30 Tips Melahirkan Normal dan Lancar Tanpa Jahitan dan Mengurangi Rasa Sakit

Posted on

Tips Melahirkan Normal dan Lancar  – Melahirkan normal adalah proses melahirkan melalui vagina. Melahirkan adalah proses dari penantian panjang yang dilalui seorang ibu selama proses kehamilan. Persalinan normal adalah persalinan pada presentasi belakang kepala (kepala janin lahir terlebih dahulu) melalui jalan lahir/vagina. Pada kelahiran normal usia janin harus cukup bulan (38-42 minggu), lahir spontan / tanpa memakai alat, tidak menimbulkan komplikasi pada ibu maupun bayi dan berlangsung dalam waktu 18-24 jam.

Proses Persalinan dapat dilakukan melalui jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea). Banyak ibu hamil menginginkan agar dapat melahirkan secara normal tanpa menggunakan obat epidural dan benar-benar sangat alami.

Namun, ketika terdapat tanda akan melahirkan, biasanya ibu akan merasa takut dan merasa panik hingga pada akhirnya mereka diberi pilihan untuk melahirkan secara normal atau melalui proses caesar. Bagi Anda yang ingin menjalani persalinan normal melalui vagina, tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai tips melahirkan normal. Simak beberapa tips berikut ini untuk membantu proses kelahiran secara normal dengan lancar.

Tips Melahirkan Secara Normal

1. Niatkan dari awal
Niatkan diri dari awal kehamilan untuk melakukan proses persalinan secara normal, dengan begitu anda akan lebih menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh dan perkembangan janin. Ada berbagai persiapan yang bisa dilakukan sejak hamil seperti berjalan-jalan selama 20 menit setiap hari, melakukan yoga atau senam hamil, melakukan olahraga untuk ibu hamil dan mengelola pikiran yang santai.

2. Yakinkan Diri
Beri keyakinan pada diri bahwa anda akan melalui proses kelahiran normal dengan baik secara lancar. Keyakinan diri adalah kunci utama membuat kita yakin bisa melakukan hal tersebut.

3. Pilih sarana melahirkan yang tepat
Tips pertama yang perlu dilakukan oleh calon ibu untuk mendukung proses kelahiran secara normal tanpa obat yaitu dengan menemukan tempat melahirkan dengan sarana mendukung keinginan anda. Pilih sarana melahirkan seperti rumah sakit atau klinik yang memiliki dokter atau bidan yang sabar untuk menghadapi calon ibu saat akan melahirkan. Ketika calon ibu sudah merasa putus asa biasanya dokter akan menawarkan obat atau kelahiran melui caesar. Namun untuk mencapai keinginan anda, hal tersebut harus dihindari karena dokter atau bidan seharusnya bekerja untuk mendukung keinginan anda.

4. Ikuti Kursus Pra Melahirkan
Jika sejak awal anda memang sudah mengingikan kelahiran secara normal, sebaiknya anda juga telah mencari tempat kurusu persiapan melahirkan. Dalam kursus tersebut biasanya akan diajarkan tips melahirkan secra normal seperti teknik pernafasan saat melahirkan yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, cara mengatasi rasa nyeri waktu kontraksi, mempersiapkan diri seperti mental, lahir dan batin untuk menghadapi rasa sakit yang terjadi pada proses melahirkan secara normal, mengajarkan cara menghadapi rasa sakit dan menghipnotis diri dengan berbagai teknik relaksasi. Dengan mengikuti kursus pra-melahirkan calon ibu dirasa akan lebih siap menghadapinya.

5. Periksa kehamilan secara rutin
Calon ibu yang cerdas harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara tuin untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan dan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang dapat mengganggu tumbuh kembang janin serta ibunya. Hal ini juga sangat berpengaruh ketika anda memutuskan untuk melahirkan secara normal. Anda perlu memperhatikan kondisi kesehatan untuk memungkinkan anda dapat melakukan proses kelahiran normal.

6. Jaga kondisi berat badan selama hamil
Selama hamil, calon ibu memang memerlukan nutrisi makanan yang sehat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Hal tersebut juga penting dilakukan untuk menyiapkan tubuh ibu dalam menghadapai persalinan normal. Namun yang paling penting anda harus tetap menjaga kondisi berat badan agar tidak berlebihan karena hal tersebut akan menghambat prose persalinan normal. Selain itu, kelebihan berat badan juga menyebabkan calon ibu mengalami komplikasi seperti bahasa diabetes saat hamil yang menjadi penyebab bayi terlilit tali pusar.

