36 Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah Secara Alami TUNTAS

Posted on

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah  – Bibir adalah bagian tubuh yang memiliki peran penting, untuk itu kita perlu menjaga kesehatan bibir agar bibir tidak mengalami pecah-pecah dan kering. Selain untuk kecantikan dan membuat penampilan menjadi lebih menarik, bibir yang sehat juga berpengaruh pada kenyamanan anda ketika berbicara atau ketika menyantap makanan.

Kebanyakan orang menggunakan cara simple untuk mengatasi bibir pecah-pecah yaitu dengan menggunakan lipstik, padahal cara tersebut tidaklah tepat. Untuk mengatasai masalah tersebut, kali ini kita ketahui beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dalam artikel ini.

Namun sebelum kita bahas tentang cara mengatasi bibir pecah-pecah dan bibir kering, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab bibir kering sehingga memudahkan anda untuk mengatasi dan mencegahnya muncul kembali.

Penyebab Bibir Kering dan Bibir Pecah-pecah

Kulit bibir tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan bagian kulitnya. Kulit bibir juga tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin (pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit). Karena itulah anda perlu mengetahui beberapa penyebab munculnya bibir kering dan pecah pecah, antara lain:

  1.  Kebiasaan menjilat bibir akan membuat minyak pada bibir ikut larut sehingga bibir akan menjadi kering dan menjadi pecah-pecah.
  2.  Kondisi dehidrasi juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah karena kekurangan cairan pada tubuh dan daerah bibir mengalami kekeringan.
  3.  Merokok dapat membuat kelembaban pada bibir menjadi berkurang sehingga akan menyebabkan bibir menjadi kering hingga pecah-pecah.
  4.  Kondisi panas dalam dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  5. Sinar UV pada paparan matahari dapat menyebabkan kelembaban bibir menjadi berkurang sehingga dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  6. Perubahan Cuaca
  7.  Kurangnya asupan vitamin
  8. Alergi penggunaan Obat
  9. Pemakaian produk perawatan bibir yang tidak sesuai
  10. Kebiasaan tidak menghapus lipstik sebelum tidur

Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah

Sebenarnya cara merawat bibir kering sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan berbagai produk kecantikan khusus untuk bibir atau dengan cara metode alami. Namun berikut ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa anda lakukan dirumah untuk merawat bibir keirng dan pecah-pecah secara alami.

1. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin dalam tomat dapat membantu untuk melembabkan bibir secara alami. Cara perawatannya yaitu dengan mengoleskan tomat segar yang telah dibelah pada bibir secara langsung. Oleskan secara merata dan diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Madu
kandungan mineral esensial pada madu dapat efektif melembabkan bibir secara alami. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan madu secara merata pada bibir sebelum beraktivitas atau oleskan pada malam hari ketika hendak tidur dan bilas pada pagi hari.

3. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Lemon atau Jeruk nipis
Lemon dan Jeruk nipis tinggi akan kandungan vitamin C sehingga sangat baik untuk membantu melembabkan bibir secara alami. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan secara langsung jeruk nipis atau lemon yang tealah dibelah. Cara ini akan menimbulkan rasa perih namun akan menghilang dengan sendirinya.

4. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, wortel yang tinggi akan vitamin A juga efektif untuk membantu melembabkan bibir kering secara alami. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan menghaluskan wortel lalu oleskan secara merata pada bibir dan diamkan selama 30 menit lalu bilas.

5. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Mentimun
Mentimun memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Kandungan air tersebut bersifat seperti lendir sehingga dapat digunakan untuk merawat bibir pecah-pecah secara alami. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan menghaluskan mentimun lalu gunakan untuk mengoles bibir secara merata dengan beri pijatan lembut selama 5 menit agar meresap, selanjutnya diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

6. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki manfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan secara langsung daging lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara rutin dan bilas pada pagi hari.

7. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan minyak zaitun
Kandungan asam lemak pada minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai pelembab alami dan pelumas untuk bibir sehingga mampu untuk mengatasi masalah bibir kering, pecah pecah hingga membuat bibir menjadi lembut dan kenyal. Cara perawatannya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir dua kali sehari.

8. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Air Mineral
Mengkonsumsi banyak mineral berfungi menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang, selain itu konsumsi air putih juga membantu mengembalikan kelembaban pada bibir yang hilang akibat dehidrasi.

9. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Air Mawar
Air mawar yang didapatkan dari kelopaknya memiliki manfaat unutk membuat bibit lebih lembab dan berkilau. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan menghaluskan kelopak mawar lalu campurkan dengan madu atau giserin lalu oleskan pada permukaan bibir secara merata. Cara ini lebih efektif dilakukan pada malam hari dan bilas pada pagi hari.

10. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Susu
Kandungan lemak yang tinggi pada krim susu dapat dimanfaatkan untuk melembabkan bibi rsecara alami. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan krim susu segar secara langsung pada bibir dan diamkan selma 10 menit setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil maksimal.

11. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Minyak Jarak (Castor Oil)
Minyak jarak dipercaya efektif untuk mengatasi maslaah bibir pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan minyak jarak secara langsung pada bibir 1-2 kali sehari.

12. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa dapat anda gunakan untuk melembabkan kulit bibir secara alami dan mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan secara langsung minyak kelapa pada bibir lalu diamkan selama 10 menit dan bilas.

13. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Scrub Gula
Scrub gula bekerja untuk mengelupas sel kulit mati pad bibir pecah-pecah dan mengembalikan kelembutan bibir secara alami. Cara perawatan yang dilakukan dengan scrub gula yaitu dengan mencampur gula dengan 2 tetes minyak zaitun lalu oleskan pada bibir dan gosok lembut. Setelah 3-5 menit bilas hingga bersih. Anda dapat mengganti minyak zaitun dengan menggunakan madu atau gliserin.

14. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Kantong Teh Hijau
Cara ini sangat gampang dilakukan yaitu hanya dengan menggunakan bekas kantong teh hijau yang telah di gunakan lalu tempelkan pada bibir dan tekan sedikit selama 4 menit. Cara ini ampuh untuk membantu melembabkan bibir.

15. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Mentega
Mentega yang biasa digunakan sebagai olesan untuk roti ternyata juga ampuh digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kandungan asam lemak pada mentega mampu mengatasi kulit bibir menjadi lebih lembab. Cara perawatan yang dilakakukan yaitu dengan mengoleskan sedikit mentega pada bibir lalu diamkan selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

16. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Minyak Goreng
Jika anda tidak memiliki minyak kelapa atau minyak zaitun, alternatif lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan minyak goreng. Minyak yang digunakan adalah minyak baru, cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan minyak goreng pada bibir secara langsung selama 3 menit dan bilas hingga bersih.

17. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Jambu Biji
Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang efektif juga digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan adalah dengan menghaluskan daging buah jambu lalu oleskan merata pada bibir beri pijatan lembut dan diamkan selama 5 menit lalu bilas.

18. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Minyak Almond
Minyak almond juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kandungan serat, protein, vitamin A, asam oleat, kalsium dan juga zat besi dalam minyak almond dapat dimanfaatkan untuk membantu melembabkan bibir kering dan bibir pecah-pecah. Cara perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengoleskan secara langsung minyak almond pada bibir dan biarkan beberapa menit hingga meresap dan bilas hingga bersih.

19. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan pasta gigi
Pasta gigi bebas florida dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Perawatan yang anda lakukan yaitu dengan mengoleskan pasta gigi bebas florida pada bibir dan diamkan hingga kering lalu bilas hingga bersih.

20. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Humidifier
Salah satu penyebab bibir menjadi kering adalah suhu yang terlalu panas sehingga bibir menjadi pecah-pecah. Cara lain untuk mengatasi bibir pecah-pecah yaitu dengan menggunakan Humidifier, yaitu alat yang digunakan untuk melembabkan udara ruangan. Sehingga dapat membuat bibir tetap lembab.

21. Cara Mengatasi Bibir Kering dan pecah-pecah dengan Cukupi Asupan Nutrisi
Bibir kering dan pecah dapat disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, B, zat besi dan asam lemak esensial. Untuk itu anda perlu penuhi asupan nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan seperti ambu biji, jeruk, alpukat, sayur brokoli, bayam, dan masih banyak lagi. Bila perlu, konsumsilah suplemen multivitamin setiap harinya.

22. Hindari menjilat bibir
Hindari menjilat bibir karena dapat memperparah kondisi bibir semakin kering. Hal ini terjadi karena kadar minyak alami pada bibir akan hilang saat anda menjilat bibir.

23. Hindari mengigit bibir
Selain menjilat bibir, mengigit bibir juga akan membuatnya menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Mengigit bibir akan membuat kulit bibir menjadi terkelupas hingga membutnya menjadi pecah-pecah. Untuk itu hindari menggigit bibir secarang juga.

24. Hindari terlalu sering bernafas dengan mulut
Hindari bernapas dengan mulut karena mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, hal ini sering terjadi pada atlet renang karena mereka lebih banyak menggunakan mulut untuk mengambil napas.

25. Menghindari pemakaian lipstik.
Kebanyakan produk lipstik akan memberikan efek kering pada bibir. Namun bila Anda bisa mendapatkan lipstik yang tepat, melanjutkan pemakaian tak akan menjadi masalah.

26. Menggunakan Lipgloss
Cara untuk melembabkan bibir agar tidak kering dan pecah-pecah yaitu dengan menggunakan lipsgloss. Yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bibir kering adalah lipgloss yang cair bukan lipgloss yang padat. Tidak hanya itu saja, lipgloss yang anda gunakan adalah lipgloss yang tidak berwana sehingga jika digunakan di atas bibir lipgloss tersebut hanya seperti minyak saja.

Itulah penjelasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.