37 Penyebab dan Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini Secara Alami dan Efektif

Posted on

Penyebab dan Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini¬† –¬†Salah satu hal yang tidak dapat dihindari oleh manusia adalah bertambahnya usia. Sejalan dengan bertambahnya usia, sudah pasti banyak hal yang berubah, salah satunya adalah dengan munculnya kerutan halus diwajah yang menjadi tanda hadirnya penuaan. Masalah tersebut umumnya terjadi pada mereka yang memiliki usia diatas 30 tahun. Namun, apa jadinya jika proses penuaan dini terjadi pada wanita yang memiliki usia dibawah 25 tahun? Hal tersebut akan membuat mereka menjadi tidak menjadi percaya diri dan sudah tentu akan melakukan banyak hal untuk mengatasi masalah penuaan dini.

Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang. Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah).

Selain itu, penuaan dini juga terjadi karena beberapa faktor internal, seperti stress dan kurangnya asupan gizi yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Salah satu cara mengatasi penuaan dini karena faktor ini adalah denan mengkonsumsi makanan tinggi gizi, dan menghindari stress.

Penyebab Penuaan Dini

Selain dari penjelasan diatas, penuaan dini juga disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

  1. Efek paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama dan sering.
  2. Kondisi polusi udara yang tidak baik seperti polusi kendaraan, limbah dan lainnya.
  3. Efek radikal bebas yang menyebabkan kulit kering dan mengganggu pertumbuhan kolagen.
  4. Akibat kelembaban udara yang tidak stabil.
  5. Akibat zat nikotin dalam rokok yang dapat membuat sel kulit kekruangan cairan dan kering.
    kebiasaan minun alkohol yang menyebabkan penurunan kondisi kesehatan kulit.
  6. Kulit kekurangan nutrisi seperti vitamin E yang dibutuhkan oleh kulit.
  7. Terlalu sering begadang dan kurang tidur membuat kulit menjadi kusam dan kering.
  8. AC dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan lama kelamaan akan timbul kerutan dan garis hitam.
  9. Stres juga dapat menyebabkan penuaan dini karena banyaknya beban pikiran yang ada didalam otak.
  10. Kafein dapat menyebabkan kulit dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi kering.
  11. Konsumsi makanan yang terlalu manis, asin, berlemak dan tinggi pengawet juga menyebabkan penuaan dini.

Cara Mengatasi Penuaan Dini Secara Alami

1. Banyak konsumsi air putih
Air putih merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk kulit. Tubuh yang tercukupi asupan air akan membuat sel kulit tidak menjadi dehidrasi sehingga kulit akan nampak lebih segar. Namun, jika kult kekurangan cairan makan akan tampak lebih kering dan tidak sehat. Untuk itu, anda perlu mencukupi asupan air putih sekitar 2 liter perhari.

2. Kualitas Tidur yang baik
Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membuat anda terhindar dari masalah penuaan dini. Sedangakan kekurangan waktu tidur dapat menimbulkan lingkar hitam pada bawah mata yang dapat menyebabkan penuaan.

3. Melakukan Relaksasi
Salah satu penyebab penuaan dini adalah stress yang disebabkan karena beban pikiran terpendam, sehingga membuat penampilan menjadi lesu dan muram, dan menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah. Salah satu cara untuk merelaksasi pikiran adalah dengan tertawa. Tertawa akan membuat otot wajah menjadi lentur dan kulit menjadi nampak lebih awet muda. Tertawa merupakan bagian dari relaksasi yang akan membuat pikiran menjadi rileks.

4. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan
Radikal bebas merupakan salah satu penyebab yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Jika kulit terlalu lama terpapar sinar matahari akan menimbulkan penuaan dini pada kulit wajah. Salah satu cara untuk menangkal radikal bebas adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti wortel, strawberry, buah naga, dll.

