Mengenal Jenis Kulit Sensitif dan Cara Penanganannya dengan Tepat

Posted on

Mengenal Jenis Kulit Sensitif dan Cara Penanganannya –¬†Memiliki kulit sensitif memang membutuhkan sedikit lebih ekstra untuk merawatnya. Pemiliki jenis kulit sensitif harus lebih selektif memilih jenis make-up, atau jenis sabun yang digunakan. Hal ini penting diperhatikan karena pemilik kulit sensitif rentan berjerawat bahkan menimbulkan reaksi seperti kemerahan, gatal, perih, hingga sensasi kulit terasa terbakar. Lalu apa sebenarnya kulit sensitif itu?

Kulit sensitif adalah jenis kondisi kulit yang memberikan reaksi berlebihan pada faktor lingkungan. Reaksi tersebut biasanya muncul akibat penggunaan kosmetik, sabun, sampo atau lotion tabir surya, kondisi akan semakin memburuk jika terpapar udara yang kering maupun suhu dingin.

Penyebab Kulit Sensitif

Masing-masing orang memiliki pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda, yang pada dasarnya dapat melemahka daya tahan lapisan kulit terluar. Berikut ini beberapa penyebab umum kulit sensitif.

  • Akibat paparan sinar matahari
  • Akibat polusi udara
  • Akibat perubahan cuaca
  • Akibat cuaca dingin
  • Akibat kurang tidur
  • Akibat stress
  • Masalah kulit kering
  • Tubuh terdehidrasi
  • Suhu air yang terlalu panas
  • Penggunaan produk kosmetik dan perawatan kulit
  • Perubahan hormon selama siklus haid atau kehamilan
  • Efek penggunaan bahan kimia seperti penggunaan klorin di kolam renang

Tingkat sensitifitas kulit seseorang akan berbeda terhadap faktor-faktro pemicunya. Pada pemiliki jenis kulit kering, sering mengalami gejala akibat kulit sensitif. Karena pada umumnya terjadi akibat faktor bertambahnya usia. Seperti setelah memasuki usia 20 tahun, kelembaban kulit akan menurun. Ketika kulit kering, lapisan pelindung kulit akan menipis sehingga kulit menjadi lebih sensitif. Selain itu, kondisi kulit tertentu seperti dermatitis atau eksim, psoriasis, dan jerawat juga menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Cara Menangani Jenis Kulit Sensitif

Pemilik jenis kulit sensitif harus lebih jeli ketika memiliki jenis sabun muka, atau produk kecantikan lainnya. Sebaiknya gunakan jenis produk yang dikhususkan untuk pemilik jenis kulit sensitif. Berikut beberapa cara perawatan yang dapat dilakukan untuk merawat jenis kulit sensitif.

Gunakan produk perawatan herbal
Bagi pemilik jenis kulit sensitif sebaiknya menghindari jenis produk kecantikan berbahan kimia. Pilihlah jenis produk kecantikan berbahan herbal untuk menimalisir sensitifitas kulit yang terjadi.

Cuci muka dua kali sehari
Guna mengurangi iritasi pada jenis kulit sensitif dan berminyak, anda cukup mencuci muka dua kali sehari dengan sabun muka yang lembut serta tidak mengandung zar iritatif. Hindari penggunaan sabun dengan kandungan scrub untuk menghindari pengelupasan kulit karena dapat memperparah kondisi kulit sensitif.

Gunakan jenis pelembab untuk kulit sensitif
Pemilik jenis kulit sensitif sebaiknya tetap gunakan pelembab, namun gunakan jenis pelembab berbahan lembut dan khusus kulit sensitif. Hindari juga produk yang mengandung asam lipoat, asam glikolat, asam alfa hidroksi, dan sejenisnya.

Gunakan produk perawatan dengan label Hypoallergenic
Untuk jenis kulit sensitif, sebaiknya gunakan jenis produk dengan label Hypoallergenic yang memang diciptakan dengan formulasi sesuai kulit sensitif. Selain itu produk Hypoallergenic juga lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Gunakan Tabir Surya
Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya gunakan tabir surya ketika beraktivitas dibawah sinar matahari untuk mencegah kulit iritasi. Pilihlah jenis tabir surya yang mengandung berbahan zinc dan titanium karena lebih aman.

Selain dengan melakukan perawatan diatas, melakukan pola hidup sehat juga perlu dilakukan untuk mengatasi masalah kulit sensitif, seperti tidak merokok, cukupi asupan air putih, konsumsi makanan sehat dan lainnya.

Itulah penjelasan tentang Mengenal Jenis Kulit Sensitif dan Cara Penanganannya . Semoga informasi yang diberikan oleh BukuMedis bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih semoga bermanfaat.