39 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Posted on

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil – Ubi jalar adalah tamaman jenis umbi-umbian dengan kandungan tinggi karbohidrat yang sangat penting untuk sistem ketahanan tubuh. Ubi jalar sangat banyak ditemui didaerah Indonesia, seperti didaerah Sumedang yang terkenal dengan ubi cilembunya. Terdapat banyak varietas ubi jalar di Indonesia yang setiap jenisnya memiliki rasa khas yang berbeda-beda. Seperti ubi cilembu yang khas dengan kulit gading, berurat, dan panjang.

Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Sedangkan pada jenis ubi jalar merah, berdasarkan riset yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, ubi jalar merah yang berasal dari Papua mengandung senyawa beta karotena yang mampu menurunkan infeksi HIV/AIDS. Sehingga diusulkan menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama bahan lain. Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian. Beta karotena termasuk salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

Manfaat Ubi Jalar

1. Mencegah Diabetes
Ubi memiliki kandungan indeks glikemik rendah yang juga bermanfaat untuk mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada pencerita diabetes.

2. Mengurangi Tekanan Darah
Meningkatkan asupan kalium bermanfaat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Tubuh membutuhkan 4.700mg kalium harian, sedangkan dalam satu ubi jalar menyediakan sekitar 542mg kalium. Asupan kalium tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian akibat tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Imunitas tubuh
Ubi merupakan sumber nabati yang kaya kandungan vitamin C dan betakaroten yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C nya juga berfungsi untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh verus seperti serangan flu.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Kekurangan vitamin A berdampak buruk pada mata, untuk memperbaiki kekurangan vitamin A, anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi betakaroten seperti yang terdapat pada ubi jalar. Selain itu kandungan vitamin C dan Vitamin E pada ubi jalar juga dapat mendukung kesehatan mata serta mencegah kerusakan degeneratif.

5. Menyehatkan Pencernaan
Ubi tinggi kandungan serat yang bermanfaat untuk membantu mencegah sembelit dan menyehatkan saluran pencernaan.

6. Sumber Energi
Ubi jalar memiliki kandungan mineral penting seperti zat besi dan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Selain itu, zat besi juga bermanfaat baik utnuk merangsang produksi pembentukan sel darah merah bagi tubuh.

7. Mencegah Kanker
Ubi jalar memiliki kandungan betakaroten yang baik untuk membantu mencegah penyakti kanker yang dapat menyebabkan kematian. Menurut penelitian, beta karoten mampu mencegah perkembangan berbagai penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker usus besar.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan betakaroten dan vitamin C pada ubi merupakan kombinasi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubh tidak mudah terserang penyakit dan virus.

9. Menjaga Kesehatan Tulang
Ubi jalar memiliki kandungan zat mangan yang mampu meningkatkan kebutuhan nutrisi harian tubuh sekitar 44%. Mangan adalah mineral yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kekuatan tulang dan sendi. Mengkonsumsi ubi jalar secra tidak langsung juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

10. Menjaga Gusi dan Gigi
kandungan vitamin C yang tinggi pada ubi mampu memenuhi 70% AKG harian tubuh. Vitamin C juga berperan penting untuk mencegah terjadinya pendarahan pada gusi dan gigi yang longgar.

11. Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh
Kandungan serat pada ubi jalar bermanfaat baik untuk menstabilkan kebutuhan air dalam tubuh yang berperan penting untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

12. Menjaga Kesehatan Jantung
Ubi jalar juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena ubi jalar kaya vitamin B6 yang berperan penting untuk mencegah penumpukan homosistein didalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

13. Mengurangi Stress
Mengkonsumsi ubi jalar juga bermanfaat untuk membantu mengurangi stress, kandungan vitamin B dalam bentuk asam pantotenat membantu memproduksi hormon stress sehingga tubuh tidak kekurangan hormon ketika tubuh mengalami stress.

14. Menjaga Kesehatan Kulit
Ubi jalar khususnya pada ubi jalar ungu memiliki kandungan vitamin E yang bertindak menutrisi kulit sehingga dapat mencegah penuaan dan oksidasi kulit.

