkirakan dapat menyebabkan peradangan yang dikaitkan dengan penyakit jantung.
  • Lakukan hubungan seks secara rutin
    Menurut alhi jantung Dr. Aseem Malhotra, pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu memiliki potensi 45 persen lebih rendah terserang penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang melakukan hubungan sekali dalam sebulan atau kurang dari itu.
  • Kurangi cahaya ketika tidur
    Tidur tidak teratur memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit jantung bahkan hingga kematian. Jadi, pastikan anda jaga pola tidur dengan baik, dan pastikan tempat tidur anda memiliki cahaya yang minim untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.
  • Jangan menunda buang air kecil
    Berdasarkan studi terhadap pasien penyakit jantung di Taiwan, menunjukkan bahwa kandung kemih yang etrlalu penuh abikat menahan bunag air kecil menyababkan jantung berdetak lebih cepat dan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner, dan memic u untuk berkontraksi.

So, bahayanya penyakit jantung harus kita cegah bersama-sama agar masa depan kita lebih sehat dan lebih cerah. Semoga bermanfaat.