5. Rutin Olahraga
Olahraga dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu cara untuk mencegah penuaan dini. Rutin melakukan olahraga bermanfaat untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh, dan membantu proses regenerasi sel kulit mati dalam tubuh, sehingga kulit akan nampak lebih muda.

6. Konsumsi sayuran hijau
Selain mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, salah satu cara untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. sayuran hijau tinggi akan kandungan lutein dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dan meregenerasi sel dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi sayuran hijau akan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini antara lain bayam, kangkung, kol, sawi, dan masih banyak lainnya.

7. Minyak Zaitun dan Lemon
Kombinasi antara minyak zaitun dan air lemon bermanfaat untuk mengatasi masalah garis halus dan kerutan diwajah yang menjadi penyebab penuaan dini. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, sedangkan lemon bermanfaat untuk membersihkan, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan air lemon dan minyak zaitun secukupnya lalu oleskan sebagai masker wajah, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Masker Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi masalah penuaan dini, caranya dengan oleskan minyak kelapa pada wajah secara merata lalu diamkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih.

9. Anggur Hijau
Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini lainnya adalah dengan menggunakan anggur hijau. Caranya dengan belah anggur hijau lalu gosokkan secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lalukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

10. Kulit Semangka
Kulit semangka juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini, caranya dengan menggosokkan kulit semangka secara langsung pada wajah, selain membuat kulit menjadi dingin, kulit semangka juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

11. Nanas
Cara selanjutnya untuk mencegah penuaan dini adalah dengan menggunakan nanas. Nanas berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Caranya adalah dengan gosokkan nanas pada wajah secara langsung pada wajah secara lembut dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

12. Mentimun
Timun memiliki kandungan tinggi air yang bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi dehidrasi sehingga kulit tidak menjadi kering. Caranya adalah dengan iris tipis mentimun lalu tempelkan pada kulit wajah beberapa menit.

13. Masker Alpukat
Cara selanjutnya untuk mencegah penuaan dini adalah dengan menggunakan masker alpukat. Caranya adalah dengan haluskan buah alpukat lalu oleskan secara merata pada wajah selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih.

14. Masker Madu
Madu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi gejala penuaan dini, seperti menghilangkan keriput, mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit wajah. Cara mengatasi penuaan dini dengan madu adalah dengan mengoleskan madu pada wajah dan leher selama 3o menit kemudian bilas hingga bersih.

15. Masker Pisang
Selain madu, bahan alami untuk mencegah penuaan dini lainnya adalah pisang. Pisang memiliki manfaat untuk menyamarkan keriput dan garis halus pada wajah. Caranya dengan menghancurkan pisang hingga lembut lalu oleskan pada wajah secara merata sebagai masker wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

16. Masker Kentang dan Bengkoang
Cara selanjutnya untuk mencegah penuaan dini adalah dengan menggunakan masker kentang dan bengkoang. Keduanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kentang mampu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, serta mencerahkan kulit. Caranya yaitu dengan menghaluskan kedua bahan tersebut lalu gunakan sebagai masker wajah pada malam hari sebelum tidur dan bersihkan pada pagi harinya dengan air hangat.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Selain dengan melakukan perawatan seperti diatas, cara lainnya untuk mengatasi penuaan dini adalah dengan mencegah penuaan dini. Berikut ini beberapa cara yang digunakan untuk mencegah penuaan dini, antara lain:

  1. Istirahat yang cukup
  2. Rutin melakukan olahraga
  3. Hindari rokok, kafein dan alkohol
  4. Hindari kebiasaan tidak sehat
  5. Gunakan krim malam
  6. Perbanyak buah dan sayur
  7. Perbanyak konsumsi air putih
  8. Menjaga kebersihan kulit wajah
  9. Rutin melakukan perawatan kulit wajah
  10. Mengurangi paparan sinar matahari penyebab radikal bebas.

Itulah pembahasan singkat tentang Penyebab dan Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini Secara Alami yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..