15. Mengatasi Kecanduan
Ubi jalar juga mampu mengurangi ketergantuangan atau candu dari minuman beralkohol, rokok, kopi, dan hal-hal lain yang bersifat candu. Menkonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi kecanduan tersebut.

16. Mencegah Peradangan
Ubi jalar memiliki efek anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan. Kandungan vitamin C, magnesium, dan betakaroten mendukung fungsi anti inflamasi tersebut. Ubi jalar juga efektif untuk menyembuhkan peradangan internal dan eksternal.

17. Memulihkan Bronkitis dan Asma
Kandungan vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam ubi jalar cukup efektif membantu mengatasi bronkitis. Mengkonsumsi ubi jalar bisa menjadikan tubuh lebih hangat, serta aroma khas ubi jalar efektif untuk mengatasi tersumbat dan membantu meringankan asma.

18. Meredakan Sakit Arthritis
Radang sendi atau arthritis dapat diatasi dengan mengkompres air dari rebusan ubi yang masih hangat. Kandungan gizi dalam air rebusan ubi tersebut berdampak baik untuk menenangkan nyeri sendi atau peradangan. Selain dengan air kompresan, kandungan dalam ubi rebus seperti betakaroten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks juga baik untuk mengatasi radang sendi.

19. Makanan bagi Progam Diet
Ubi tinggi serat dan karbohidrat serta nutrisi lainnya yang menjadi sumber energi dan menjadikan tubuh tetap tercukupi energi. Kandungan gizi pada ubi dapat menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan

1. Mengatasi Mata Panda
Bukan hanya mentimun, ubi ungu juga memiliki khasiat yang sama yaitu untuk membantu menghilangkan lingkar hitam bawah mata atau mata panda.

2. Menghaluskan Tumit
Untuk menghaluskan tumit yang kasar, anda dapat mengunakan air rebusan ubi jalar untuk menggosok tumit sehingga tumit menjadi lebih halus.

3. Mengatasi Minyak Berlebih
Untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit anda dapat melakukan perawatan dengan cara, menghaluskan ubi ungu rebus lalu tambahkan satu sendok madu dan gunakan sebagai masker untuk wajah. Biarkan selama 20-30 menit agar produksi minyak berkurang.

4. Meningkatkan Tekstur Kulit
Air rebusan ubi jalar tinggi nutrisi yang juga membantu meningkatkan tekstur dan membersihkan kulit wajah. Caranya dengan dinginkan air rebusan ubi jalar dan gunakan sebagai toner wajah yang berkhasiat untuk menyerap kotoran, membersihkan por-pori dan menenangkan kulit iritasi.

5. Mencegah Penuaan Dini
Untuk mencegah penuaan dini anda dapat menggunakan masker dari rebusan ubi jalar yang telah dihaluskan lalu beri campuran 1 sdm madu, 1 sdm susu, dan 1 sdm air jahe. Campur hingga menjadi pasta lalu gunakan sebagai masker untuk wajah dan leher. Biarkan selama 20-25 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Melembabkan Kulit
Untuk melembabkan kulit anda dapat menggunakan scrub ubi jalar dengan mencampurkan 1 sdm oat dan 1 sdm yoghurt pada rebusan ubi yang telah di haluskan. Setelah itu, gosokkan secara perlahan pada wajah dan bilas dengan air hangat.

7. Menjaga Elastisitas Kulit
Ubi jalar merupakan sumber vitamin C yang dikenal baik untuk meningkatkan kolagen kulit. Kolagen berfungsi baik untuk membantu menjaga keelastisan kulit dan berdampak baik untuk kekencangan kulit wajah dan membuat awet muda.

8. Mengatasi Rambut Kering
Banyaknya kandungan nutrisi pada ubi jalar juga bermanfaat melembabkan rambut. Caranya dengan haluskan satu ubi jalar rebus dengan 1 cangkir yogurt, 1 sdm madu, dan 1 sdm minyak zaitun atau minyak almond. Haluskan semua bahan sampai halus betul, ratakan pada rambut dan diamkan selama 15 – 20 menit. Bagi yang memiliki rambut sangat kering, dapat ditambahkan dengan 2-3 sdm krim kelapa.

9. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Kandungan betakaroten pada ubi jalar berkhasiat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi rambut juga berdampak buruk karena dapat menyebabkan rambut kusam, rusak dan kerontokan.

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

1. Membantu Perkembangan Janin
Selain dari umbinya, daun ubi juga memiliki manfaat. Salah satunya adalah untuk melancarkan pencernaan. Daun ubi juga membantu proses penguraian makanan menjadi sari-sari makanan, kemudian mendistribusikan ke dalam plasenta sebagai asupan untuk janin. Selain itu, kandungan riboflavin dalam daun ubi juga bermanfat untuk mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan.

2. Membantu pertumbuhan sel dan jaringan pada janin
Kandungan vitamin C dalam daun ubi jalar membantu menjaga janin dari infeksi bakteri, melindungi plasenta, serta mengoptimalkan pertumbuhan sel dan jaringan. Sehingga nantinya kulit bayi bisa tampak lebih sehat dan cerah. Menurut penelitian, kadar vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 80-85 miligram perhari.

3. Mencegah sembelit atau konstipasi
Ibu hamil membutuhkan sekitar 28 sampai 34gram serat setiap harinya untuk melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit. Ubi mengandung 6,6 gram serat yang membantu mencukupi kebutuhan serat bagi ibu hamil. Asupan serat yang tercukupi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ada didalam tubuh sehingga mencegah terjadinya sembelit atau kesusahan dalam buang air besar.

4. Mencegah Anemia
Ibu hamil lebih rentan terserang anemia, ubi jalar mengandung zat besi yang bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ubi memiliki kandungan serat yang dapat mengubah mikroba untuk membentuk antibodi yang berdampak baik untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan sehingga bayi dapat lahir dengan sehat.

6. Mengusir morning sickness
Morning sickness merupakan keluhan atau masalah serta gejala yang dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Gejala yang dialami seperti mual, pusing serta muntah-muntah. Kandungan ubi akan membantu mengusir terjadinya morning sickness pada ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak terlalu menderita karena morning sickness.

7. Meningkatkan Sel Darah Merah
Ubi memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 1,9mg, sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 0,6 mg nutrisi tersebut. Vitamin B6 pada ubi berkhasiat untuk membantu meningkatkan sel darah merah ibu hamil. Sel darah merah yang meningkat dapat mencegah ibu hamil terhindar dari morning sickness.

8. Mencegah Kram Kaki
Kram kaki menjadi masalah paling banyak dialami oleh ibu hamil. Kandungan kalium pada ubi bermanfat baik untuk mencegah terjadinya kram kaki dan menghindari pembengkakan.

9. Mencegah Edema pada Kaki
Edema adalah kondisi kaki bengkak pada ibu hamil sehingga cenderung lebih susah untuk berjalan serta melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini karena ubi memiliki tinggi kalium yang mencegah terjadinya edema pada kaki ibu hamil.

10. Mencegah Nyeri Sendi
Ibu hamil lebih rawan terkena berbagai ganguan kesehatan seperti radang sendi. Ubi memiliki kandungan kalium yang membantu meredakan radang persendian.

11. Mempengaruhi Kesuburan Wanita
Mengkonsumsi lebih banyak zat besi dari tanaman dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Kandungan vitamin A pada ubi jalar sangat penting untuk masa kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon.

Ubi jalar memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif bagi tubuh. Beberapa hal yang harus di perhatikan saat mengkonsumsi ubi jalar, antara lain:

  • Ubi jalar mengandung asam oksalat, yaitu zat alami yang dapat mengkristal menjadi batu oksalat dalam saluran kemih. Karena itulah, penderita batu saluran kemih harus menghindari ubi jalar.
  • Jenis makanan tinggi kalium, seperti pada ubi harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal.
  • Meskipun baik untuk program diet, sebaiknya anda juga cukupi asupan gizi dari berbagai sumber makanan lainnya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil yang perlu anda ketahui dan membantu anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Terimakasih telah berpartisipasi membaca artikel ini, semoga bermanfaat..