Panduan Lengkap Menjalani Diet Paleo – Menu Diet dan Cara Menjalankannya

Posted on

Panduan Lengkap Menjalani Diet Paleo –¬†Diet paleo (caveman diet) adalah diet yang mengadopsi pola makan manusia jaman prasejarah, hal ini karena manusia prasejarah dianggap memiliki pola makan yang berguna untuk kesehatan.

Diet paleo bertujuan untuk mengembalikan kebiasaan makan manusia seperti jaman dahulu. Diet paleo menyakini bahwa tubuh manusi lebih cocok dimasuki dengan diet seperti zaman dahulu (mengonsumsi makanan dari hasil berburu dan mengumpulkan) dibandingkan dengan diet modern, di mana terjadi perubahan pada sistem pertanian yang lebih canggih.

Diet paleo dilakukan dengan tidak diperbolehkan mengkonsumsi jenis-jenis makanan modern, seperti mengkonsumsi makanan fast food dan junk food, tidak mengkonsumsi makanan yang diolah seperti gula pasir, garam halus dan lainnya. Selain itu, saat melakukan diet paleo, anda juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi nasi atau roti.

Saat melakukan diet paleo juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi serta tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam olahan (garam halus), ganti dengan menggunakan garam kristal, serta ganti konsumsi gula dengan madu.

Menu Makan untuk Diet Paleo

Beberapa jenis menu yang dikonsumsi saat melakukan diet paleo adalah jenis makanan dengan protein tinggi dan lemak seperti berikut:

  • Sayur-sayuran, meliputi : Kangkung, bayam, brokoli, wortel, singkong, lobak, biji-bijian, buncis.
  • Buah-buahan, meliputi : Sawo, tomat, alpukat
  • Daging rendah lemak meliputi : daging sapi, daging kambing, daging kalkun, ikan laut, telur ayam kampung.
  • Ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel, dan tuna.
  • Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti minyak zaitun dan minyak walnut.
  • Kacang dan biji-bijian bebas pestisida dan fungisida

Menu Pantangan Diet Paleo

Melakukan diet paleo, mengharuskan anda untuk tidak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, dan menggantinya dnegan mengkonsumsi umbi-umbian, seperti kentang, ubi dan sedikit kentang. Selain itu, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada diet paleo, seperti:

  • Hindari konsumsi fast food (makanan kemasan kaleng dan kemasan plastik)
  • Hindari roti dan nasi
  • Hindari junk food
  • Hindari makanan olahan seperti sosis dan nugget
  • Hindari makanan dengan tinggi gula
  • Hindari gandum
  • Hindari susu dan produk olahan susu

Cara Menjalankan Diet Paleo

Pada diet paleo, anda tidak harus menghitung berapa kalori dan membatasi kalori saat melakukan diet paleo. Hal ini karena buah, sayuran dan daging tanpa lemak yang dikonsumsi sudah memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan setiap hari dalam tubuh.

Awal melakukan diet paleo pasti akan terasa berat, karena itulah, anda diberikan kebebasan saat melakukan diet paleo untuk pertama kali. Anda dibebaskan untuk mengkonsumsi makanan apa saja sesuai menu makan diet paleo selama 3 hari dalam seminggu, Atau jika Anda sudah dapat langsung menyesuaikan diri dengan paleo diet, Anda bisa menantang diri Anda untuk makan bebas hanya satu hari dalam seminggu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga. Selain untuk memaksimalkan proses penurunan berat badan, olahraga juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Contoh Menu Makan Diet Paleo

Menu Sarapan
Menu sarapan pagi anda dapat mengkonsumsi omelet dari telur ayam kampung yang dimasak dengan menggunakan minyak zaitun dan sayuran seperti bawang bombay, jamur, brokoli, dan potongan dada ayam, dengan ditambah segelas teh hangat.

Menu Makan Siang
Menu makan siang pada diet poleo anda dapat mengkonsumsi salad yang berisi campuran sayur dan buah seperti bayam, lobak hijau, paprika, mentimun, wortel, alpukat, kacang almond, apel, dan pir. Atau makanan sumber protein daging tanpa lemak, ayam, atau makanan laut, seperti salmon, tuna, udang, dengan diberi perasan air lemon dan minyak zaitun.

Menu Makan Malam
Untuk menu makan malam, anda dapat mengkonsumsi ikan salmon atau fillet ikan yang dipanggang dengan asparagus, brokoli, dan bayam, tambahkan dengan bawang putih dan minyak zaitun agar rasanya lebih lezat, namun hindari penambahan garam. Tambahkan buah-buahan sebagai makanan penutup.

Diet paleo dapat menurun berat badan secara bertahap, melakukan diet paleo juga harus diimbangi dengan melakukan olahraga secara aktif sehingga berat badan akan turun semakin cepat. Selain itu, melakukan diet paleo juga bermanfaat menjaga kebugaran tubuh karena anda tidak mengkonsumsi jenis makanan modern dengan kandungan lemak dan gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Namun, diet paleo juga memiliki dampak negatif, seperti tubuh kekurangan garam yang tidak baik untuk tubuh.

Itulah penjelasan tentang Panduan Lengkap Menjalani Diet Paleo LENGKAP . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.