7. Hindari kelelahan ketika mendekati masa persalinan
Salah satu penyebab dilakukannya tindakan episiotomi atau pengguntingan/perobekan dikarenakan adanya gangguan ringan seperti kelelahan ketika anda memasuki bulan akhir kehamilan, mendekati persalinan anda. Gunakan waktu istirahat yang cukup dengan menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang memiliki kandungan kalori untuk energi ekstra menjelang persalinan.

8. Lakukan gerakan ringan untuk melatih otot
Gerakan ringan yang perlu dilakukan pada trimester terakhir pada umumnya adalah melakukan gerakan kepala, dahi dan hidung menyentuh lantai begitu juga dengan tangan, lutut dan jari-jari kaki yang ikut menyentuh lantai. Cara ini dipercaya mampu membantu anda memasuki posisi terbaik dan mendorong bayi sehingga meminimalisir keadaan sungsang ketika lahir.

9. Buat diri menjadi lebih rileks
Ketenangan sangat dibutuhkan karena dapat membantu anda untuk mendapatkan proses persalinan normal, begitu juga untuk anda yang ingin meminimalisir jahitan pada proses persalinan anda.

10. Lakukan pijatan Perineum
Untuk menghindari proses melahirkan dengan menambah jahitan atau robekan, anda diperluakan untuk melakukan pijatan Perineum pada 3-4 minggu sebelum persalinan. Pijatan perineum berguna untuk meningkatkan aliran darah ke daerah ini dan meningkatkan elastisitas perineum. Peningkatan elastisitas perineum akan mencegah kejadian robekan perineum maupun episiotomi.

11. Tidak mengangkat bokong
Mengangkat bokong (pantat) ketika proses persalinan akan menyebabkan terjadinya robekan jalan lahir bayi yang lebih luas. Hal ini karena apabila bokong anda terangkat, tidak adanya penyangga akan menyebabkan otot mudah terkoyak.

12. Tahan kontrasi dirumah
Saat ibu merasakan kontraksi, sebaiknya jangan buru-buru langsung dibawa ke rumahsakit atau ke klinik. Ibu harus tetap tenang jika selama kontraksi tidak ada tanda-tanda air ketuban pecah merembes atau ketuban pecah dini. Cara untuk tetap merasa tenang yaitu dengan melakukan jalan-jalan ringan atau bergerak disekitar rumah, atau dapat berendam dalam bak mandi dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini dapat membantu ibu agar dapat merasakan proses pembukaan yang cepat, jadi ketika ibu datang ke rumah sakit atau ke klinik maka pembukaan sudah penuh dan ibu lancar saat melahirkan secara normal.

13. Berendam saat terjadi kontraksi
ketika kontraksi datang, maka ibu akan merasa sakit yang sangat luar biasa. Namun ibu dapat mengelola rasa sakit tersebut dengan baik melalui pikiran maupun dengan tindakan. Salah satu cara untuk membantu meredakan rasa sakit saat kontraksi yaitu dengan berendam dalam bak air hangat. Selain meredakan rasa sakit pada bagian pinggul dan punggung, berendam dengan air hangat juga dapat membantu proses pembukaan yang lebih cepat. Saat berendam, anda dapat bersantai untuk menghilangkan rasa sakit dengan mendapatkan pijatan dari pasangan.

14. Mendengarkan musik klasik
Trik untuk mengelola rasa sakit ketika hendak persalinan yaitu dengan mendengarkan musik klasik. Jika memungkinkan, pada proses persalinan anda dapat meminta untuk didengarkan musik-musik klasik. Mendengarkan musik klasik yang anda sukai dapat membuat anda menjadi lebih rileks untuk melakukan tehnik pernafasan, meditasi, bersantai dan tetap bergerak.

15. Hindari mendengarkan cerita buruk tentang proses persalinan normal
Umumnya para ibu akan berbagi cerita tentang kehamilan dan menceritakan proses persalinan yang mereka alami. Unutk calon ibu hendaknya tidak merasa cemas dan takut dengan cerita yang diberikan. Cerita buruk tentang proses persalinan normal hanya akan membuat anda merasa takut sehingga semangat anda untuk melahirkan secra normal akan menurun.

16. Dapatkan dukungan dari orang terdekat anda
Mendapatkan suport dari orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga, bidan atau dokter akan membuat anda lebih merasa nyaman untuk melakukan proses persalinan normal. Dukungan mereka untuk mendampingi anda pada saat proses kontraksi sangat dibutuhkan.

