21 Tips Mendapatkan ASI Melimpah Setelah Melahirkan Paling Mudah

Posted on

Tips Mendapatkan ASI Melimpah Setelah Melahirkan- Dikaruniai ASI melimpah untuk sang buah hati saat setelah melahirkan adalah anugerah paling membahagiakan. Telah kita kertahui bahwa pemberian ASi merupakan hal yang sangat vital bagi tumbuh kembang kesehatan bayi. Namun hampir semua ibu menyusui akan merasa khawatir dengan perasaan apakah bayi mereka akan mendapatkan cukup ASI atau tidak. Padahal hampir semua ibu pasca melahirkan bisa memproduksi ASI yang cukup baik untuk bayi nya. Kecuali untukj beberapa kasus pada ibu yang mengalami gangguan kesehatan tertentu sehingga tidak bisa memproduksi ASI dengan lancar.

Lalu apa yang harus dilakukan agar ASI banyak? Pertanyaan tersebut pasti menyelimuti para ibu yang tidak dapat memproduksi ASI dengan lancar dan melimpah. Anda tidak perlu merasa risau, kali ini BukuMedis akan membantu anda untuk mengatasi masalah anda tentang cara mendapatkan ASI melimpah untuk Buah Hati.

Tips Mendapatkan ASI Melimpah

Simak beberapa tips untuk mendapatkan ASI melimpah berikut ini.

1. Lakukan rangsangan pada puting
Melakukan pijatan lembut pada puting memiliki manfaat untuk merangsang reflek oksitosin yang membantu menghasilkan ASI lebih banyak. Beri pijatan lembut dan perlahan pada puting karena puting merupakan bagian sensitif.

2. Beri rangsangan pada bayi untuk terus menyusu
Bayi yang baru lahir biasanya akan diletakkan pada payudara, hal ini bermanfaat untuk membantu merangsang keluarnya ASI. Hal ini perlu dilakukan dengan lebih sering meletakkan bayi pada payudara agar mudah merangsang keluarnya ASI.

3. Susui Bayi setiap 2 jam sekali
Semakin sering menyusui maka akan membuat ASI semakin lebih banyak keluar. Anggapan yang mengatakan bahwa terlalu sering menyusui bayi akan membuat produksi ASI lebih cepat habis adalah pendapat yang SALAH. Para ahli gizi berpendapat, semakin sering mengeluarkan ASI akan semakin banyak ASI yang keluar sehingga nutrisi bayi juag akan tercukupi dengan baik. Ibu dianjurkan untuk menyusui bayi setiap 2 jam sekali.

4. Memijat payudara
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melancarkan ASI yaitu dengan memijat payudara. Cara ini bermanfaat dan baik untuk mendapatkan produksi ASI meningkat. Ibu dapat melakukan pijatan pada payudara sendiri atau dibantu oleh pasangan, lakukan pijatan payudara setiap malam setelah menyusi bayi. Pijatan pada payudara akan membuat aliran air susu menjadi lebih lancar sehingga produksi ASI akan meningkat.

5. Penuhi kebutuhan nutrisi
Ibu menyusui pastinya membutuhkan banyak nutrisi dalam tubuh untuk membantu proses keluarnya ASI dengan melimpah. Sebaiknya ibu menyusui cerdas memilih jenis makanan yang dapat membuat produksi ASI menjadi lebih banyak. Pilih jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin untuk perkembangan bayi.

6. Susui dengan bergantian payudara
Menyusui dengan bergantian payudara seprti memberikan sela waktu saat menyusui dengan 10 menit menggunakan payudara sebelah kanan dan 10 menit menggunakan payudara sebelah kiri. Hal ini akna membuat kebutuhan ASI akan tercukupi dengan baik tanpa khawatir ASI tidak keluar.

7. Hindari stress
Bagi ibu menyusui,sebaiknya anda harus menghindari stress. Karena stress seringkali memicu produksi ASI menjadi terhambat. Untuk itu jangan terlalu memikirkan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

8. Posisi tidak tepat pada proses menyusui
Posisi menyusui sangat penting diperhatian oleh ibu pada saat menyusui buah hati. Ibu harusnya mempastikan agar ptuing dapat masuk kedalam mulut bayi sehingga bayi dapat memompa ASI lebih banyak. Pastikan juga posisi pipi bayi berada pada aerola sehingga ASI menjadi lebih lancar dan keluar lebih banyak.

