10 Cara Mengobati Penyakit Lupus Secara Alami Aman dan Efektif Menyembuhkan

Posted on

Cara Mengobati Penyakit Lupus Secara Alami  – Lupus atau Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) adalah peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel jaringan dan organ tubunya sendiri atau juga disebut dengan penyakit autoimun.

Penyakit lupus dapat menyerang berbagai bagain dalam organ tubuh seperti pada kulit, sendi-sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak dan sumsum tulang belakang.

Penderita lupus akan terlihat seperti mempunyai kelainan kulit, karena pada wajah muncul bercak kemerahan disekitar hidung dan pipi. Selain itu, bercak-bercak merah juga ada pada bagian lengan, yang terasa panas dan terasa lelah berkepanjangan. Selain menyerang kulit, pada awalnya penyakit lupus juga menyerang hampir seluruh organ tubuh lainnya seperti rambut mulai rontok, bengkak pada persendian dan muncul sariawan berkepanjangan.

Penykit lupus merupakan penyakit yang harus segera ditangani oleh dokter, oleh sebab itu anda harus segera melakukan pemeriksaan agar penyakit anda cepat ditangani. Selain menggunakan obat-obatan medis, anda juga dapat melakukan pengobatan lupus menggunakan bahan herbal alami.

Cara Mengobati Lupus Secara Herbal

Penyakit lupus tidak dapat disembuhkan karena hingga saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan secara menyeluruh, penderita lupus melakukan pengobatan untuk memperlambat laju penyakit tersebut seperti mencegah gejala dan mencegah terjadinya komplikasi lebih serius pda tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu mengobati penyakit lupus menggunakan cara herbal dengan beberapa bahan alami dibawah ini, antaranya :

1. Kunyit
Kunyit dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit lupus karena dalam kunyit memiliki manfaat sebagai anti-inflamatory yang berperan untuk mengatasi ruam-ruam pada kulit serta anti-caner. Anda dapat mengkonsumi air kunyit secara rutin untuk membantu mengatasi ruam-ruam akibat gejala lupus.

2. Green Tea
Green tea mengandung polyphenol yang berguna untuk mengatasi ruam-ruam pada kulit akibat lupus. Sama seperti kunyit, green tea juga bekerja sebagai anti-inflammatiry yaitu penghilang ruam-ruam pada kulit.

3. Daun Songgolangit
Obat herbal lupus lainnya adalah dengan menggunakan daun songgolangit. Daun songgolangit berkhasiat sebagai analgesik dan sebagai obat lupus anti-inflamasi. Cara mengobati lupus dengan daun songgolangit adalah dengan rebus daun songgolangit dan konsumsi secara rutin. Ramuan ini memiliki rasa tawar, oleh karena itu anda dapat menambahkan sedkit gula atau madu.

4. Ubi jalar
Ubi jalar banyak mengandung mineral, antioksidan, vitamin dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Ubu jalar memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh karena ubi kaya akan kandungan antioksidan utama, betakaroten, serat dari berbagai nutrisi seperti vitamin C, Vitamin B kompleks, zat besi dan juga fosfor. Selain sebagai penguat imun, ubi jalar juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan . Dari banyaknya kandungan yang ada, maka ubi jalar cukup efektif untuk mengobati lupus.

5. Belimbing Wuluh
Tanaman belimbung wuluh adalah salah satu tanaman tropis yang semua bagiannya seperti buah, batang, akar dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal alami yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Kesemua bagian dari tanaman belimbing wulh mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh seperti saponin, tannin, glukosa, kalsium dan tinggi vitamin C. Sehingga belimbing wuluh juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati lupus dengan cara herbal.

6. Rimpang Jahe
Dalam penyakit lupus, pengobatan menggunakan jahe memiliki peran untuk mengatasi gejala rematik seperti mengurangi bengkak dan nyeri persendian karena jahe memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi.

7. Minyak Kelapa
Minyak kelapa adalah minyak esensial yang mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif. Minyak kelapa juga bermanfaat untuk membantu menurukan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah. Anda dapat mencampurkan 2 sendok minyak kelapa ke dalam satu gelas air hangat lalu konsumsi pada pagi haru secara rutin untuk membantu mengobati lupus.

8. Tanaman Boswellia Serrata
Tanaman Boswellia Serrata adalah bahan utama penghasil kemenyan alami. Tanaman Boswellia Serrata memiliki senyawa yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, serta mampu mengurangi produksi leukotrien tubuh yang meningkatkan peradangan. Cara mengobati lupus dengan Tanaman Boswellia Serrata adalah dengan iris tipis 10 gram Boswelia lalu masukkan kedalam 110 ml air bersih. Panaskan selama 15 menit dengan suhu 90 derajat. Dosis tersebut diminum 2 kali sehari. Lakukan secara rutin pada setiap pagi dan sore hari.

9. Daun Pegagan (Centella Asiatica)
Daun Pegagan memiliki manfaat sebagai adaptogen, detox, tonik darah, dan pelemas sistem saraf pusat. Adaptogen dari ramuan ini akan membantu penderita lupus mengatasi dan meminimalkan stres. Sehingga ramuan mengunakan daun pegagan dinilai cukup efektif untuk mengobati lupus secara alami.

10. Semanggi merah
Semanggi merah atau lebih dikenal sebagai red clover juga dapat dimanfaatkan utnuk menggobati lupus secara alami. Red Clover bekerja sebagai agen deobstruent, antispasmodic, ekspektoran, obat penenang, anti-inflamasi dan antidermatosis. Bagian yang digunakan untuk ekstraksi adalah daun, pucuk tanaman dan bunga. Dalam pengobatan alternatif, semanggi merah dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit manusia, setidaknya mengurangi gejala lupus. Resep pembuatan dengan metode infusa, sama seperti ekstraksi Boswellia.

Itulah penjelasan tentang Cara Mengobati Penyakit Lupus Secara Alami Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.