17. Suport dan dampingan dari suami
Tidak semua rumah sakit memberikan fasilitas yang mengijinkan suami untuk mengikuti proses persalinan karena disebabkan dengan pertimbangan yang dapat memungkinkan suami tidak kuat dketika menghadapi persalinan sang istri. Namun bagi seorang istri, dampingan dari suami dapat memberikan efek ketenangan dan lebih kuat sehingga mampu membuat ibu mengejan dengan baik saat persalinan.

18. Jangan menyerah
Syarat utama agar melahirkan secara normal adalah jangan menyerah. Kebanyakan para calon ibu merasa ingin menyerah ketika rasa sakit semakin kuat dan sudah menunggu lama untuk pembukaan saat melahirkan. Namun, tetap kontrol diri anda untuk tidak mudah menyerah, bersandarlah pada suami atau keluarga yang menemani proses kelahiran.

19. Makan sebelum menjalani proses persalinan
Mengkonsumsi makanan ringan sangat bermanfaat untuk membantu menambah energi anda saat menjalani proses melahirkan. Namun hindari mengkonsumsi makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat dan hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan rasa mual.

20. Buat otot menjadi rileks
Rileksasi otot selama proses persalinan sangat penting dilakukan untuk membantu tubuh mengelola rasa sakit saat menghadapi proses persalinan. Anda dapat melakukan latihan ini sejak kehamilan trimester kedua, dengan begitu anda dapat mencoba untuk melepaskan semua rasa sakit dan rasa tegang selama kehamilan. Cara yang dilakukan yaitu dengan berbicara dengan rasa tegang dan lepaskan rasa ketakutan dari pikiran anda. Hindari terlalu fokus pada rasa tegang dan cemas sehingga membuat anda membayangkan rasa sakit pada proses persalinan. Selain itu relaksasi otot bisa dilakukan secara fisik seperti gerakan panggul dengan bola yang biasa digunakan saat senam, latihan melemaskan otot bagian paha dan panggul serta mencoba membuat kaki senyaman mungkin.

21. Lakukan simulasi nyeri selama persalinan
Ibu hamil bisa melakukan simulasi nyeri pada proses persalinan. Simulasi tersebut dapat anda lakukan dengan pasangan anda atau orang yang mendampingi proses kelahiran. Simulasi yang dilakukan yaitu seperti

  1. Berbaring kesamping dan letakkan bantal diantara lutut
  2. Letakkan bantal tipis pada bawah punggung untuk membuat perut menjadi lebih nyaman
  3. Beri tahu suami atau pendamping untuk menerapkan tekanan ringan pada bagian otot leher dan bahu selama 2-3 menit
  4. Jika kontraksi sudah semakin kuat maka coba untuk melepaskan tekanan
  5. Jika kontraksi sudah merasa penuh, cobalan untuk bersantai dan anda mengambil posisi yang siap untuk melahirkan
  6.  Jika anda suah merasa siap , komunikasikan pada dokter bahwa anda siap untuk mengejan.

22. Buang rasa ketakutan dalam diri
Rasa takut ketika hendak melahirkan adalan normal adanya. Namun jika rasa takut leih tinggi dan mengalahkan niat anda untuk melahirkan secara normal akan membuat anda menjadi tegang. Rasa tegang yang tinggi akan membuat rasa sakit semakin lebih kuat. Untuk itu, hilangkan rasa takut dalam diri anda dengan melakukan relaksasi pada bagian otot panggul dan merasakan kontraksi rahim.

23. Bayangkan bayi anda
Ketika anda merasa tidak lagi kuat menahan rasa sakit pada proses persalinan, coba bayangkan bayi anda. Anda sudah mengandung selama sembilan bulan dan sebentar lagi anda akan bertemu dengan bayi yang telah anda rawat dalam rahim anda. Bayangkan betapa senangnya anda dan pasangan ketika melihat bayi anda pertama kali. Dengan membayangkan bayi, anda akan lebih semangat untuk melakukan proses persalinan dengan lancar.

24. Berpikir Positif
Kelola pikiran anda untuk selalu berpikir positif, karena proses persalinan normal adalah proses alami dan menantang anda. Dengan selalu berpikir positif akan membantu anda untuk memiliki motivasi dan keinginan lebih kuat untuk terus berjuang melawan rasa sakit. Selalu berpikir positif juga akan mengkontrol diri anda untuk tetap rileks.

Beberapa tips diatas merupakan cara yang dapat anda lakukan pada masa kehamilan dan pada saat kontraksi. Calon ibu cerdas seharusnya sudah mempersiapkan dan melakukan berbagai tips melahirkan secara normal karena akan sangat membantu ibu melewati masa persalinan.

Itulah penjelasan tentang Tips Melahirkan Normal dan Lancar Tanpa Jahitan . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.