Pengertian Gizi, Macam dan Manfaat Gizi dalam Tubuh Manusia

Posted on

Pengertian Gizi, Macam dan Manfaat GiziGizi adalah hal yang mempengaruhi proses perubahan berbagai macam makanan yang masuk kedalam tubuh sehingga berperan untuk mempertahankan kehidupan dalam tubuh.

Gizi memiliki kaitan erat dengan zat-zat yang terdapat pada makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Kandungan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein atau zat lain untuk menunjang kesehatan tubuh kita sehari-hari. Makanan yang tidak memiliki gizi seimbang ketika dikonsumsi akan menimbulkan berbagai jenis masalah sehingga mengakibatkan berbagai penyakit gangguan gizi dalam tubuh. Itu adalah pengertian gizi secara umum untuk lebih lanjut, simak penjelasan lengkap mengenai informasi tentang gizi.


loading...

Pengertian Gizi

Gizi adalah zat-zat yang berfungsi sebagai komponen pembangun tubuh untuk mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia berfungsi dan berjalan sebagai mana fungsinya.

Nutrisi atau Zat gizi adalah elemen yang ada pada makanan yang dapat dimanfaatkan secara langsung dalam tubuh seperti vitamin, lemak, karbohidrat, mineral, air dan protein. Zat Gizi merupakan substansi yang diperoleh dari berbagai jenis makanan yang digunakan dalam proses pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan tubuh.

Gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat gizi organik terdiri dari protein, karbohidrat, lemak dan vitamin. Sedangkan zat gizi anorganik terdiri dari air dan mineral. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasan macam-macam zat gizi.

Macam-Macam Gizi

Zat makanan yang diperlukan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh dibagi menjadi 5 macam, yaitu Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral. Seperti penjelasan berikut:

1. Protein
Protein diperoleh dari makanan yang berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuh-tumbuhan (protein nabati). Fungsi protein dalam tubuh yaitu untuk membangun sel-sel yang rusak, membentuk zat-zat pengatur seperti enziim dan hormon, dan membentuk zat inti energi (1 gram protein menghasilkan sekitar 4,1 kal)

2. Lemak
Lemak berasal dari minyak goreng, daging, margarin dsb. Fungsi lemak dalam tubuh yaitu menghasilkan kalori terbesar dalam tubuh manusia 1 gram lemak menghasilkan 9,3 kalori, lemak sebagai pelarut vitamin A,D,E,K. Lemak sebagai pelindung terhadap bagian tubuh tertentu dan pelindung bagian tubuh pada temperatur rendah.

3. Karbohidrat
Berdasarkan gugus penyusun gulanya, karbohidrat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Karbohidrat berfungsi sebagai salah satu energi paling murah karena karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti beras, jagung, singkong, dan sebagainya yang menjadi makanan pokok.

4. Vitamin
Vitamin dibedakan menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin A dan B), dan vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A,D,E,K. Fungsi dari masing-masing vitamin yaitu:

  • Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel epitel dan sebagai pengatur kepekaan rangsang sinar pada saraf dan mata.
  • Vitamin B1 berfungsi untuk metabolisme karbohidrat, keseimbangan air dalam tubuh dan membantu penyerapan zat lemak oleh usus.
  • Vitamin B2 berfungsi sebagai pemindahan rangsang sinar ke saraf mata dan enzim dan berfungsi dalam proses oksidasi dalam sel-sel
  • Vitamin B6 befungsi sebagai pembuatan sel-sel darah serta dalam proses pertumbuhan dan proses pertumbuhan serta pekerja urat saraf.
  • Vitamin C berfungsi sebagai aktivator macam-macam fermen perombak protein dan lemak, berfungsi dalam oksidasi dan dehidrasi sel serta penting untuk pembentukan trombosit.
  • Vitamin D berfungsi untuk mengatur kadar kapur dan fosfor dengan kelenjar anak gondok, untuk memperbesar penyerapan kapur dan fosfor dari usus, serta mempengaruhi kerja kelenjar endokrin.
  • Vitamin E berfungsi untuk mencegah pendarahan bagi wanita hamil serta untuk mencegah keguguran dan diperlukan pada pembelahan sel
  • Vitamin K berfungsi untuk pembentukan protrombin yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.

5. Mineral
Mineral terdiri dari zat kapur (Ca), zat besi (Fe), zat fluor (F), natrium (Na) dan chlor (Cl), kalium (K) dan iodium (I) yang secara umum berfungsisebagai bagian dari zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

Manfaat Gizi

Ketahui manfaat gizi untuk tubuh manusia dalam penjelasan dibawah ini:

1. Menghasilkan energi dalam tubuh
Zat makanan yang dikonsumsi dalam sistem pencernaan tubuh kemudian akan diolah sehingga menghasilkan energi. Dengan energi, manusia dapat melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Zat penghasil energi tersbeut adalah lemak, karbohidrat dan protein.

2. Membentuk sel jaringan tubuh
Zat gizi yang membantu dalam pembentukan sel dalam tubuhh adalah protein, air dan mineral. Ketiganya secara bersama akan diolah oleh organ tubuh hingga membentuk sel jaringan tubuh baru dan menggantikan sel jaringan yang rusak.

3. Mengatur fungsi reaksi biokimia yang ada dalam tubuh (stimulansia)
Agar fungsi serta reaksi biokimia dalam tubuh berjalan dengan baik dan cepat, maka tubuh memerlukan berbagai jenis zat sebagai stimulansia dalam proses tersebut. Zat vitamin dapat membantu proses reaksi biokimia pada tubuh agar berjalan dengan baik.

Itulah penjelasan lengkap tentang Gizi, macam-macam dan manfaat gizi dalam tubuh manusia. Semoga penjelasan yang diberikan bermanfaat.


loading...