55 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan, Kecantikan, Pria dan Wanita Penting Diketahui

Posted on

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan, Kecantikan, Pria dan Wanita – Yoghurt adalah minuman probiotik hasil dari fermentasi susu dengan rasa asam yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia. Rasa asam dari yoghurt tercipta karena ada bakteri atau mikroorganisme yang dipertahakan dalam proses fermentasi yang nantinya bakteri tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Yoghurt mangandung dua jenis bakteri probiotik yaitu lactobacillus dan bifidobachterium. Bakteri Probiotik adalah bakteri yang sangat baik dalam melancarkan aktivitas pencernaan manusia. Selain untuk pencernaan, yoghurt juga bermanfaat untuk masalah kecantikan, kesehatan dan ibu hamil.

Manfaat Yoghurt

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Yoghurt memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang memiliki fungsi untuk memperkuat tulang dan menjaga tulang dari berbagai masalah penyakit seperti osteoporosis.

2. Melancarkan Pencernaan
Rasa asam yang segar pada yoghurt bermanfaat membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan probiotik pada yoghurt juga berperan untuk melancarkan usus untuk mencerna makanan.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Yoghurt memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tanpa menimbulkan efek samping. Yoghurt cocok dikonsumsi penderita hipertensi karena biasanya penderita hipertensi merasa tegang dan sesak, sehingga lebih membutuhkan makanan yang menyegarkan.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Yoghurt kaya nutrisi dan mineral yang juga berperan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh lebih rentan terserang suatu penyakit yang berkaitan dengan virus dan bakteri.

5. Menguatkan Sel darah putih
Probiotik berperan juga untuk membantu menjaga dan menguatkan sel darah putih dalam memerangi penyakit. Sel darah putih memiliki peran penting sebagai pemakan racun dan melawan infeksi di dalam darah.

6. Mengurangi Infeksi Jamur
Yoghurt memiliki kandungan anti bakteri yang efektif untuk mencegah infeksi jamur selain karena asamnya.

7. Menghindari penyakit usus
Bahan makanan yang melalui proses fermentasi baik untuk melindungi usus dengan baik. Yoghurt mampu membantu menyembuhkan penyakit usus yang biasanya disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi seperti junk food atau terlalu pedas dan berlemak tinggi.

8. Menurunkan berat badan
yoghurt mengandung bahan seperti vitamin C dan kalium yang membantu membakar lemak yang tersimpan pada tubuh. Bahkan beberapa studi sudah membuktikan bahwa asupan yoghurt bisa membakar lemak.

9. Mengurangi penyakit Diare
meskipun bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, yoghurt juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya diare, hal ini dikarenakan yoghurt memilik kultur aktif. Hal inilah yang dapat menghentikan diare dan perut dapat mencerna makanan dengan benar.

10. Mengurangi kanker usus besar
Masalah kanker usus menjadi salah satu penyakit kanker yang banyak di takuti. Usus merupakan organ yang sngat penting dalam tubuh, sehingga kita harus menjaga jenis asupan makanan yang tidak membahayakan kesehatan usus. Salah satu makanan yang baik untuk usus adalah yoghurt, hal ini karena yoghurt memiliki kultur aktif yang dapat melindungi tubuh dari jaringan yang menyebabkan kanker usus besar.

11. Menjaga sel darah merah
Sel darah merah dalam tubuh harus dalam keadaan normal, karena jika terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat membahayakan tubuh. Yoghurt memiliki kandungan vitamin, seng, yodium, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang bisa menutrisi tubuh dan menjaga sel darah merah.

12. Menjaga Sistem Saraf
Sistem saraf harus dijaga agar terhindar dari kerusakan, karena dapat mengakibatkan penyakit seperti stroke hingga gangguan kejiwaan. Yoghurt memiliki banyak kandungan nutrisi dan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf, anda dapat mengkonsumsi yoghurt setiap hari.

13. Menyembuhkan luka bakar
Luka bakar biasanya menimbulkan melepuh, jika banyak orang lebih sering menggunakan salep luka bakar, cobalah untuk mengoleskan yoghurt. Yoghurt memiliki sifat dingin yang dapat membantu menyembuhkan kulit terbakar. Campurkan yoghurt dengan minyak zaitun lalu gunakan sebagai olesan pada luka bakar.

14. Menghilangkan bau mulut
Selain rasanya yang enak, yoghurt juga membantu menghilangkan bau mulut. Hal ini karena adanya sifat antibakteri pada yoghurt. Bukan hanya bau mulut, bau badan juga akan menyingkir jika anda sering mengkonsumsi yoghurt tiap hari.

