Tips Mengendalikan Nafsu Makan Berlebihan Pada Ibu Hamil yang Penting Diperhatikan

Posted on

Tips Mengendalikan Nafsu Makan Berlebihan Pada Ibu Hamil  – Pada masa kehamilan, biasanya nafsu makan pada ibu hamil akan berkurang. Namun, banyak juga dari ibu hamil yang merasa nafsu makan meningkat pada masa kehamilan. Tentu saja, kedua kondisi tersebut perlu mendapatkan penanganan serius agar pola makan ibu hamil menjadi normal untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu.

Kurangnya nafsu makan pada ibu hamil akan membahayakan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Sedangkan pada ibu hamil yang memiliki nafsu makan meningkat dapat membahayakan ibu seperti berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes, komplikasi saat proses melahirkan, hingga berat bayi berlebihan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil mengendalikan nafsu makan untuk menghindari berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

Bagi ibu hamil yang memiliki nafsu makan meningkat, pasti akan sedikit sulit menekan rasa ingin makan yang kerap dialami sepanjang hari. Namun mengingat betapa pentingnya menjaga berat badan bagi hamil, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengendalikan nafsu makan berlebihan pada ibu hamil.

Tips Mengendalikan Nafsu Makan Berlebihan Pada Ibu Hamil

Perhatikan kualitas makanan
Pada masa kehamilan, ibu hamil wajib memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi harus yang bergizi dan seimbang. Seperti memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, mineral, vitamin, serat dan kebutuhan air. Yang paling perlu diingat adalah jauhkan pemikiran jika anda makan untuk dua orang, yaitu anda dan janin, karena pemikiran tersebut dapat mendorong nafsu makan bertambah dan meningkat.

Membatasi makanan berlemak dan gula tinggi
Mengkonsumsi makanan tinggi kalori dapat menyebabkan berat badan meningkat. Karena itulah anda perlu membatasi konsumsi makanan berkalori tinggi seperti makanan tinggi lemak dan mengandung tinggi gula. Hindari konsumsi gorengan, fastfood, es sirup dan lainnya. Ganti konsumsi cemilan dengan buah segarm buah kering, sayuran rebus dan lainnya.

Kunyah Makanan dengan baik
Mengunyah makanan secara cepat dapat menyebabkan kadar darah cepat naik sehingga memperlambat rasa kenyang. Karena itulah, kunyah makanan dengan baik, agar dapat benar-benar menikmati makanan yang dikonsumsi sehingga rasa kenyang pun dapat diperoleh.

Hindari makan menjelang tidur
Hal yang penting diperhatikan selanjutny adalah hindari makan tiga jam sebelum tidur, karena makanan yang dikonsumsi menjelang tidur tidak akan diserap dan disimpan dilemak bagian bawah kulit yang dapat menyebabkan obesitas dan kegemukan.

Buat susunan menu sehat
Agar lebih mudah, ada baiknya buat catatan jenis dan jumlah makanan yang akan dikonsumsi selama seminggu. Catatan tersebut akan membantu dan mengetahui penyebab berat badan meningkat.

Atur jadwal makan secara teratur
Ibu hamil tetap harus makan secara teratur 3 kali sehari. Anda juga dapat menambahkan makanan selingan atau cemilan sehat. Untuk menyiasati rasa lapar yang sering datang, anda dapat mengatur pola makan dalam porsi kecil namun sering.

Rutin olahraga
Olahraga juga penting dilakukan oleh ibu hamil untuk membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak yang dapat pula membantu mencegah berat badan berlebih. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang dan senam.

Menjaga berat badan saat masa kehamilan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Karena kenaikan berat badan saat hamil dapat berpengaruh pada kesehatab ibu dan perkembangan bayi.

Itulah penjelasan tentang Tips Mengendalikan Nafsu Makan Berlebihan Pada Ibu Hamil . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.