Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami Efektif Menyembuhkan

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami – Sembelit adalah kondisi pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar dalam waktu yang lama, yang merupakan gangguan pencernaan yang dapat menyerang siapa pun tanpa mengenal jenis kelamin ataupun usia. Sembelit atau dikenal juga dengan konstipasi diartikan sebagai buang air besar kurang dari 3 kali seminggu.

Sebenarnya, sembelit adalah sesuatu yang nomal dan hanya terjadi sesekali serta dapat sembuh dengan sendirinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit seperti faktor makanan, stress atau faktor lingkungan. Namun, ada sebagian orang yang mengalami sembelit kronik yang akan lebih sulit penangannya dan biasanya merupakan gejala dari kondisi medis lainnya. Pada kebanyakan kasus, seseorang yang menderita sembelit biasanya terjadi pada lansia, orang gemuk, wanita hamil, atau pada orang yang terlalu lama dan sering duduk.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah sembelit? Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi sembelit, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor penyebab terjadinya sembelit berikut ini.

Faktor Penyebab dan Gejala Sembelit

Meskipun sembelit sangat umum terjadi, namun kita juga penting untuk mengetahui penyebab dan beberapa gejala yang memicu sembelit, beberapa gejalanya antara lain:

Penyebab Sembelit

  1. Tubuh kekurangan serat
  2. Tubuh kelebihan serat
  3. Tubuh Dehidrasi
  4. Konsumsi makanan beku
  5. Pola makan tidak sehat
  6. Tubuh kekurangan vitamin C
  7. Kondisi tubuh panas dalam
  8. Trauma dalam faktor psikologis
  9. Adanya kondisi penyakit tertentu
  10. Terlalu berlebihan konsumsi daging
  11. Pengaruh dari konsumsi obat-oabtan
  12. Konsumsi sayuran yang dapat memadatkan feses
  13. Sering menahan rasa ingin buang air besar
  14. Sistem pencernaan mengalami kelainan anatomis
  15. Faktor emosi
  16. Faktor kehamilan
  17. Tubuh kurang olahraga
  18. Faktor bertambahnya usia
  19. Faktor pikiran atau stress
  20. Faktor masa menstruasi

Gejala Sembelit

  1. Perut merasa tidak nyaman
  2. Feses terasa keras
  3. BAB berdarah
  4. Punggung terasa nyeri
  5. Nafsu makan menurun
  6. Kram pada bagian perut
  7. Mulut beraroma tidak sedap
  8. Tubuh merasa lemas dan letih
  9. Mudah merasa emosi
  10. Merasa buang air besar belum tuntas
  11. Pelepasan feses terasa perih, penuh dan panas
  12. Perut mengalami mulai dan ingin muntah
  13. Menurunnya rasa ingin buang air besar
  14. ketika rasa ingin BAB muncul, namuan sulit mengeluarkan feses

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Cara mengatasi masalah sembelit sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini beberapa cara praktis untuk mengatasi masalah sembelit.

1. Banyak konsumsi buah dan sayur
Salah satu cara mudah untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh. Serat berfungsi penting dalam melancarkan sistem pencernaan karena berfungsi untuk membantu pergerakan usus, sehingga proses pembuangan menjadi lebih mudah.

2. Hindari Dehidrasi
Air dan serat memiliki peranan yang penting untuk melancarkan sistem pencernaa. Karena itulah, penting bagi tubuh untuk tercukupi air sebanyak 8-10 gelas per hari agar Anda tidak mengalami masalah sembelit.

3. Olahraga secara teratur
Salah satu penyebab sembelit adalah karena tubuh kurang olahraga. Melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari seperti jalan kaki selama 20-30 menit merupakan cara mudah untuk mengatasi sembelit secara alami.

4. Komsumsi Kopi
Mengkonsumsi kopi dapat memicu pergerakan otot usus. Kandungan kafein pada kopu berperan membantu usus agar tetap aktif, selain itu kopi juga mengandung serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri dalam usus.

5. Meningkatkan jumlah bakteri baik
Salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Bakteri baik berperan untuk produksi asam lemak dan asam laktat untuk memudahkan usus memindahkan bahan makanan yang telah dicerna. Bakteri baik bisa didapatkan dari mengkonsumsi yoghurt dan tempe.

6. Kurangi konsumsi susu
Sembelit juga disebabkan karena intoleransi laktosa yang menghambat pergerakan usus. Untuk mengatasi sembelit karena masalah ini anda dapat berhenti mengkonsumsi produk olahan susu untu.

Sangat dianjurkan untuk segera mengatasi masalah sembelit atau konstipasi, karena sembelit yang berlangsung lama dan parah dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti:

  • Wasir
    Sembelit yang berlangsung lama dan sering akan mempermudah terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus alias wasir atau ambeien.
  • Anal Fissure atau robeknya anus
    Feses yang keras dan besar berpotensi melukai anus hingga robek dan berdarah.
  • Fecal Impaction
    Sembelit kronis penyebabkan pengumpulan feses yang keras terjebak pada usus besar sehingga tidak bisa dikeluarkan melalui proses defekasi biasa.
  • Rektum Prolaps
    Rektum atau bagian yang lebih dalam dari anus dapat menonjol keluar karena feses keras pada sembelit.

Itulah pembahasan singkat tentang Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..