Pose Yoga untuk Ibu Hamil Menyambut Kelahiran Normal yang Aman Dilakukan

Posted on

Pose Yoga untuk Ibu Hamil Menyambut Kelahiran Normal – Selama masa kehamilan berlangsung, tubuh akan banyak mengalami perubahan hormon seperti akan mudah merasa stress secara mental maupun secara fisik. Tubuh akan sering merasa sakit pada persendian seperti ngilu pada area panggul, hal ini disebabkan oleh hormon relaxin. Relaxin adalah hormon yang bertugas untuk melenturkan atau melemaskan otot-otot, persendian, dan ligamen dalam tubuh yang bertujuan memastikan tubuh siap untuk melahirkan.

Meskipun secara otomatis tubuh akan dibantu oleh berbagai hormon pada saat proses melahirkan, namun akan lebih baik jika sebelumnya kita telah menyiapkan diri dengan melakukan peregangan pada panggul saat masa kehamilan. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk melancarkan kelahiran adalah dengan melakukan senam yoga. Berikut ini adalah pose gerakan yoga yang bisa anda lakukan pada masa kehamilan untuk membantu melatih Panggul (Hip Opening) agar lebih lentur dan kuat untuk mempersiapkan kelahiran.

Pose Yoga untuk Ibu Hamil

Easy Pose (Sukhasana)


Easy Pose (Sukhasana) adalah posisi hip opening yang paling mudah untuk dilakukan serta dapat dilakukan kapan saja. Meskipun terlihat sederhana, gerakan ini tidak semua orang dapat melakukannya, terutama bagi pria yang sering memiliki otot lebih kaku. Easy Pose (Sukhasana) dapat anda lakukan seetiap kali memulai latihan yoga yang disertai dengan latihan pernapasan untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh, dan bisa Anda lakukan kembali sebelum mengakhiri latihan Yoga Anda.

Latihan Easy Pose bermanfaat untuk melatih otot pinggul agar lebih terbuka, tulang punggung lebih panjang, membuka area dada. Ketika gerakan disertai dengan latihan pernapasan dapat membantu meningkatkan fokus, keseimbangan, ketenangan, menghilangkan rasa lelah, cemas atau rasa khawatir yang sering dirasakan pada saat kehamilan dan menjelang kelahiran.

Child Pose (Balasana)


Child Pose (Balasana) adalah gerakan dengan cara duduk dan kaki dilipat kebawah. Gerakan ini sering menjadi gerakan favorit karena gerakan ini baik untuk istirahat sejenak ditengah-tengah latihan yoga yang dinamis. Terutama pada ibu hamil, gerakan ini menjadi gerakan yang ditunggu-tunggu olehnya.

Manfaat dari Child Pose adalah baik untuk membuka area panggul dan paha dalam, serta meregangkan tulang kelangkang (sacrum). Pose ini juga dapat mengurangi rasa tegang dan membantu menenangkan pikiran serta meningkatkan ketenangan dan kesiapan menjelang proses kelahiran. Untuk lebih merileksasi, anda dapat meminta bantuan pasangan untuk meijat area punggung dan pinggang,

Butterfly Pose (Baddha Konasana)


Butterfly Pose adalah posisi yang sangat baik utnuk membuka area panggul dan membantu merelaksasi tubuh dan pikiran. Pose ini juga bermanfaat untuk meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, mengarahkan bayi untuk turun menuju area pelvis mempersiapkan Anda dan bayi untuk proses kelahiran, membantu relaksasi seluruh bagian tubuh, dan membantu proses pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.

Wide Angle Seated Forward Bend (Upavistha Konasana)


Gerakan ini baik untuk anda yang mulai merasakan beban berat dari area perut yang dapat menyebabkan sakit pinggang. Posisi ini sangat baik untuk membuka panggul dan tulang kelangkang (sacrum), menghilangkan rasa tegang pada tulang punggung, pinggang bawah, dan paha dalam. Di saat yang sama, posisi ini juga membantu meningkatkan asupan oksigen pada plasenta.

Crescent Lunge (Anjaneyasana)


Cresent Lunge adalah gerakan yang bisa anda lakukan secara rutin karena posisi gerakan ini cukup powerfull dan menantang untuk dilakukan saat hamil. Gerakan ini bermanfaat untuk membuka panggul dan mempersiapkan panggul untuk kelahiran bayi, membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Anda, memberikan ruang pada bayi Anda untuk melakukan posisi rotasi internal, dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.

Half Pigeon Pose (Ardha Kapotasana)


Pada kehamilan trimester terakhir, posisi Half Pigeon jika dilakukan secara rutin daaoy membantu untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri atau kram. Gerakan ini bermanfaat untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri akibat sciatica. Posisi ini juga membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Anda, memberikan ruang pada bayi Anda untuk melakukan posisi rotasi internal, dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.

Squat Pose (Malasana)


Squat Pose (Malasana) adalah posisi jongkok yang baik untuk membant area panggul terbuka. Pose ini juga bermanfata untuk mengurangi atau menghilangkan rasa tegang pada tulang punggung, bahu dan leher. Gerakan ini juga dapat membantu meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, membuka area panggul dan tulang kelangkang (sacrum), mengurangi sakit pinggang, membantu mengurangi rasa lelah, membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi.

Happy Baby Pose (Ananda Balasana)


Pada kehamilan trimester terakhir mungkin akan merasa kurang nyaman berbaring dengan posisi ini. Jika memang tidak nyaman, anda dapat menghindari pose ini atau anda bisa menggunakan alas bantal tipis untuk menopang pinggang agar lebih nyaman saat melakukan gerakan ini. Pose ini bermanfaat untuk mengurangi rasa mual atau pusing akibat hormon pada masa kehamilan, membantu meregangkan otot panggul dan menghilangkan kram di area uterus, dan membuat Anda lebih rileks karena Anda meregangkan seluruh bagian tubuh Anda secara nyaman.

Pose Yoga yang Harus dihindari Saat Hamil

  • Plank Cross (Variasi Twist)
  • Pose Locust
  • Plough Pose
  • Boat Pose

Sebelum melakukan yoga saat hamil sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter.

Itulah penjelasan tentang Pose Yoga untuk Ibu Hamil Menyambut Kelahiran Normal  . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.