32 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Efektif Menghilangkan

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami – Kerontokan rambut adalah masalah yang sering sekali dialami oleh banyak orang, tidak hanya wanita, pria juga kerap mengalami masalah kerontokan rambut. Meskipun sangat umum terjadi, masalah kerontokan rambut perlu diperhatikan, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kebotakan jika terjadi terus menerus. Selain itu, kerontokan rambut juga dapat membuat rasa percaya diri menurun. Pada kondisi normal kerontokan rambut sekitar 100 helai per harinya. Kondisi semacam itu normal terjadi, sebab rambut mengalami tiga fase yakni pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan.

Walaupun rambut rontok tidak membuat rasa sakit, namun masalah ini akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Sehingga mereka yang mengalami kerontokan rambut akan mencari solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum membahas cara mengatasi masalah rambut rontok, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut. Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut antara lain:

1. Faktor Hormon
Hormon merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh terhadap kerontokan rambut. Salah satu hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah hormon DTH. Hormon DTH diproduksi akibat tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat sel folikel rambut menjadi menyusut, sehingga rambut menjadi sangat mudah rontok.

2. Faktor Malnutrisi
Malnutrisi atau sebutan untuk seseorang yang kurang gizi didalam tubuhnya juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

3. Faktor Pengaruh Bahan Kimia
Rambut yang terlalu banyak terkena paparan bahan kimia seeprti perawatan mewarnai rambut dapat menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh dan sangat rentan patah, sehingga membuat rambut menjadi rontok.

4. Faktor Efek Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat-obatan memiliki efek samping dapat menyebabkan kerontokkan. Namun, rontoknya rambut akibat faktor obat-obatan hanyalah bersifat sementara karena setelah kamu berhenti mengkonsumsi obat-obatan, maka rambutmu akan semakin sedikit yang rontok.

5. Faktor Genetik
Faktor genetik memiliki peranan yang cukup tinggi dengan kerontokan pada rambut. Jika dalam keluarga ada yang memiliki riwayat kebotkan, maka anda kemungkinan memiliki peluang pada kebotakan.

6.Faktor stress
Salah satu penyebab kerontokan rambut lainnya yaitu akibat stress. Ketika mengalami stress maka sirkulasi darah dalam tubuh akan terganggu. Jika sirkulasi darah terganggu maka kulit kepala akan ikut terganggu karena kekurangan asupan oksigen dan nutrisi dalam tubuh yang ikut terganggu.

7. Faktor Usia
Faktor penyebab kerontokann rambut lainnya adalah karena faktor usia. Jika kerontokan rambu terjadi akibat faktor usia maka hal ini tidak bisa dihindari. Namun, anda bisa memperkecil frekuensi kerontokan rambut dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc, dan vitamin.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

1. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat baik untuk merawat kesehatan rambut. Beberapa pendapat ahli mengatakan jika kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru diakar, memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak atau menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan terlebih dahulu membasahi rambut dan tunggu hingga setengah kering. Setelah itu usapkan lendir pada kulit kepala, biarkan selama 15 menit. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kemiri
Cara selanjutnya untuk mengatasi kerontokan adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Kandungan dalam minyak kemiri dipercaya dapat menguatkan akar rambut sehingga dapat mencegah kerontokan. Cara mengatasi kerontokan rambut dengan kemiri adalah dengan terlebih dahulu menyangrai kemiri yang sudah ditumbuh kasar, setelah disangrai, tumbuk halus kemiri hingga mengeluarkan minyak. Gunakan kemiri yang telah dihaluskan untuk keramas seperti biasanya dan pijat hingga kulit kepala.

3. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alpukat
Kandungan protein pada alpukat diyakini efektif untu menguatkan akar rambut dan memberikan nutrisi pada rambut. Alpukat juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat adalah dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

4. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat juga untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Hal tersebut bermanfaat untuk menguatkan akar rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau adalah dengan menyeduh teh hijau, lalu teteskan pada kulit rambut dengan diberi pijitan lembut hingga merata, lalu tutup dengan handuk selama 30 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

5. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri
Seledri memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang terbukti dapat menguatkan rambut dari akarnya. Penggunaan seledri secara rutin dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Cara yang dilakukan adalah dengan haluskan seledri dengan cara diblender. Setelah itu gunakan sebagai masker untuk kulit kepala dan diamkan 30 menit setelah itu bilas hingga bersih.

6. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Essensial
Minyak essensial diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya yang terbukti menguatkan rambut sampai ke akarnya. Seperti pada minyak Minyak zaitun, Minyak lavender, Minyak kelapa, Minyak wijen. Caranya hanya dengan meneteskan minyak esensial pada kulit kepala lalu beri pijatan lembut.

7. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kuning Telur
Untuk mengatasi rambut rontok anda dapat menggunakan kuning yang telah di kocok hingga membentuk seperti krim lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala lalu biarkan selama setengah jam. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal dan rambut akan menjadi lebih kuat.

8. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Jeruk
vitamin C pada jeruk juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Radikal bebas dapat merusak pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih lemah, rapuh dan menjadi tipis. Sifat antioksidan vitamin C membantu mengurangi pembentukan radikal bebas serta meminimalkan kerusakan pada pertumbuhan rambut.

9. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Yoghurt
Kerontokan rambut biasanya disebabkan karena akar rambut yang tidak kuat. Yoghurt dapat menutrisi rambut dnegan kandungan mangan dan zinc didalamnya yang mampu menutrisi dan menguatkan akar rambut sehingga membuat rambut tidak mudah rontok.

10. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Paprika
Paprika memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut. Ekstrak paprika memiliki manfaat sebagai salah satu penyubur rambut terbaik sekaligus membantu menumbuhkan rambut dengan cepat sehingga rambut akan menjadi lebih sehat kembali.

11. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Ubi
Kandungan betakaroten pada ubi jalar berkhasiat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi rambut juga berdampak buruk karena dapat menyebabkan rambut kusam, rusak dan kerontokan.

12. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bayam
Kandungan zat besi pada bayam bermanfaat baik untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Rambut rontok juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia. Cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengkonsumsi jus bayam secara teratur dan rutin.

Bayam memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, Kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan asam lemak omega-3 yanng merupakan perpaduan sempurna untuk membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, zat besi dalam bayam juga membantu mengikat oksigen dalam sel darah merah yang akan didistribusikan ke folikel rambut, yang penting untuk menutrisi batang rambut dari dalam dan menjadikan akar rambut kuat.

13. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Omega-3 bermanfaat untuk memperkuat rambut, sehingga akan mengurangi rambut rontok. Sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi selama 6 bulan mengalami penurunan dalam hal rambut rontok.

14. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kerang
Kerang memiliki kandungan zinc tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.

15. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Produk Susu
Produk dari olahan susu seperti susu sapi, keju, dan yoghurt bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan produk-produk susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut karena pada dasarnya, rambut tersusun oleh protein.

16. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Ikan Salmon
Mengkonsumsi ikan salmon juga bermanfaat untuk memperkuat rambut, karena dalam ikan salmon mengandung protein yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut.

17. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Daging Merah
Daging merah juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Selain itu, daging merah juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Zat besi sangatlah penting untuk menunjang kesehatan rambut, karena zat besi merupakan mineral yang akan mengangkut oksigen keseluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

18. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Buah-Buahan
Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral yang akan bermanfaat untuk memperkuat rambut dan memberikan pasokan nutrisi ke kulit kepala. Buah-buahan memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi rambut rontok karena kulit kepala dan juga sel folikel rambut memerlukan pasokan nutrisi yang cukup setiap harinya.

19. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Sayur-Sayuran
Banyak sayur-sayuran memiliki berbagai kandungan mineral yang dapat memperkuat rambut sehingga tidak rambut tidak mudah rontok. Sayuran juga mengandung serat dan juga vitamin yang akan membuat penyerapan nutrisi dari makanan kedalam tubuh menjadi lebih maksimal.

20. Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Biji Fenugreek
Biji fenugreek juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Fenugreek memiliki kandungan protein dan juga asam nikotinik yang akan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, fenugreek juga memiliki hormon antecedents yang akan menjaga kesehatan sel folikel pada rambut, sehingga rambut akan tetap sehat dan tidak mudah rontok.

21. Cara Mengatasi Rambut rontok dengan Bawang Merah
Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Kandungan sulfur bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut dan juga memicu regenerasi sel folikel rambut, sehingga nantinya rambutmu akan tetap sehat. Bawang merah juga mengandung senyawa anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi di kulit kepala dan rambut rontok.

22. Cara Mengatasi Rambut rontok dengan Indian Gooseberry
Indian Gooseberry memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, karena kekurangan Vitamin C dalam tubuh merupakan salah satu penyebab timbulnya rambut rontok.

23. Cara Mengatasi Rambut rontok dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lauric yang akan membasmi segala bakteri dan juga kuman yang akan menyebabkan infeksi di sel folikel rambut. Selain itu, minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambutmu secara alami, sehingga rambutmu akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

24. Cara Mengatasi Rambut rontok dengan Bawang Putih
Bawang putih juga tinggi kandungan sulfur yang bermanfaat memperkuat sel folikerl dan memicu sel folikel rambut, sehingga rambut semakin kuat dan tidak mudah rontok. Bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala.

25. Cara Mengatasi Rambut rontok dengan Daun Neem
Daun neem memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang bisa membasmi segala bakteri dan juga jamur yang berpotensi akan menginfeksi kulit kepala dan membuat rambut menjadi mudah rontok. Selain itu, daun neem juga akan melembabkan kulit kepala, sehingga sel folikel rambut akan tetap kuat dan rambut menjadi tidak mudah rontok.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..