9. Penuhi kebutuhan air putih
Cukupi kebutuhan air putih agar ibu tidak terkena dehidrasi. Dalam tahap menyusui, kebutuhan cairan dalam tubuh akan semakin meningkat sehingga mencukupi kebutuhan air minum sangat dibutuhkan, terutama ketika bangun pagi.

10. Lakukan kontak langsung dengan kulit bayi
Melakukan sentuhan dengan kulit bayi sangat efektif untuk merangsang kelenjar susu dan menghasilkan produksi ASI yang berlimpah. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah sehingga dapat membantu para Ibu yang ingin menambah produksi ASI, khususnya setelah melahirkan.

11. Kompres dengan Air Hangat
Mengkompres payudara dengan air hangat juga dapat anda lakukan untuk melancarkan produksi ASI, apalagi bila ditambah dengan memberikan pijatan diarea payudara. Cara tersebut dilakukan untuk merangsang air ASI keluar lebih cepat dan ASI menjadi lebih Lancar.

12. Mandi dengan air Hangat
Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, mandi dengan air hangat juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI lebih lancar. Karena itu banyak kita jumpai para ibu-ibu setelah proses persalinan selalu mandi dengan air hangat dan membantu menstimulasi keluarnya ASI.

13. Beri pijatan pada punggung atas
Memberikan pijatan pada bagian punggung atas ternyata bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI lebih lancar. Hal tersebut terjadi karena adanya rangsangan dari belakang yang membantu stimulasi ASI menjadi lebih lancar. Anda dapat melakukan cara ini dengan meminta bantuan dari pasangan anda untuk mendapaktkan posisi yang lebih rileks.

14. Lebih sering minum air hangat
Minum air hangat saat pagi ataupun setelah menyusui pada malam hari agar membantu mengeluarkan air susu yang sulit keluar. Cara sederhana ini diyakini ampuh untuk merangsang keluarnya ASI lebih banyak.

15. Lebih dekat dengan Bayi
Selain baik untuk mendekatkan emosional antara bayi dan ibu, lebih dekat dengan bayi juga bermanfaat untuk merangsang keluarnya ASI lebih banyak. Menurut Ahli psikologis ibu dan anak, melakukan pendekatan dengan bayi dapat menstimulasi keluarnya ASI.

16. Hindari rokok dan alkohol
Jika anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, sebaiknya anda harus menghindari konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok, karena hal tersebut sangat tidak baik untuk tumbuh kembang bayi dan berpengaruh dengan kualitas produksi ASI.

17. Jaga kondisi tubuh tetap tenang
Emosi yang terjadi pada ibu hamil dapat berpengaruh buruk pada produksi ASI. Agar ASI yang dikeluarkan lancar, sebaiknya Ibu harus cerdas menjaga emosi agar tetap tenang menjaga pikiran. Meskipun sering dianggap sepele, namun emosi yang berlebih akan berdampak buruk dan mempengaruhi kualitas produksi ASI.

18. Hindari menggunakan DOT
Hindari menggunakan dot dan botol susu pada minggu-minggu pertama kelahiran. Hal ini akan berdampak pada saat bayi menyusu langsung pada payudaram karena bayi akan merasa sulit untuk beradaptasi.

19. Gunakan pompa ASI
Untuk meningkatkan produksi ASI, anda dapat menggunakan pompa ASi ganda dnegan mesin atau menggunakan pompa manual.

20. Konsumsi suplemen peningkat ASi
Jika diperlukan, konsultasikan pada dokter dan mintalah suplemen peningkat ASI yang aman untuk ibu dan bayi.

21. Konsumsi Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan ASI

Minuman

  • Jus Spirulina
  • Susu Almond dan Santan

Buah dan Sayuran

  • Alfalfa
  • Asparagus
  • Adas
  • Aprikot, Pepaya
  • Kacang Polong
  • Kacang Panjang
  • Wortel
  • Daun Ubi Jalar, Daun Pepaya, Daun Katuk, Bayam, Kale

Lauk

  • Ayam,
  • Kalkun,
  • Cumi

Snack

  • Kukis susu,
  • kacang almond,
  • Rumput laut kering,
  • wijen,
  • hummus,
  • biji labu.

Bumbu Masak

  • Adas,
  • dil,
  • jintan,
  • kunyit,
  • kayu manis,
  • jahe,
  • kemangi

Lainnya

  • Oatmeal, sereal, lemak tak jenuh ganda omega 3, minyak zaitun.

Jika saran diatas belum bisa membantu, segera konsultasikan pada DOkter untuk mengetahui cara terbaik mengatasi masalah anda. Itulah penjelasan tentang Tips Mendapatkan ASI Melimpah Setelah Melahirkan   . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.