15. Menurunkan Kolesterol
Kandungan asam laktatnya bisa membantu anda menghilangkan kolesterol dan diolah agar tidak diserap atau dicerna oleh usus dan juga dibuang lewat feses.

16. Membersihkan Usus
Selain untuk menurunkan kolesterol, kandungan asam laktat pada yoghurt juga untuk membersihkan usus itu sendiri dan membuang bahan yang dianggap tidak berguna untuk tubuh kemudian dibuang didalam feses, atau juga air seni.

17. Mengurangi gejala stress
Selain enak, yoghurt juga dapat membantu meredakan stress apalagi jika diminum dalam keadaan dingin akan memberikan efek reileks dan segar. Selain itu, kandungan asam laktat, vitamin C dan vitamin lainnya bisa membantu otak untuk memproduksi hormon yang bisa meredakan anda dari stress.

18. Membersihkan kulit
Yoghurt memiliki bahan aktif dan vitamin C yang berperan untuk membersihkan kulit. Gunakan yoghurt sebagai masker untuk membersihkan kulit wajah.

19. Menyehatkan Gigi
Tidak hanya untuk tulang, kalsium pada yoghurt juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi anda.

20. Menghilangkan Ketombe
Yoghurt memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang baik untuk membantu mengatasi masalah ketombe. Gunakan yoghurt sebagai masker untuk rambut, lalukan berulang untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

22. Mencegah Jerawat
Munculnya jerawat biasanya disebabkan adanya bakteri dan kuman pada wajah. Sebagai makanan yang tinggi anti bakteri, yoghurt juga dapat bermanfaat untuk mencegah jerawat. Caranya adalah dengan menggunakan yoghurt sebagai masker untuk wajah.

23. Mengangkat Sel kulit mati
Sel kulit matai akan membuat wajah terlihat menjadi kusam dan tampak lebih tua. Yoghurt memiliki kandungan vitamin C yang berperan juga untuk membantu mengangkat sle kulit mati pada wajah dan tubuh. Anda dapat melakukan scrubbing dengan yoghurt setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati.

24. Memperkuat Akar Rambut
Kerontokan rambut biasanya disebabkan karena akar rambut yang tidak kuat. Yoghurt dapat menutrisi rambut dnegan kandungan mangan dan zinc didalamnya yang mampu menutrisi dan menguatkan akar rambut sehingga membuat rambut tidak mudah rontok.

25. Menyegarkan tubuh
Vitamin C pada yoghurt bermanfaat baik untuk meningkatkan kondisi kebugaran tubuh. Mengkonsumsi yoghurt dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

Manfaat selanjutnya dari Yoghurt:

  1. Melangsingkan tubuh, bagi yang kelebihan berat badan
  2. Membersihkan dinding usus dan saluran pencernaan
  3. Melancarkan buang air besar (BAB)
  4. Membantu pertumbuhan tinggi badan bagi anak-anak dan remaja
  5. Mencegah dan mengobati keputihan
  6. Menyehatkan vagina, menstabilkan pH di sekitar daerah intim wanita
  7. Mengoptimalkan metabolisme tubuh
  8. Sumber suplai kalsium selama haid/menstruasi
  9. Sumber magnesium yang baik bagi tubuh
  10. Sumber alternatif pengganti susu bagi penderita lactose intolerance (tidak cocok susu)
  11. Baik bagi kesehatan liver, ginjal, lambung dan usus
  12. Dipercaya membantu menormalkan datang bulan tak teratur
  13. Membantu penyerapan nutrisi ke otak
  14. Mencegah penyakit saat perubahan musim
  15. Kalsium yoghurt 100% organik sehingga dapat diserap tubuh dengan sempurna
  16. Sebagai antioksidan penangkal radikal bebas
  17. Dipercaya melancarkan haid/menstruasi
  18. Mampu membersihkan tubuh dari endapan racun sisa metabolisme
  19. Menjaga kesehatan kuku
  20. Dipercaya meningkatkan kualitas tidur
  21. Membantu meredakan rasa sakit saat haid/menstruasi
  22. Baik bagi ibu hamil, sumber kalsium dan magnesium selama hamil
  23. Baik bagi ibu menyusui, meningkatkan kualitas dan kuantitas air susu
  24. Baik bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan
  25. Memperkuat proses pembentukan tulang janin dalam kandungan
  26. Baik bagi penderita patah tulang
  27. Membantu menyegarkan tubuh sepanjang hari, terutama saat cuaca panas
  28. Meningkatkan elastisitas pembuluh darah
  29. Meningkatkan kualitas sel sperma
  30. Memperbaiki disfungsi ereksi

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan, Kecantikan, Pria dan Wanita yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..