10 Ramuan dan Cara Menyembuhkan Penyakit Hepatitis Secara Alami Dengan Tepat

Posted on

Cara Menyembuhkan Penyakit Hepatitis – Hepatitis adakah kondisi peradangan yang terjadi pada hati atau liver dalam organ tubuh yang disebabkan karena terinfeksi Virus Hepatitis. Hati atau Liver memiliki peran yang sangat pernting dalam tubuh seperti mengatur metabolisme tubuh, mengeluarkan racun, menyimpan Vitamin dan fungsi penting lainnya. Akibat adanya virus Hepatitis pada hati, sudah dipastikan jika Hati tidak berfungsi dengan baik seperti pada keadaan normal.

Panyakit hepatitis merupakan penyakit berbahaya yang dapat menular akibat kontaminasi dari penderita hepatitis. Selain itu, penyakit hepatitis juga disebabkan oleh penyebab lainnya seperti dari pola hidup yang tidak sehat seperti contoh terlalu sering mengkonsumsi alkohol, dan juga dipicu oleh bahan kimia yang ada seperti kloroform dan jamur beracun.

Pada umumnya penderita hepatitis memiliki gejala seperti berat badan turun, demam, hilangnya nafsu makan, bagian kulit tubuh berwarna kuning dan pada bagian putih mata, urine berwara lebih coklat hingga kehitaman.

Jika anda mengalami beberapa gejala tersebut, segeralah memeriksakan ke Dokter untuk memastikan gejala yang anda alami benarlah gejala dariu hepatitis dan jika benar, anda dapat segera melakukan penanganan karena semakin diabaikan akan semakin menjadi lebih parah hingga menyebabkan kematian.

Selain berkonsultasi dan melakukan tindakan medis untuk mengatasi masalah Hepatitis, cara alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pengobatan secara tradisional. Pengobatan ini bertujuan untuk menghambat perkembangbiakan virus-virus hepatitis dalam tubuh anda hingga menyembuhkan. Beberapa cara alami untuk menyembuhkan Hepatitis diantaranya :

Cara Mengobati Hepatitis Secara Alami

1. Brotowali


Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ruas jari brotowali
  • 3 gelas air bersih
  • 1 sdm madu

Cara membuat : Cuci bersih dan potong-potong brotowali, Rebus dengan 3 gelas air, hingga tersisa sekitar 1 gelas rebusan. Setelah dinging, saring dan tambahkan madu. Konsumsi ramuan tersebut 2 kali sehari dengan takaran sekali minum setengah gelas.

2. Rimpang Kunyit


Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ruas jari rimpang kunyit
  • 1 sdm madu

Cara membuat: cuci bersih lalu parut kunyit, beri sedikit air untuk memudahkan proses memeras. Setelah itu saring parutan kunyit dan tambahkan dengan 1sdm madu. KOnsumsi secara rutin 3 kali sehari.

3. Rimpang Temulawak


Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 ruas jari rimpang temulawak
  • 1 sdm Madu

Cara membuat : Bersihkan rimpang temulawak dari kulitnya dan parut hingga halus, beri setengah cangkir air hangat dan saring parutan temulawak, tambahkan 1 sdm madu. Aduk dan konsumsi 2 kali sehari dengan rutin.

4. Wortel


Bahan yang dibutuhkan 2 batang Wortel segar dan air minum.
Cara membuat : Cuci bersih wortel dan blender dengan tambahan satu gelas air minum. Saring untuk menghilangkan ampas nya. Minum langsung jus wortel 3 hari sekali. Catatan: terlalu banyak minum jus wortel dapat membuat kulit menjadi lebih kuning, jika terjadi indikasi demikian segera hentikan konsumsi jus wortel dan warna kulit akan menajadi normal kembali.

5. Biji Pepaya


Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdm biji pepaya
  • 3 jari tangan buah papya mengkal
  • 1 sdm Madu

Cara membuat : Cuci biji dan buah pepaya, blender biji puah pepaya dan saring, parut buah pepaya mengkal, saring sarinya. Campur sari biji pepaya dan sari buah pepaya mengkal lalu tambahkan 1 sdm madu, aduk lalu minum secara rutin. Catatan : untuk wanita hamil dilarang mengkonsumsi ramuan ini karena dapat menyebabkan keguguran.

6. Mengkudu


Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 buah mengkudu
  • Kulit mengkudu
  • Cuka
  • 1 sdm madu

Cara membuat : ramuan pertama , blender 3 buah mengkudu lalu peras airnya, beri 1 sdm madu lalu minum ramuan tersebut. Ramuan kedua, tumbuk halus kulit mengkudu, beri sedikit cuka. Bungkus dengan daun pisang lalu panaskan sebentar diatas kompor. Dalam keadaan hangat, tempelkan bungkusan ramuan kedua pada perut bagian kanan atas, tepat pada organ hati.

7. Batang bunga bugenfil


Bahan yang dibutuhkan :

  • 15 gram batang bugenfil
  • 3 gelas air
  • 1 sdm madu

Cara membuat : Cuci bersih batang bugenfil lau rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas ramuan. Saring dan biarkan dingin, setelah itu tambahkan madu dan minum 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

8. Daun Pare


Bahan yang dibutuhkan:

  • Satu genggam daun pare
  • Satu gelas air matang

Cara membuat : Cuci bersih daun pare dengan air matang lalu tumbuk halus, peras dan campurkan dengan satu gelas air matang. Minum ramuan tersebut pada pagi hari sebelum sarapan. Catatan : Ramuan ini dilarang untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

9. Tomat Matang


Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 buah tomat matang
  • 2 sdm Gula pasir

Cara Membuat : Ramuan pertama, cuci bersih tomat, potong-potong lalu blender dengan tamabahan gula. Ramuan kedua, Rebus tomat hingga air mendidih, setelah itu lumatkan tomat dan campurkan dengan gula.

10. Kulit Manggis


Bahan yang dibutuhkan

  • 50 gram kulit manggis kering
  •  3 gelas air

Cara membuat : potong-potong kulit manggis kering lalu rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tersisa satu gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari, dengan takaran setengah gelas sekali minum.

Penderita hepatitis seharusnya mengkonsumsi makanan dengan gizi tinggi dan banyak nutrisi agar tubuh mampu bertahan melawan virus hepatitis dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggerogoti kesehatan.

Hepatitis dapat menular melalui air liur, cairan seksual dan kontak langsung lainnya. Untuk itu, jika salah seorang dari keluarga anda ada yang menderita penyakit tersebut, maka ada baiknya untuk segera melakukan vaksin sebagai langkah pencegahan virus hepatitis agar tidak menular kepada anggahota keluarga sehat lainnya.

 Itulah penjelasan tentang Ramuan dan Cara Menyembuhkan Penyakit Hepatitis . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.